.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:firda.rahmayanti@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@April 8, 2025, 12:47 pm Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN PERHOTELAN |
|
||||||
PROGRAM
STUDI PENGELOLAAN PERHOTELAN |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2024/2025 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Operasional Pemesanan Kamar |
MP110421 |
1 |
2 |
3 |
70 |
1 |
19-09-2024 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Firda Rahmayanti S.Tr.Par.,M.Par |
Ranti Rustika S.S., M.Sc. |
|||||||
NIP/NIK. 199912192024062001 |
NIP/NIK. 199104022019032018 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-9) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S-11) Menerapkan nilai-nilai hospitality (Integritas, Sempurna, Terpercaya, Profesional, Berkepribadian), dan |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-1) Konsep teoretis pariwisata dan manajemen usaha perhotelan secara mendalam, khususnya manajemen perencanaan, pemasaran, pengendalian mutu, serta manajemen Sumber Daya Manusia, aset, dan keuangan (P-9) Prinsip dan teknik komunikasi persuasif dan lintas budaya. |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-2) Mampu secara mandiri mengelola kegiatan operasional hotel berskala kecil (meliputi kemampuan merencanakan, menjalankan, mengawasi, mengevaluasi dan menindaklanjuti hasil evaluasi kegiatan operasional hotel) yang dapat dibuktikan dengan bertambahnya tingkat kepuasan tamu hotel khususnya pada aspek jumlah tamu, reliabilitas dan responsibilitas layanan, kebersihan, dan efisiensi harga (KU-7) Mampu membuat produk dan layanan hotel berskala kecil dan dapat memodifikasi produk dan layanan di hotel berskala besar (hotel berbintang) yang berkualitas sesuai dengan kerangka acuan kerja yang ditetapkan dan diakui oleh pemberi kerja |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-1) Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, dan inovatif dalam melakukan jenis pekerjaan spesifik, di bidang keahliannya, dengan mutu dan kuantitas yang dapat diukur dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan (KK-2) Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
Mampu menerima dan memproses pemesanan kamar dari berbagai sumber dengan menggunakan berbagai metode beserta administrasi pelaporan dari bagian pemesanan kamar |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
1. Mahasiswa mampu memahami bisnis perhotelan 2. Mahasiswa mampu memahami bagian kantor depan 3. Mahasiswa mampu memahami bagian pemesanan kamar 4. Mahasiswa mampu menerima permintaan pemesanan kamar 5. Mahasiswa mampu memproses pemesanan kamar 6. Mahasiswa mampu memperbaharui pemesanan kamar 7. Mahasiswa mampu memberi saran orang lain tentang rincian pemesanan kamar |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Operasional Pemesanan Kamar mempelajari pengetahuan dan ketrampilan dalam menerima dan memproses pemesanan kamar dari berbagai sumber dengan menggunakan berbagai metode beserta administrasi pelaporan dari bagian pemesanan kamar | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
1. Bisnis Perhotelan |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: 1. Sudiarta, M., Sagitarini, L. L., & Winia, N. (2021). Reservasi Hotel. 2. Fridajuniari, N. W. W., Widhiastuty, N. L. P. S., & Budiasa, I. K.
(2023). PROSEDUR PENERIMAAN TAMU INDIVIDUAL CHECK-IN OLEH PETUGAS
PENERIMAAN TAMU DI HOTEL THE RITZ CARLTON NUSA DUA BALI. Journal of Tourism and Interdiciplinary Studies, 3(1), 46-52 Pustaka Pendukung : 1. Ani Wijayanti, M. M., &
MPar, M. (2020). Kantor Depan Hotel. 2. Endaryanti, D., & Riawan, A.
(2024). PENANGANAN RESERVASI KAMAR OLEH TELEPON OPERATOR DALAM
OPERASIONAL FRONT OFFICE HOTEL GRAND TJOKRO YOGYAKARTA. Mabha Jurnal, 5(1), 1-12. 3. Köseoglu, M. A., Altin, M., Chan, E., & Aladag, O. F.
(2020). What are the key success factors for strategy formulation and
implementation? Perspectives of managers in the hotel industry. International
Journal of Hospitality Management, 89, 102574. |
|||||||
Media Pembelajaran |
|
|||||||
Dosen Pengampu |
Firda Rahmayanti, |
Mata Kuliah |
Operasional Pemesanan Kamar |
|||
Kode Mata Kuliah |
MP110421 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | 1. Mahasiswa mampu memahami bisnis perhotelan |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar dan struktur operasional bisnis perhotelan (Interaktif) |
Kriteria Penilaian: Kemampuan mahasiswa dalam memahami berbagai aspek bisnis perhotelan. Bentuk Penilaian: Mahasiswa dapat menguraikan secara menyeluruh tentang operasi, manajemen, dan strategi bisnis perhotelan, serta menunjukkan pemahaman yang mendalam tentang faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan dalam industri perhotelan |
Kuliah luring: 3x (50 menit) Pengenalan konsep dasar, diskusi dan pembagian kelompok presentasi |
Konsep dasar operasional bisnis perhotelan Ani Wijayanti, M. M., & MPar, M. (2020). Kantor Depan Hotel. Köseoglu, M. A., Altin, M., Chan, E., & Aladag, O. F. (2020). What are the key success factors for strategy formulation and implementation? Perspectives of managers in the hotel industry. International Journal of Hospitality Management, 89, 102574. |
4 |
|||
2 | 1. Mahasiswa mampu memahami bisnis perhotelan |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar dan struktur operasional bisnis perhotelan (Interaktif) |
Kriteria Penilaian: Kemampuan mahasiswa dalam memahami berbagai aspek bisnis perhotelan. Bentuk Penilaian: Mahasiswa dapat menguraikan secara menyeluruh tentang operasi, manajemen, dan strategi bisnis perhotelan, serta menunjukkan pemahaman yang mendalam tentang faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan dalam industri perhotelan |
Kuliah Luring: 3x (50 menit) Materi, Presentasi dan diskusi |
Struktur operasional bisnis perhotelan Ani Wijayanti, M. M., & MPar, M. (2020). Kantor Depan Hotel. Köseoglu, M. A., Altin, M., Chan, E., & Aladag, O. F. (2020). What are the key success factors for strategy formulation and implementation? Perspectives of managers in the hotel industry. International Journal of Hospitality Management, 89, 102574. |
4 |
|||
3 | 2. Mahasiswa mampu memahami bagian kantor depan |
Mahasiswa mampu menjelaskan fungsi dan tanggung jawab bagian kantor depan dalam operasional hotel (Interaktif) |
Kriteria Penilaian: Kemampuan mahasiswa dalam memahami fungsi dan operasional bagian kantor depan hotel. Bentuk Penilaian: Mahasiswa dapat menjelaskan peran, tanggung jawab, dan prosedur yang dijalankan di bagian kantor depan dengan jelas, serta menunjukkan pemahaman yang mendalam tentang bagaimana kantor depan berkontribusi terhadap keseluruhan operasional hotel. |
Kuliah Luring: 3x (50 menit) Materi, Presentasi dan diskusi |
Fungsi kantor depan dalam operasional hotel Ani Wijayanti, M. M., & MPar, M. (2020). Kantor Depan Hotel. Fridajuniari, N. W. W., Widhiastuty, N. L. P. S., & Budiasa, I. K. (2023). PROSEDUR PENERIMAAN TAMU INDIVIDUAL CHECK-IN OLEH PETUGAS PENERIMAAN TAMU DI HOTEL THE RITZ CARLTON NUSA DUA BALI. Journal of Tourism and Interdiciplinary Studies, 3(1), 46-52 Endaryanti, D., & Riawan, A. (2024). PENANGANAN RESERVASI KAMAR OLEH TELEPON OPERATOR DALAM OPERASIONAL FRONT OFFICE HOTEL GRAND TJOKRO YOGYAKARTA. Mabha Jurnal, 5(1), 1-12. |
4 |
|||
4 | 2. Mahasiswa mampu memahami bagian kantor depan |
Mahasiswa mampu menjelaskan fungsi dan tanggung jawab bagian kantor depan dalam operasional hotel (Interaktif) |
Kriteria Penilaian: Kemampuan mahasiswa dalam memahami fungsi dan operasional bagian kantor depan hotel. Bentuk Penilaian: Mahasiswa dapat menjelaskan peran, tanggung jawab, dan prosedur yang dijalankan di bagian kantor depan dengan jelas, serta menunjukkan pemahaman yang mendalam tentang bagaimana kantor depan berkontribusi terhadap keseluruhan operasional hotel. |
Kuliah Luring: 3x (50 menit) Materi dan diskusi |
Tugas dan tanggung jawab bagian kantor depan dalam operasional hotel Ani Wijayanti, M. M., & MPar, M. (2020). Kantor Depan Hotel. Fridajuniari, N. W. W., Widhiastuty, N. L. P. S., & Budiasa, I. K. (2023). PROSEDUR PENERIMAAN TAMU INDIVIDUAL CHECK-IN OLEH PETUGAS PENERIMAAN TAMU DI HOTEL THE RITZ CARLTON NUSA DUA BALI. Journal of Tourism and Interdiciplinary Studies, 3(1), 46-52 Endaryanti, D., & Riawan, A. (2024). PENANGANAN RESERVASI KAMAR OLEH TELEPON OPERATOR DALAM OPERASIONAL FRONT OFFICE HOTEL GRAND TJOKRO YOGYAKARTA. Mabha Jurnal, 5(1), 1-12. |
4 |
|||
5 | 3. Mahasiswa mampu memahami bagian pemesanan kamar |
Mahasiswa mampu menjelaskan proses dan sistem pemesanan kamar di hotel (Interaktif) |
Kriteria Penilaian: Kemampuan mahasiswa dalam memahami fungsi dan proses operasional bagian pemesanan kamar. Bentuk Penilaian: Mahasiswa dapat menjelaskan alur kerja, tanggung jawab, dan strategi yang digunakan dalam bagian pemesanan kamar, serta menunjukkan pemahaman yang komprehensif tentang perannya dalam meningkatkan tingkat hunian dan pendapatan hotel |
Kuliah Luring: 3x (50 menit) Materi, Presentasi dan diskusi |
Proses pemesanan kamar di hotel Sudiarta, M., Sagitarini, L. L., & Winia, N. (2021). Reservasi Hotel. Fridajuniari, N. W. W., Widhiastuty, N. L. P. S., & Budiasa, I. K. (2023). PROSEDUR PENERIMAAN TAMU INDIVIDUAL CHECK-IN OLEH PETUGAS PENERIMAAN TAMU DI HOTEL THE RITZ CARLTON NUSA DUA BALI. Journal of Tourism and Interdiciplinary Studies, 3(1), 46-52 Ani Wijayanti, M. M., & MPar, M. (2020). Kantor Depan Hotel. Endaryanti, D., & Riawan, A. (2024). PENANGANAN RESERVASI KAMAR OLEH TELEPON OPERATOR DALAM OPERASIONAL FRONT OFFICE HOTEL GRAND TJOKRO YOGYAKARTA. Mabha Jurnal, 5(1), 1-12. |
4 |
|||
6 | 3. Mahasiswa mampu memahami bagian pemesanan kamar |
Mahasiswa mampu menjelaskan proses dan sistem pemesanan kamar di hotel (Interaktif) |
Kriteria Penilaian: Kemampuan mahasiswa dalam memahami fungsi dan proses operasional bagian pemesanan kamar. Bentuk Penilaian: Mahasiswa dapat menjelaskan alur kerja, tanggung jawab, dan strategi yang digunakan dalam bagian pemesanan kamar, serta menunjukkan pemahaman yang komprehensif tentang perannya dalam meningkatkan tingkat hunian dan pendapatan hotel. |
Kuliah Luring: 3x (50 menit) Materi dan diskusi |
Sistem yang digunakan untuk pemesanan kamar di hotel Sudiarta, M., Sagitarini, L. L., & Winia, N. (2021). Reservasi Hotel. Fridajuniari, N. W. W., Widhiastuty, N. L. P. S., & Budiasa, I. K. (2023). PROSEDUR PENERIMAAN TAMU INDIVIDUAL CHECK-IN OLEH PETUGAS PENERIMAAN TAMU DI HOTEL THE RITZ CARLTON NUSA DUA BALI. Journal of Tourism and Interdiciplinary Studies, 3(1), 46-52 Ani Wijayanti, M. M., & MPar, M. (2020). Kantor Depan Hotel. Endaryanti, D., & Riawan, A. (2024). PENANGANAN RESERVASI KAMAR OLEH TELEPON OPERATOR DALAM OPERASIONAL FRONT OFFICE HOTEL GRAND TJOKRO YOGYAKARTA. Mabha Jurnal, 5(1), 1-12 |
4 |
|||
7 | 4. Mahasiswa mampu menerima permintaan pemesanan kamar |
Mahasiswa mampu memproses dan mengkonfirmasi permintaan pemesanan kamar secara akurat dan efisien (Interaktif) |
Kriteria Penilaian: Kemampuan mahasiswa dalam menerima dan memproses permintaan pemesanan kamar secara efektif. Bentuk Penilaian: Mahasiswa dapat menerima permintaan pemesanan kamar dengan tepat, memastikan keakuratan informasi yang diterima, dan mengonfirmasi ketersediaan kamar sesuai dengan prosedur standar operasional hotel. |
Kuliah Luring: 3x (50 menit) Materi, simulasi dan diskusi |
Menerima permintaan pemesanan kamar Sudiarta, M., Sagitarini, L. L., & Winia, N. (2021). Reservasi Hotel. Endaryanti, D., & Riawan, A. (2024). PENANGANAN RESERVASI KAMAR OLEH TELEPON OPERATOR DALAM OPERASIONAL FRONT OFFICE HOTEL GRAND TJOKRO YOGYAKARTA. Mabha Jurnal, 5(1), 1-12. Fridajuniari, N. W. W., Widhiastuty, N. L. P. S., & Budiasa, I. K. (2023). PROSEDUR PENERIMAAN TAMU INDIVIDUAL CHECK-IN OLEH PETUGAS PENERIMAAN TAMU DI HOTEL THE RITZ CARLTON NUSA DUA BALI. Journal of Tourism and Interdiciplinary Studies, 3(1), 46-52 |
4 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
20 |
|||||||
9 | 4. Mahasiswa mampu menerima permintaan pemesanan kamar |
Mahasiswa mampu memproses dan mengkonfirmasi permintaan pemesanan kamar secara akurat dan efisien (Interaktif) |
Kriteria Penilaian: Kemampuan mahasiswa dalam menerima dan memproses permintaan pemesanan kamar secara efektif. Bentuk Penilaian: Mahasiswa dapat menerima permintaan pemesanan kamar dengan tepat, memastikan keakuratan informasi yang diterima, dan mengonfirmasi ketersediaan kamar sesuai dengan prosedur standar operasional hotel. |
Kuliah Luring: 3x (50 menit) Materi, simulasi dan diskusi |
Memproses permintaan pemesanan kamar Sudiarta, M., Sagitarini, L. L., & Winia, N. (2021). Reservasi Hotel. Endaryanti, D., & Riawan, A. (2024). PENANGANAN RESERVASI KAMAR OLEH TELEPON OPERATOR DALAM OPERASIONAL FRONT OFFICE HOTEL GRAND TJOKRO YOGYAKARTA. Mabha Jurnal, 5(1), 1-12. Fridajuniari, N. W. W., Widhiastuty, N. L. P. S., & Budiasa, I. K. (2023). PROSEDUR PENERIMAAN TAMU INDIVIDUAL CHECK-IN OLEH PETUGAS PENERIMAAN TAMU DI HOTEL THE RITZ CARLTON NUSA DUA BALI. Journal of Tourism and Interdiciplinary Studies, 3(1), 46-52 |
4 |
|||
10 | 5. Mahasiswa mampu memproses pemesanan kamar |
Mahasiswa mampu melakukan proses pemesanan kamar dengan benar, termasuk verifikasi, pencatatan, dan konfirmasi (Interaktif) |
Kriteria Penilaian: Kemampuan mahasiswa dalam memproses pemesanan kamar dengan efisien dan akurat. Bentuk Penilaian: Mahasiswa dapat memproses pemesanan kamar, mulai dari menerima informasi, memverifikasi ketersediaan, hingga mengonfirmasi pemesanan, sesuai dengan prosedur operasional standar hotel, sambil memastikan kepuasan pelanggan. |
Kuliah Luring: 3x (50 menit) Materi, simulasi dan diskusi |
Melakukan proses pemesanan kamar dengan benar sesuai dengan SOP Sudiarta, M., Sagitarini, L. L., & Winia, N. (2021). Reservasi Hotel. Fridajuniari, N. W. W., Widhiastuty, N. L. P. S., & Budiasa, I. K. (2023). PROSEDUR PENERIMAAN TAMU INDIVIDUAL CHECK-IN OLEH PETUGAS PENERIMAAN TAMU DI HOTEL THE RITZ CARLTON NUSA DUA BALI. Journal of Tourism and Interdiciplinary Studies, 3(1), 46-52 Ani Wijayanti, M. M., & MPar, M. (2020). Kantor Depan Hotel. Endaryanti, D., & Riawan, A. (2024). PENANGANAN RESERVASI KAMAR OLEH TELEPON OPERATOR DALAM OPERASIONAL FRONT OFFICE HOTEL GRAND TJOKRO YOGYAKARTA. Mabha Jurnal, 5(1), 1-12. |
4 |
|||
11 | 5. Mahasiswa mampu memproses pemesanan kamar |
Mahasiswa mampu melakukan proses pemesanan kamar dengan benar, termasuk verifikasi, pencatatan, dan konfirmasi (Interaktif) |
Kriteria Penilaian: Kemampuan mahasiswa dalam memproses pemesanan kamar dengan efisien dan akurat. Bentuk Penilaian: Mahasiswa dapat memproses pemesanan kamar, mulai dari menerima informasi, memverifikasi ketersediaan, hingga mengonfirmasi pemesanan, sesuai dengan prosedur operasional standar hotel, sambil memastikan kepuasan pelanggan. |
Kuliah Luring: 3x (50 menit) Materi, simulasi dan diskusi |
Proses pemesanan kamar dengan benar, termasuk verifikasi, pencatatan, dan konfirmasi Sudiarta, M., Sagitarini, L. L., & Winia, N. (2021). Reservasi Hotel. Fridajuniari, N. W. W., Widhiastuty, N. L. P. S., & Budiasa, I. K. (2023). PROSEDUR PENERIMAAN TAMU INDIVIDUAL CHECK-IN OLEH PETUGAS PENERIMAAN TAMU DI HOTEL THE RITZ CARLTON NUSA DUA BALI. Journal of Tourism and Interdiciplinary Studies, 3(1), 46-52 Ani Wijayanti, M. M., & MPar, M. (2020). Kantor Depan Hotel. Endaryanti, D., & Riawan, A. (2024). PENANGANAN RESERVASI KAMAR OLEH TELEPON OPERATOR DALAM OPERASIONAL FRONT OFFICE HOTEL GRAND TJOKRO YOGYAKARTA. Mabha Jurnal, 5(1), 1-12. |
4 |
|||
12 | 6. Mahasiswa mampu memperbaharui pemesanan kamar |
Mahasiswa mampu memperbaharui pemesanan kamar dengan tepat, termasuk mengubah detail dan mengkonfirmasi perubahan (Interaktif) |
Kriteria Penilaian: Kemampuan mahasiswa dalam memperbarui pemesanan kamar dengan akurat dan efisien. Bentuk Penilaian: Mahasiswa dapat memperbarui pemesanan kamar, termasuk mengubah tanggal, jenis kamar, atau layanan tambahan, serta memastikan bahwa perubahan tersebut tercatat dengan benar dalam sistem dan dikomunikasikan kepada semua pihak terkait. |
Kuliah Luring: 3x (50 menit) Materi, simulasi dan diskusi |
Memperbaharui pemesanan kamar secara akurat Sudiarta, M., Sagitarini, L. L., & Winia, N. (2021). Reservasi Hotel. Fridajuniari, N. W. W., Widhiastuty, N. L. P. S., & Budiasa, I. K. (2023). PROSEDUR PENERIMAAN TAMU INDIVIDUAL CHECK-IN OLEH PETUGAS PENERIMAAN TAMU DI HOTEL THE RITZ CARLTON NUSA DUA BALI. Journal of Tourism and Interdiciplinary Studies, 3(1), 46-52 Ani Wijayanti, M. M., & MPar, M. (2020). Kantor Depan Hotel. Endaryanti, D., & Riawan, A. (2024). PENANGANAN RESERVASI KAMAR OLEH TELEPON OPERATOR DALAM OPERASIONAL FRONT OFFICE HOTEL GRAND TJOKRO YOGYAKARTA. Mabha Jurnal, 5(1), 1-12. |
4 |
|||
13 | 6. Mahasiswa mampu memperbaharui pemesanan kamar |
Mahasiswa mampu memperbaharui pemesanan kamar dengan tepat, termasuk mengubah detail dan mengkonfirmasi perubahan (Interaktif) |
Kriteria Penilaian: Kemampuan mahasiswa dalam memperbarui pemesanan kamar dengan akurat dan efisien. Bentuk Penilaian: Mahasiswa dapat memperbarui pemesanan kamar, termasuk mengubah tanggal, jenis kamar, atau layanan tambahan, serta memastikan bahwa perubahan tersebut tercatat dengan benar dalam sistem dan dikomunikasikan kepada semua pihak terkait. |
Kuliah Luring: 3x (50 menit) Materi, simulasi dan diskusi |
Memperbaharui pemesanan kamar dengan tepat, termasuk mengubah detail dan mengkonfirmasi perubahan Sudiarta, M., Sagitarini, L. L., & Winia, N. (2021). Reservasi Hotel. Fridajuniari, N. W. W., Widhiastuty, N. L. P. S., & Budiasa, I. K. (2023). PROSEDUR PENERIMAAN TAMU INDIVIDUAL CHECK-IN OLEH PETUGAS PENERIMAAN TAMU DI HOTEL THE RITZ CARLTON NUSA DUA BALI. Journal of Tourism and Interdiciplinary Studies, 3(1), 46-52 Ani Wijayanti, M. M., & MPar, M. (2020). Kantor Depan Hotel. Endaryanti, D., & Riawan, A. (2024). PENANGANAN RESERVASI KAMAR OLEH TELEPON OPERATOR DALAM OPERASIONAL FRONT OFFICE HOTEL GRAND TJOKRO YOGYAKARTA. Mabha Jurnal, 5(1), 1-12. |
4 |
|||
14 | 7. Mahasiswa mampu memberi saran orang lain tentang rincian pemesanan kamar |
Mahasiswa mampu memberikan saran yang jelas dan tepat mengenai rincian pemesanan kamar kepada orang lain (Interaktif) |
Kriteria Penilaian: Kemampuan mahasiswa dalam memberikan saran yang tepat mengenai rincian pemesanan kamar kepada orang lain. Bentuk Penilaian: Mahasiswa dapat memberikan saran yang jelas dan informatif kepada tamu atau pihak lain mengenai rincian pemesanan kamar, seperti tipe kamar, harga, fasilitas, dan kebijakan terkait, serta membantu dalam memilih opsi yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka. |
Kuliah Luring: 3x (50 menit) Materi, simulasi dan diskusi |
Memberikan saran yang jelas mengenai rincian pemesanan kamar kepada orang lain Sudiarta, M., Sagitarini, L. L., & Winia, N. (2021). Reservasi Hotel. Fridajuniari, N. W. W., Widhiastuty, N. L. P. S., & Budiasa, I. K. (2023). PROSEDUR PENERIMAAN TAMU INDIVIDUAL CHECK-IN OLEH PETUGAS PENERIMAAN TAMU DI HOTEL THE RITZ CARLTON NUSA DUA BALI. Journal of Tourism and Interdiciplinary Studies, 3(1), 46-52 Ani Wijayanti, M. M., & MPar, M. (2020). Kantor Depan Hotel. Endaryanti, D., & Riawan, A. (2024). PENANGANAN RESERVASI KAMAR OLEH TELEPON OPERATOR DALAM OPERASIONAL FRONT OFFICE HOTEL GRAND TJOKRO YOGYAKARTA. Mabha Jurnal, 5(1), 1-12. |
4 |
|||
15 | 7. Mahasiswa mampu memberi saran orang lain tentang rincian pemesanan kamar |
Mahasiswa mampu memberikan saran yang jelas dan tepat mengenai rincian pemesanan kamar kepada orang lain (Interaktif) |
Kriteria Penilaian: Kemampuan mahasiswa dalam memberikan saran yang tepat mengenai rincian pemesanan kamar kepada orang lain. Bentuk Penilaian: Mahasiswa dapat memberikan saran yang jelas dan informatif kepada tamu atau pihak lain mengenai rincian pemesanan kamar, seperti tipe kamar, harga, fasilitas, dan kebijakan terkait, serta membantu dalam memilih opsi yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka. |
Kuliah Luring: 3x (50 menit) Materi, simulasi dan diskusi |
Memberikan rekomendasi yang sesuai mengenai detail pemesanan kamar kepada orang lain. Sudiarta, M., Sagitarini, L. L., & Winia, N. (2021). Reservasi Hotel. Fridajuniari, N. W. W., Widhiastuty, N. L. P. S., & Budiasa, I. K. (2023). PROSEDUR PENERIMAAN TAMU INDIVIDUAL CHECK-IN OLEH PETUGAS PENERIMAAN TAMU DI HOTEL THE RITZ CARLTON NUSA DUA BALI. Journal of Tourism and Interdiciplinary Studies, 3(1), 46-52 Ani Wijayanti, M. M., & MPar, M. (2020). Kantor Depan Hotel. Endaryanti, D., & Riawan, A. (2024). PENANGANAN RESERVASI KAMAR OLEH TELEPON OPERATOR DALAM OPERASIONAL FRONT OFFICE HOTEL GRAND TJOKRO YOGYAKARTA. Mabha Jurnal, 5(1), 1-12. |
4 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
24 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Firda Rahmayanti lahir di Benteng pada tanggal 19 Desember 1999 Jabatan fungsional Jurusan PERHOTELAN Program Studi Pengelolaan Perhotelan |
|