.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:emil.azmanajaya@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@April 16, 2025, 9:55 pm Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK SIPIL |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNIK SIPIL |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2024/2025 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Teknologi Bahan |
TS110922 |
2 |
0 |
2 |
28 |
1 |
06-09-2024 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Dr. Emil Azmanajaya S.T., M.T. |
Ezra Hartarto Pongtuluran S.T., M.Eng. |
|||||||
NIP/NIK. 197702242012121001 |
NIP/NIK. 199110232019031013 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-1) Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius (S-3) Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa serta turut menjaga (S-4) Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara berdasarkan Pancasila (S-5) Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (S-8) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S-9) Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-4) Menguasai referensi teknis (codes) dan standar konstruksi yang berlaku di wilayah kerjanya (P-6) Menguasai pengetahuan teknik berkomunikasi (lisan, laporan teknis, dan grafis) (P-7) Menguasai pengetahuan faktual tentang perkembangan di bidang teknologi bangunan gedung |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-1) Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya (KU-2) Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-3) Mampu membuat rancangan teknis2 (engineering design) bangunan sipil dengan skala terbatas, yang memenuhi standar konstruksi |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CP-MK 1 : Mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan Jenis-jenis dan syarat-syarat Bahan konstruksi berdasarkan sifat fisik dan mekanisnya. CP-MK 2 : Mahasiswa dapat memahami dan m enjelaskan Syarat dan Prosedur Pengujian Bahan Konstruksi CP-MK 3 : Mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan metode pemeliharaan dan perawatan bahan konstruksi |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub CP-MK1 : Mahasiswa mengenal tipe bahan konstruksi dan material pada bangunan sederhana, bangunan tinggi dan infrastruktur sipil lainnya Sub CP-MK2 : Mahasiswa memahami tentang jenis, fungsi, syarat dan pengujian dan pemanfaatan semen Sub CP-MK3 : Mahasiswa memahami tentang jenis, fungsi, syarat dan pengujian dan pemanfaatan agregat kasar Sub CP-MK4 : Mahasiswa memahami tentang jenis, fungsi, syarat dan pengujian dan pemanfaatan agregat halus Sub CP-MK5 : Mahasiswa memahami tentang jenis, fungsi, syarat dan pengujian slump dan beton Sub CP-MK6 : Mahasiswa memahami tentang jenis, fungsi, syarat dan pemanfaatan bahan besi dan baja Sub CP-MK7 : Mahasiswa memahami tentang jenis, fungsi, syarat dan pemanfaatan bahan baja ringan Sub CP-MK8 : Mahasiswa memahami tentang jenis, fungsi, syarat dan pemanfaatan bahan penutup Sub CP-MK9 : Mahasiswa memahami tentang jenis, fungsi, syarat dan pemanfaatan bahan pumbing Sub CP-MK10 : Mahasiswa memahami tentang jenis, fungsi, syarat dan pemanfaatan bahan admixture dan additive Sub CP-MK11 : Mahasiswa memahami tentang metode pemeliharaan dan perawatan bahan konstruksi |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Teknologi Bahan mempelajari mengenai jenis/tipe, syarat dan fungsi bahan-bahan kontruksi yang meliputi semen, agregat halus, agregat kasar, slump test, bahan penutup, besi/baja, baja ringan, additive dan admixture. | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
1. Pengenalan tipe bahan konstruksi dan material pada bangunan sederhana, bangunan tinggi dan infrastruktur |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : Media : Infocus, Papan Tulis |
|||||||
Dosen Pengampu |
Emil Azmanajaya, |
Mata Kuliah |
Teknologi Bahan |
|||
Kode Mata Kuliah |
TS110922 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub CP-MK1 : Mahasiswa mengenal tipe bahan konstruksi dan material pada bangunan sederhana, bangunan tinggi dan infrastruktur sipil lainnya |
|
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. |
Case Based Learning (CBL), diskusi, dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa. TM 1x (2x50') |
Pembahasan Kontrak Perkuliahan dan Protokol Kesehatan selama perkuliahan Pengenalan Teknologi Bahan :
Pustaka :
|
5 |
|||
2 | Sub CP-MK2 : Mahasiswa memahami tentang jenis, fungsi, syarat dan pengujian dan pemanfaatan semen |
Mahasiswa mampu mengklasifikasikan jenis-jenis semen sebagai bahan konstruksi |
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. |
TM 1x (2x50') |
Material pembentuk beton :
Pustaka :
|
5 |
|||
3 | Sub CP-MK3 : Mahasiswa memahami tentang jenis, fungsi, syarat dan pengujian dan pemanfaatan agregat kasar |
|
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. |
TM 1x (2x50') |
Agregat Kasar :
Pustaka :
|
5 |
|||
4 | Sub CP-MK4 : Mahasiswa memahami tentang jenis, fungsi, syarat dan pengujian dan pemanfaatan agregat halus |
|
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. |
Case Based Learning (CBL), diskusi, dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa. TM 1x (2x50') |
Agregat Halus :
Pustaka :
|
5 |
|||
5 | Sub CP-MK5 : Mahasiswa memahami tentang jenis, fungsi, syarat dan pengujian slump dan beton |
|
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. |
Case Based Learning (CBL), diskusi, dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa. TM 1x (2x50') |
Slump :
Pustaka :
|
5 |
|||
6,7 | Sub CP-MK6 : Mahasiswa memahami tentang jenis, fungsi, syarat dan pemanfaatan bahan besi dan baja |
Mahasiswa mampu menjelaskan jenis-jenis baja kontruksi berdasarkan sifat fisiknya |
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. |
Case Based Learning (CBL), diskusi, dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa. TM 1x (2x50') |
Pustaka :
|
5 |
|||
Sub CP-MK6 : Mahasiswa memahami tentang jenis, fungsi, syarat dan pemanfaatan bahan besi dan baja |
Mahasiswa mampu menjelaskan jenis-jenis baja kontruksi berdasarkan sifat fisiknya |
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. |
Case Based Learning (CBL), diskusi, dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa. TM 1x (2x50') |
Pustaka :
|
5 |
||||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
10 |
|||||||
9,10 | Sub CP-MK7 : Mahasiswa memahami tentang jenis, fungsi, syarat dan pemanfaatan bahan baja ringan |
|
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. |
Project Based Learning (PBL), diskusi, dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa. TM 1x (2x50') |
Baja Ringan :
Pustaka :
|
5 |
|||
Sub CP-MK7 : Mahasiswa memahami tentang jenis, fungsi, syarat dan pemanfaatan bahan baja ringan |
|
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. |
Case Based Learning (CBL), diskusi, dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa. TM 1x (2x50') |
Baja Ringan : Bahan Baku Produk Baja Canai Dingin (Cold Rolled) Pustaka :
|
5 |
||||
11 | Sub CP-MK8 : Mahasiswa memahami tentang jenis, fungsi, syarat dan pemanfaatan bahan penutup |
Mahasiswa mampu menyebutkan jenis-jenis bahan dinding dan bahan penutup lantai |
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. |
Case Based Learning (CBL), diskusi, dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa. TM 1x (2x50') |
Material penutup dinding dan penutup lantai Pustaka :
|
5 |
|||
12,13 | Sub CP-MK9 : Mahasiswa memahami tentang jenis, fungsi, syarat dan pemanfaatan bahan pumbing |
|
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. |
Project Based Learning (PBL), diskusi, dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa. TM 1x (2x50') |
Plumbing :
Pustaka : Mulyono,T,2003. Teknologi Bahan.Yogyakarta : Andi |
5 |
|||
Sub CP-MK9 : Mahasiswa memahami tentang jenis, fungsi, syarat dan pemanfaatan bahan pumbing |
|
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. |
Project Based Learning (PBL), diskusi, dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa. TM 1x (2x50') |
Plumbing :
Pustaka :
|
5 |
||||
14 | Sub CP-MK10 : Mahasiswa memahami tentang jenis, fungsi, syarat dan pemanfaatan bahan admixture dan additive |
|
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. |
Project Based Learning (PBL), diskusi, dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa. TM 1x (2x50') |
Pustaka :
|
5 |
|||
15 | Sub CP-MK11 : Mahasiswa memahami tentang metode pemeliharaan dan perawatan bahan konstruksi |
|
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. |
Case Based Learning (CBL), diskusi, dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa. TM 1x (2x50') |
Perawatan dan Pemeliharaan :
Pustaka :
|
5 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
20 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Emil Azmanajaya lahir di Jambi pada tanggal 24-02-1977 Jabatan fungsional Lektor Kepala Jurusan TEKNIK SIPIL Program Studi Teknik Sipil |
|