.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:emil.azmanajaya@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@April 16, 2025, 11:01 pm Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK SIPIL |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNIK SIPIL |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2024/2025 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Hidrologi |
TS230922 |
2 |
0 |
2 |
28 |
3 |
05-09-2024 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Emil Azmanajaya S.T., M.T. |
Ezra Hartarto Pongtuluran S.T., M.Eng. |
|||||||
NIP/NIK. 197702242012121001 |
NIP/NIK. 199110232019031013 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-5) Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (S-8) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-2) Menguasai prinsip pengujian dan pengukuran komponen bangunan sipil sesuai codes dan standar (P-6) Menguasai pengetahuan teknik berkomunikasi (lisan, laporan teknis, dan grafis) |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-2) Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-2) Mampu mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah pelaksanaan bangunan sipil yang terdefinisi secara jelas, dengan menganalisis data, memanfaatkan standar dan pedoman teknis, serta mampu memilih metode penyelesaian yang tepat dengan memperhatikan aspek kesehatan, keselamatan publik , lingkungan (SMK3L),aspek hukum dan ekonomi |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CPMK 1: Mampu merencanakan debit banjir rancangan dan penelusuran banjir (CPL-KK3) |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub-CPMK 1: Mampu menjelaskan siklus hidrologi [C3, A4] Sub-CPMK 2: Mampu menganalisis data hujan [C3, A4] Sub-CPMK 3: Mampu menghitung limpasan (surface runoff) [C3, A4] Sub-CPMK 4: Mampu menjelaskan pengukuran hidrometri [C3, A4] Sub-CPMK 5: Mampu menganalisis frekuensi curah hujan [C3, A4] Sub-CPMK 6: Mampu menghitung hujan rencana [C3, A4] |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Hidrologi mempelajari ilmu yang berkaitan dengan air di bumi, baik mengenai terjadinya peredaran dan penyebaran aliran, sifat-sifat dan hubungan dengan lingkungannya terutama dengan makhluk hidup | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Siklus Hidrologi, Hidrometri, Statistik Hidrologi, Analisis HIdrologi, Hujan Rencana |
|||||||
Pustaka |
|
|||||||
Media Pembelajaran |
LCD, Papan Tulis, BLP2 |
|||||||
Dosen Pengampu |
Ezra Hartarto Pongtuluran, |
Mata Kuliah |
Hidrologi |
|||
Kode Mata Kuliah |
TS230922 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub-CPMK 1: Mampu menjelaskan siklus hidrologi [C3, A4] |
Ketepatan dalam menjelaskan siklus hidrolgi |
Kriteria: |
Metode Pembelajaran: |
Daur hidrologi, Karakteristik DAS, Neraca Air. Pustaka: 1 |
2 |
|||
2 | Sub-CPMK 2: Mampu menganalisis data hujan [C3, A4] |
Ketepatan dalam menganalisis data hujan |
Kriteria: |
Metode Pembelajaran: |
Tipe Hujan, Parameter Hujan, Pengukuran Hujan. Pustaka: 1, 2, 3 |
2 |
|||
3 | Sub-CPMK 2: Mampu menganalisis data hujan [C3, A4] |
Ketepatan dalam menjelaskan proses terjadinya penguapan dalam analisis data hujan |
Kriteria: |
Metode Pembelajaran: |
Tipe penguapan, Parameter penguapan, dan Pengukuran penguapan Pustaka: 1, 2, 3 |
2 |
|||
4 | Sub-CPMK 3: Mampu menghitung limpasan (surface runoff) [C3, A4] |
Keteparan dalam menjelaskan siklus hidrologi yang berkaitan dengan infiltrasi |
Kriteria: |
Metode Pembelajaran: |
Analisis siklus hidrologi yang berkaitan dengan infiltrasi Pustaka: 1, 2, 3 |
4 |
|||
5 | Sub-CPMK 3: Mampu menghitung limpasan (surface runoff) [C3, A4] |
Ketepatan dalam menjelaskan proses dan menghitung besar limpasan |
Kriteria: |
Metode Pembelajaran: |
Komponen limpasan, konsentrasi aliran, dan metode rasional Pustaka: 1, 2, 3 |
5 |
|||
6 | Sub-CPMK 3: Mampu menghitung limpasan (surface runoff) [C3, A4] |
Ketepatan dalam menjelaskan dan menghitung hidrograf satuan |
Kriteria: |
Metode Pembelajaran: |
Hidrograf satuan Pustaka: 4, 5, 6 |
5 |
|||
7 | Sub-CPMK 4: Mampu menjelaskan pengukuran hidrometri [C3, A4] |
Ketepatan dalam menjelaskan konsep dari perhitungan hidrometri |
Kriteria: |
Metode Pembelajaran: |
Pengukuran debit dan pengukuran kecepatan aliran Pustaka: 4, 5, 6 |
5 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
20 |
|||||||
9 | Sub-CPMK 5: Mampu menganalisis frekuensi curah hujan [C3, A4] |
Ketepatan menjelaskan analisis frekuensi dalam hidrologi |
Kriteria: |
Metode Pembelajaran: |
Pengantar analisis frekuensi curah hujan Pustaka: 4, 5, 6 |
5 |
|||
10 | Sub-CPMK 5: Mampu menganalisis frekuensi curah hujan [C3, A4] |
Ketepatan dalam menyelesaikan perhitungan distribusi probabilitas |
Kriteria: |
Metode Pembelajaran: |
Distribusi probabilitas terjadinya hujan Pustaka: 4, 5, 6 |
5 |
|||
11 | Sub-CPMK 5: Mampu menganalisis frekuensi curah hujan [C3, A4] |
Ketepatan dalam menghitung analisis frekuensi curah hujan |
Kriteria: |
Metode Pembelajaran: |
Pengujian distribusi curah hujan Pustaka: 4, 5, 6 |
5 |
|||
12 | Sub-CPMK 6: Mampu menghitung hujan rencana [C3, A4] |
Ketepatan dalam menghitung IDF dan hujan rencana dengan metode Mononobe |
Kriteria: |
Metode Pembelajaran: |
Intensitas-Durasi-Frekuensi dan Metode Mononobe Pustaka: 4, 5, 6 |
5 |
|||
13 | Sub-CPMK 6: Mampu menghitung hujan rencana [C3, A4] |
Ketepatan dalam menghitung waktu pengaliran |
Kriteria: |
Metode Pembelajaran: |
waktu pengaliran pada suatu wilayah Pustaka: 4, 5, 6 |
5 |
|||
14 | Sub-CPMK 6: Mampu menghitung hujan rencana [C3, A4] |
Ketepatan dalam menjelaskan dan menghitung koefesien pengaliran dalam suatu wilayah |
Kriteria: |
Metode Pembelajaran: |
Koefesien pengaliran dalam suatu wilayah Pustaka: 4, 5, 6 |
5 |
|||
15 | Sub-CPMK 6: Mampu menghitung hujan rencana [C3, A4] |
Ketepatan dalam menjelaskan dan menghitung debit rumah tangga dan debit rencana pada suatu wilayah |
Kriteria: |
Metode Pembelajaran: |
Debit rumah tangga dan debit rencana pada suatu wilayah Pustaka: 4, 5, 6 |
5 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
20 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Emil Azmanajaya lahir di Jambi pada tanggal 24-02-1977 Jabatan fungsional Lektor Kepala Jurusan TEKNIK SIPIL Program Studi Teknik Sipil |
|