.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:herdian.dwimas@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 1:15 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK MESIN |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNOLOGI REKAYASA MANUFAKTUR |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2024/2025 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Pengantar Sistem Manufaktur |
RM110924 |
2 |
1 |
3 |
56 |
1 |
04-09-2024 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Herdian Dwimas S.T., M.T. |
Herdian Dwimas S.T., M.T. |
|||||||
NIP/NIK. 199509052022031013 |
NIP/NIK. 199509052022031013 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-1) Menguasai konsep teoretis sains alam, aplikasi matematika rekayasa prinsip-prinsip rekayasa (engineering principles), sains rekayasa dan perancangan rekayasa yang diperlukan untuk analisis dan perancangan produk/ sustainable product, proses manufaktur/ remanufaktur, dan sistem manufaktur/ remanufaktur, serta manajemen logistik (P-3) Menguasai prinsip dan teknik perancangan produk (sustainable product), proses manufaktur/ remanufaktur, dan sistem manufaktur/ remanufaktur menggunakan teknologi pada tataran praktikal (practical area) |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-1) Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, inovatif, bermutu, dan terukur dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-1) Mampu menerapkan matematika, sains, dan prinsip rekayasa (engineering principles) untuk menyelesaikan masalah rekayasa kompleks pada rekayasa produk (termasuk sustainable product), proses manufaktur/ remanufaktur, dan sistem manufaktur/ remanufaktur, serta manajemen logistik (KK-4) Mampu memilih sumberdaya, dan memanfaatkan perangkat perancangan serta analisis rekayasa berbasis teknologi informasi dan komputasi yang sesuai untuk melakukan aktivitas rekayasa di bidang rekayasa produk, proses manufaktur/ remanufaktur, dan sistem manufaktur/ remanufaktur |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
Mahasiswa mampu memahami strategi manufaktur, merancang kebutuhan proses manufaktur, dan mengukur kinerja sistem amanufaktur untuk meningkatkan kualitas dan mengatasi permasalahan pada sistem manufaktur. |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub-CPMK1: Mahasiswa mampu memahami apa yang dimaksud dengan manufktur dan strategi manufaktur (C2, P2, A2) Sub-CPMK2: Mahasiswa mampu menjelaskan perancangan proses pada manufaktur dan menghitung kapabilitas proses (C2, P2, A2) Sub-CPMK3: Mahasiswa mampu memahami proses perakitan (assembly), proses remanuaktur, dan line balancing (P2) Sub-CPMK4: Mahasiswa mampu memahami metode-metode otomasi pada sistem manufaktur (P2) Sub-CPMK5: Mahasiswa mampu merencanakan dan mengendalikan proses produksi (P2) Sub-CPMK6: Mahasiswa mampu memahami proses manajemen padan sistem manufaktur (P2) |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Pengantar Sistem Manufaktur mempelajari prinsip pada manufaktur, strategi manufaktur, perancangan pada proses manufaktur, perhitungan kapabilitas proses, proses perakitan (assembly), line balancing, metode otomasi, dan pengendalian proses produksi. | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
1. Pengantar dan sejarah perkembangan manufaktur |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: [1]. Introduction to manufacturing |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : 1. Power Point |
|||||||
Dosen Pengampu |
Herdian Dwimas, |
Mata Kuliah |
Pengantar Sistem Manufaktur |
|||
Kode Mata Kuliah |
RM110924 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub-CPMK1: Mahasiswa mampu memahami apa yang dimaksud dengan manufktur dan strategi manufaktur (C2, P2, A2) |
Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan pengantar dan sejarah perkembangan manufaktur |
Kriteria: ketepatan dalam memahami dan menjelaskan pengantar dan sejarah perkembangan manufaktur Bentuk Penilaian: Diskusi, non-test, sikap, dan keaktifan |
Metoda Pembelajaran: Ceramah dan diskusi (kolaboratif dan interaktif) Estimasi Waktu: Tatap Muka (4 x 50 menit) |
[1] |
4 |
|||
2 | Sub-CPMK1: Mahasiswa mampu memahami apa yang dimaksud dengan manufktur dan strategi manufaktur (C2, P2, A2) |
Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan strategi-strategi dalam industri manufaktur |
Kriteria: ketepatan dalam memahami dan menjelaskan strategi-strategi dalam industri manufaktur Bentuk Penilaian: Diskusi, tugas, sikap, dan keaktifan |
Metoda Pembelajaran:
Estimasi Waktu: Tatap Muka (4 x 50 menit) |
strategi-strategi dalam industri manufaktur [1] |
10 |
|||
3 | Sub-CPMK1: Mahasiswa mampu memahami apa yang dimaksud dengan manufktur dan strategi manufaktur (C2, P2, A2) |
Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan strategi-strategi dalam industri manufaktur berkaitan dengan penentuan prioritas kompetitif dan kapabilitas |
Kriteria: ketepatan dalam memahami dan menjelaskan strategi-strategi dalam industri manufaktur berkaitan dengan penentuan prioritas kompetitif dan kapabilitas Bentuk Penilaian: Diskusi, non-test, sikap, dan keaktifan |
Metoda Pembelajaran: Ceramah dan diskusi (kolaboratif dan interaktif) Estimasi Waktu: Tatap Muka (4 x 50 menit) |
[1] |
4 |
|||
4,5 | Sub-CPMK2: Mahasiswa mampu menjelaskan perancangan proses pada manufaktur dan menghitung kapabilitas proses (C2, P2, A2) |
Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan drivers pemenuhan permintaan pasar |
Kriteria: ketepatan dalam memahami dan menjelaskan drivers pemenuhan permintaan pasar Bentuk Penilaian: Diskusi, tugas, sikap, dan keaktifan |
Metoda Pembelajaran:
Estimasi Waktu: Tatap Muka (4 x 50 menit) |
[1] |
4 |
|||
Sub-CPMK2: Mahasiswa mampu menjelaskan perancangan proses pada manufaktur dan menghitung kapabilitas proses (C2, P2, A2) |
Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan drivers pemenuhan permintaan pasar |
Kriteria: ketepatan dalam memahami dan menjelaskan drivers pemenuhan permintaan pasar Bentuk Penilaian: Diskusi, tugas, sikap, dan keaktifan |
Metoda Pembelajaran:
Estimasi Waktu: Tatap Muka (4 x 50 menit) |
[1] |
4 |
||||
6 | Sub-CPMK3: Mahasiswa mampu memahami proses perakitan (assembly), proses remanuaktur, dan line balancing (P2) |
Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan perancangan proses manufaktur |
Kriteria: ketepatan dalam memahami dan menjelaskan perancangan proses manufaktur Bentuk Penilaian: Diskusi, non-test, sikap, dan keaktifan |
Metoda Pembelajaran: Ceramah dan diskusi (kolaboratif dan interaktif) Estimasi Waktu: Tatap Muka (4 x 50 menit) |
[1] |
4 |
|||
7 | Sub-CPMK3: Mahasiswa mampu memahami proses perakitan (assembly), proses remanuaktur, dan line balancing (P2) |
Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan tahapan pembuatan peta proses |
Kriteria: ketepatan dalam memahami dan menjelaskan tahapan pembuatan peta proses Bentuk Penilaian: Diskusi, tugas, sikap, dan keaktifan |
Metoda Pembelajaran:
Estimasi Waktu: Tatap Muka (4 x 50 menit) |
[1] |
8 |
|||
8 | Sub-CPMK3: Mahasiswa mampu memahami proses perakitan (assembly), proses remanuaktur, dan line balancing (P2) |
Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan perhitungan kapabilitas proses manufaktur |
Kriteria: ketepatan dalam memahami dan menjelaskan tahapan perhitungan kapabilitas proses manufaktur Bentuk Penilaian: Diskusi, tugas, sikap, dan keaktifan |
Metoda Pembelajaran:
Estimasi Waktu: Tatap Muka (4 x 50 menit) |
Perhitungan kapabilitas proses pada industri manufaktur [1] |
10 |
|||
9 | Sub-CPMK3: Mahasiswa mampu memahami proses perakitan (assembly), proses remanuaktur, dan line balancing (P2) |
Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan perancangan lini perakitan dan disassembly |
Kriteria: ketepatan dalam memahami dan menjelaskan perancangan lini perakitan dan disassembly Bentuk Penilaian: Diskusi, non-test, sikap, dan keaktifan |
Metoda Pembelajaran: Ceramah dan diskusi (kolaboratif dan interaktif) Estimasi Waktu: Tatap Muka (4 x 50 menit) |
perancangan lini perakitan dan disassembly [1] |
4 |
|||
10,11 | Sub-CPMK4: Mahasiswa mampu memahami metode-metode otomasi pada sistem manufaktur (P2) |
Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan metode-metode otomasi umum dan prinsip dari otomasi sistem manufaktur |
Kriteria: ketepatan dalam memahami dan menjelaskan metode-metode otomasi umum dan prinsip dari otomasi sistem manufaktur Bentuk Penilaian: Diskusi, tugas, sikap, dan keaktifan |
Metoda Pembelajaran:
Estimasi Waktu: Tatap Muka (4 x 50 menit) |
metode-metode otomasi umum [1] |
8 |
|||
Sub-CPMK4: Mahasiswa mampu memahami metode-metode otomasi pada sistem manufaktur (P2) |
Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan metode-metode otomasi umum dan prinsip dari otomasi sistem manufaktur |
Kriteria: ketepatan dalam memahami dan menjelaskan metode-metode otomasi umum dan prinsip dari otomasi sistem manufaktur Bentuk Penilaian: Diskusi, tugas, sikap, dan keaktifan |
Metoda Pembelajaran:
Estimasi Waktu: Tatap Muka (4 x 50 menit) |
prinsip dari otomasi sistem manufaktur [1] |
8 |
||||
12 | Sub-CPMK5: Mahasiswa mampu merencanakan dan mengendalikan proses produksi (P2) |
Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan tantangan-tantangan pada proses perencanaan produksi |
Kriteria: ketepatan dalam memahami dan menjelaskan tantangan-tantangan pada proses perencanaan produksi Bentuk Penilaian: Diskusi, non-test, sikap, dan keaktifan |
Metoda Pembelajaran: Ceramah dan diskusi (kolaboratif dan interaktif) Estimasi Waktu: Tatap Muka (4 x 50 menit) |
tantangan-tantangan pada proses perencanaan produksi [1] |
4 |
|||
13 | Sub-CPMK5: Mahasiswa mampu merencanakan dan mengendalikan proses produksi (P2) |
Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan apa yang dimaksud dengan leveled sequencing |
Kriteria: ketepatan dalam memahami dan menjelaskan leveled sequencing Bentuk Penilaian: Diskusi, tugas, sikap, dan keaktifan |
Metoda Pembelajaran:
Estimasi Waktu: Tatap Muka (4 x 50 menit) |
leveled sequencing [1] |
10 |
|||
14 | Sub-CPMK5: Mahasiswa mampu merencanakan dan mengendalikan proses produksi (P2) |
Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Enterprises Resource Planning |
Kriteria: ketepatan dalam memahami dan menjelaskan Enterprises Resource Planning Bentuk Penilaian: Diskusi, tugas presentasi, sikap, dan keaktifan |
Metoda Pembelajaran:
Estimasi Waktu: Tatap Muka (4 x 50 menit) |
Enterprises Resource Planning [1] |
8 |
|||
15,16 | Sub-CPMK6: Mahasiswa mampu memahami proses manajemen padan sistem manufaktur (P2) |
Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan manajemen pada sistem manufaktur |
Kriteria: ketepatan dalam memahami dan menjelaskan manajemen pada sistem manufaktur Bentuk Penilaian: Diskusi, tugas presentasi, sikap, dan keaktifan |
Metoda Pembelajaran: Ceramah dan diskusi (kolaboratif dan interaktif) Estimasi Waktu: Tatap Muka (4 x 50 menit) |
Manajemen gudang pada industri manufaktur [1] |
5 |
|||
Sub-CPMK6: Mahasiswa mampu memahami proses manajemen padan sistem manufaktur (P2) |
Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan manajemen gudang pada sistem manufaktur |
Kriteria: ketepatan dalam memahami dan menjelaskan manajemen gudang pada sistem manufaktur Bentuk Penilaian: Diskusi, tugas presentasi, sikap, dan keaktifan |
Metoda Pembelajaran: Ceramah dan diskusi (kolaboratif dan interaktif) Estimasi Waktu: Tatap Muka (4 x 50 menit) |
manajemen gudang pada sistem manufaktur [1] |
5 |
||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Herdian Dwimas lahir di Samarinda pada tanggal Jabatan fungsional Jurusan TEKNIK MESIN Program Studi Teknologi Rekayasa Manufaktur |
|