.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:firda.rahmayanti@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@April 8, 2025, 12:11 pm Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN PERHOTELAN |
|
||||||
PROGRAM
STUDI PENGELOLAAN PERHOTELAN |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2024/2025 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Pengelolaan Tata Graha dan Fasilitas |
MP350921 |
1 |
1 |
2 |
42 |
5 |
19-09-2024 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Firda Rahmayanti S.Tr.Par.,M.Par |
Ranti Rustika S.S., M.Sc. |
|||||||
NIP/NIK. 199912192024062001 |
NIP/NIK. 199104022019032018 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-9) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S-10) Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan (S-11) Menerapkan nilai-nilai hospitality (Integritas, Sempurna, Terpercaya, Profesional, Berkepribadian), dan |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-3) Konsep, prinsip, dan metode perencanaan kapasitas dan tata letak fasilitas, sistem disain kerja (work system design) dan penjadwalan (P-7) Konsep teoretis kepemimpinan, teamwork dan perilaku organisasi secara umum (P-9) Prinsip dan teknik komunikasi persuasif dan lintas budaya. |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-4) Mampu merancang prosedur operasional baru pada bidang divisi kamar dan divisi tata hidang yang efektif dan efisien baik secara mandiri maupun bersama kelompok (KU-5) Mampu secara mandiri memperbaiki prosedur yang sudah ada pada bidang divisi kamar dan divisi tata hidang yang dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi (KU-6) Mampu secara mandiri dan berkelompok merencanakan, menjalankan, mengawasi, mengevaluasi dan menindaklanjuti hasil evaluasi pelatihan Sumber Daya Manusia hotel berskala kecil yang dibuktikan dengan peningkatan kompetensi karyawan di bidang divisi kamar dan tata hidang |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-7) Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskkan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya (KK-8) Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri dan |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
Mampu mempraktikan pekerjaan-pekerjaan di room section Mampu mengawasi, memecahkan permasalahan di room Mampu merencanakan, mengorganisasi serta mengkoordinir pelaksanaan kerja di room |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Mampu menjelaskan perkembangan industri hotel serta berbagai fasilitas yang terdapat di hotel Mampu memahami dan menjelaskan tentang hotel room dan kelengkapannya Mampu memahami dan membedakan Form-Form yang dipakai di Room serta peralatan dan Chemical untuk praktik di room Mampu memahami dan menjelaskan Room Attendant Counter Make - Up Praktik Mampu memahami dan menangani keluhan tamu di room Mampu memahami & menangani stok linen di Room Section Mampu memahami & menangani linen stock di Room Section Mampu memahami dan menjelaskan kebutuhan & beban kerja di Room Section Mampu memahami dan mengawasi system / proses pekerjaan yang dilakukan oleh Room Attendant Berdasarkan SOP Mampu memahami dan merencanakan dan program kerja di Housekeeping Departement Mampu memecahkan dan memberikan solusi terhadap berbagai permasalahan yang terjadi di Room Section serta keterkaitan Dengan departemen lainnya |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Pengelolaan Tata Graha dan Fasilitas mempelajari Industri Perhotelan khususnya di bidang Tata Graha dan fasilitas |
|||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
1. Pengembangan fasilitas hotel 2. Penanganan Kamar Hotel dan Kelengkapannya 3. Penanganan Peralatan: Form, Peralatan, dan chemical 4. Room Attendant Counter 5. Praktik Make Up Room 6. Penanganan Keluhan Tamu 7. Penanganan Linen Kamar 8. SOP Housekeeping 9. Penanganan masalah di Department Housekeeping |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: 1. Polii, B. D., & Towoliu, B. I. (2018). MANAJEMEN TATA
GRAHA DAN BINATU 1 (HOUSEKEEPING). 2. Accommodation Management HM-103 Uttarakhand Open University 3. HOUSE KEEPING MANAGEMENT, Ms. Saroni Sarkar. Assistant
Professor,. Jindal School of Hotel Management,. Vadodara, 2021 4. Ali, Z. (2007). City Hotel di Pekalongan Dengan Langgam
Batik Jlamprang Sebagai Citra Bangunan. 5. Dendy Setya Pradana, Syah Riza Octavy Sandy, Se., S.Kom.,
M.Si2023, Peranan Room Attendant Dalam Meningkatkan Pelayanan Di Royal Hotel N’
Lounge Jember |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : Software: SOP Room & Berbagai form2 kerja di room sectionPedoman: Job Sheet, & SOP Room Peralatan: Trolly, Wet & Dry Vacuum Cleaner, Mop, Dust Cloth, Wiper.,dst Chemical: Cleaner Kaca, Furniture |
|||||||
Dosen Pengampu |
Firda Rahmayanti, |
Mata Kuliah |
Pengelolaan Tata Graha dan Fasilitas |
|||
Kode Mata Kuliah |
MP350921 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Mampu menjelaskan perkembangan industri hotel serta berbagai fasilitas yang terdapat di hotel |
Mahasiswa mampu menjelaskan perkembangan industri hotel serta berbagai fasilitas yang disediakan dengan komprehensif (Holistik) |
Pemahaman, penguasaan materi. Penilaian: Tugas Paper |
Materi dan tugas (2 x 50 Menit) |
Perkembangan industri hotel
Polii, B. D., & Towoliu, B. I. (2018). MANAJEMEN TATA GRAHA DAN BINATU 1 (HOUSEKEEPING). Accommodation Management HM-103 Uttarakhand Open University HOUSE KEEPING MANAGEMENT, Ms. Saroni Sarkar. Assistant Professor,. Jindal School of Hotel Management,. Vadodara, 2021 |
4 |
|||
2 | Mampu menjelaskan perkembangan industri hotel serta berbagai fasilitas yang terdapat di hotel |
Mahasiswa mampu menjelaskan perkembangan industri hotel serta berbagai fasilitas yang disediakan dengan komprehensif (Holistik) |
Pemahaman, penguasaan materi. Penilaian: Tugas Paper |
Materi dan tugas (2 x 50 Menit) |
Fasilitas industri hotel Polii, B. D., & Towoliu, B. I. (2018). MANAJEMEN TATA GRAHA DAN BINATU 1 (HOUSEKEEPING). Accommodation Management HM-103 Uttarakhand Open University HOUSE KEEPING MANAGEMENT, Ms. Saroni Sarkar. Assistant Professor,. Jindal School of Hotel Management,. Vadodara, 2021 |
4 |
|||
3 | Mampu memahami dan menjelaskan tentang hotel room dan kelengkapannya |
Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan jenis-jenis kamar hotel beserta kelengkapannya secara jelas (Holistik) |
Pemahaman, penguasaan materi. Penilaian: Tugas Paper |
Materi dan tugas (2 x 50 Menit) |
Jenis-jenis kamar hotel dan kelengkapannya Accommodation Management HM-103 Uttarakhand Open University Ali, Z. (2007). City Hotel di Pekalongan Dengan Langgam Batik Jlamprang Sebagai Citra Bangunan. |
4 |
|||
4 | Mampu memahami dan membedakan Form-Form yang dipakai di Room serta peralatan dan Chemical untuk praktik di room |
Mahasiswa mampu memahami dan membedakan form-form yang digunakan di room serta mengenali peralatan dan bahan kimia (chemical) untuk praktik di room (Interaktif) |
Pemahaman, penguasaan materi dan aktif dalam diskusi. Penilaian: Tugas Paper |
Materi dan diskusi (2 x 50 Menit) |
Form-Form yang digunakan di Room Polii, B. D., & Towoliu, B. I. (2018). MANAJEMEN TATA GRAHA DAN BINATU 1 (HOUSEKEEPING).
|
4 |
|||
5 | Mampu memahami dan membedakan Form-Form yang dipakai di Room serta peralatan dan Chemical untuk praktik di room |
Mahasiswa mampu memahami dan membedakan form-form yang digunakan di room serta mengenali peralatan dan bahan kimia (chemical) untuk praktik di room (Interaktif) |
Pemahaman, penguasaan materi dan aktif dalam diskusi. Penilaian: Tugas Paper |
Materi dan diskusi (2 x 50 Menit) |
Peralatan dan Chemical untuk praktik di room Polii, B. D., & Towoliu, B. I. (2018). MANAJEMEN TATA GRAHA DAN BINATU 1 (HOUSEKEEPING). |
4 |
|||
6 | Mampu memahami dan menjelaskan Room Attendant Counter |
Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan fungsi serta peran Room Attendant Counter dengan tepat (Interaktif) |
Pemahaman, penguasaan materi dan aktif dalam diskusi. Penilaian: Tugas Paper |
Materi dan diskusi (2 x 50 Menit) |
Fungsi serta peran Room Attendant Counter Dendy Setya Pradana, Syah Riza Octavy Sandy, Se., S.Kom., M.Si2023, Peranan Room Attendant Dalam Meningkatkan Pelayanan Di Royal Hotel N’ Lounge Jember |
4 |
|||
7 | Make - Up Praktik |
Mahasiswa mampu melaksanakan dan menjelaskan langkah-langkah make-up praktik kamar dengan benar sesuai standar operasional (Interaktif) |
Kriteria : Ketepatan dan pemahaman materi Bentuk : Praktikum Kelompok |
Kuliah (teori) dan parktikum (2 x 50) |
Langkah-langkah make-up praktik kamar dengan benar sesuai standar operasional Polii, B. D., & Towoliu, B. I. (2018). MANAJEMEN TATA GRAHA DAN BINATU 1 (HOUSEKEEPING). Accommodation Management HM-103 Uttarakhand Open University HOUSE KEEPING MANAGEMENT, Ms. Saroni Sarkar. Assistant Professor,. Jindal School of Hotel Management,. Vadodara, 2021 |
4 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
20 |
|||||||
9 | Mampu memahami dan menangani keluhan tamu di room |
Mahasiswa mampu memahami dan menangani keluhan tamu di room dengan solusi yang efektif dan profesional (Interaktif) |
Pemahaman, penguasaan materi dan aktif dalam diskusi. Penilaian: Tugas Paper |
Materi dan diskusi (2 x 50 Menit) |
Memahami dan menangani keluhan tamu di room Accommodation Management HM-103 Uttarakhand Open University HOUSE KEEPING MANAGEMENT, Ms. Saroni Sarkar. Assistant Professor,. Jindal School of Hotel Management,. Vadodara, 2021 |
4 |
|||
10 | Mampu memahami & menangani stok linen di Room Section |
Mahasiswa mampu memahami dan mengelola stok linen di Room Section secara efektif (Interaktif) |
Pemahaman, penguasaan materi dan aktif dalam diskusi. Penilaian: Tugas Paper |
Materi dan diskusi (2 x 50 Menit) |
Mengetahui kondisi stok linen di Room Section Polii, B. D., & Towoliu, B. I. (2018). MANAJEMEN TATA GRAHA DAN BINATU 1 (HOUSEKEEPING). Accommodation Management HM-103 Uttarakhand Open University HOUSE KEEPING MANAGEMENT, Ms. Saroni Sarkar. Assistant Professor,. Jindal School of Hotel Management,. Vadodara, 2021 |
4 |
|||
11 | Mampu memahami & menangani linen stock di Room Section |
Mahasiswa mampu memahami dan mengelola stok linen di Room Section secara efektif (interaktif) |
Pemahaman, penguasaan materi dan aktif dalam diskusi. Penilaian: Tugas Paper |
Materi dan diskusi (2 x 50 Menit) |
Mengelola stok linen di Room Section Polii, B. D., & Towoliu, B. I. (2018). MANAJEMEN TATA GRAHA DAN BINATU 1 (HOUSEKEEPING). Accommodation Management HM-103 Uttarakhand Open University HOUSE KEEPING MANAGEMENT, Ms. Saroni Sarkar. Assistant Professor,. Jindal School of Hotel Management,. Vadodara, 2021 |
4 |
|||
12 | Mampu memahami dan menjelaskan kebutuhan & beban kerja di Room Section |
Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan kebutuhan serta beban kerja di Room Section secara tepat ((interaktif) |
Kriteria : ketepatan dan pemahaman materi. Penilaian bentuk nontest : diskusi |
Materi dan diskusi (2 x 50 Menit) |
Memahami dan menjelaskan kebutuhan & beban kerja di Room Section Polii, B. D., & Towoliu, B. I. (2018). MANAJEMEN TATA GRAHA DAN BINATU 1 (HOUSEKEEPING). Accommodation Management HM-103 Uttarakhand Open University HOUSE KEEPING MANAGEMENT, Ms. Saroni Sarkar. Assistant Professor,. Jindal School of Hotel Management,. Vadodara, 2021 |
4 |
|||
13 | Mampu memahami dan mengawasi system / proses pekerjaan yang dilakukan oleh Room Attendant Berdasarkan SOP |
Mahasiswa mampu memahami dan mengawasi sistem atau proses kerja Room Attendant sesuai dengan SOP yang berlaku (Interaktif) |
Kriteria : ketepatan dan pemahaman materi. Penilaian bentuk non-test : diskusi. |
Materi dan diskusi (2 x 50 Menit) |
Memahami dan mengawasi system / proses pekerjaan yang dilakukan oleh Room Attendant Berdasarkan SOP Polii, B. D., & Towoliu, B. I. (2018). MANAJEMEN TATA GRAHA DAN BINATU 1 (HOUSEKEEPING). Accommodation Management HM-103 Uttarakhand Open University HOUSE KEEPING MANAGEMENT, Ms. Saroni Sarkar. Assistant Professor,. Jindal School of Hotel Management,. Vadodara, 2021 |
4 |
|||
14 | Mampu memahami dan merencanakan dan program kerja di Housekeeping Departement |
Mahasiswa mampu memahami, merencanakan, dan menyusun program kerja di Housekeeping Department dengan baik (interaktif) |
Kriteria : ketepatan dan pemahaman materi. Penilaian bentuk non-test : diskusi. |
Materi dan diskusi (2 x 50 Menit) |
Memahami dan merencanakan dan program kerja di Housekeeping Departement Polii, B. D., & Towoliu, B. I. (2018). MANAJEMEN TATA GRAHA DAN BINATU 1 (HOUSEKEEPING). Accommodation Management HM-103 Uttarakhand Open University HOUSE KEEPING MANAGEMENT, Ms. Saroni Sarkar. Assistant Professor,. Jindal School of Hotel Management,. Vadodara, 2021 |
4 |
|||
15 | Mampu memecahkan dan memberikan solusi terhadap berbagai permasalahan yang terjadi di Room Section serta keterkaitan Dengan departemen lainnya |
Mahasiswa mampu memecahkan masalah di Room Section dan memberikan solusi yang efektif dengan mempertimbangkan keterkaitan dengan departemen lain (interaktif) |
Kriteria : ketepatan dan pemahaman materi. Penilaian bentuk non-test : diskusi. |
Materi dan diskusi (2 x 50 Menit) |
Memecahkan dan memberikan solusi terhadap berbagai permasalahan yang terjadi di Room Section serta keterkaitan Dengan departemen lainnya Polii, B. D., & Towoliu, B. I. (2018). MANAJEMEN TATA GRAHA DAN BINATU 1 (HOUSEKEEPING). Accommodation Management HM-103 Uttarakhand Open University HOUSE KEEPING MANAGEMENT, Ms. Saroni Sarkar. Assistant Professor,. Jindal School of Hotel Management,. Vadodara, 2021 |
4 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
24 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Firda Rahmayanti lahir di Benteng pada tanggal 19 Desember 1999 Jabatan fungsional Jurusan PERHOTELAN Program Studi Pengelolaan Perhotelan |
|