.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:hadi.hermansyah@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 1:28 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK SIPIL |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNOLOGI REKAYASA KONSTRUKSI JALAN DAN JEMBATAN |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2024/2025 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Hidrolika |
JJ110922 |
2 |
0 |
2 |
28 |
1 |
06-09-2024 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Hadi Hermansyah S.Si., M.Si. |
Mohamad Isram M. Ain S.T., M.Sc. |
|||||||
NIP/NIK. 198306192014041001 |
NIP/NIK. 198903052022031010 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-8) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-2) Menguasai prinsip dan teknik perancangan rekayasa meliputi ilmu bahan, mekanika (mekanika teknik, mekanika tanah, mekanika fluida), sistem transportasi darat, hidrologi, rekayas geoteknik, rekayasa jalan, rekayasa struktur jembatan, rekayasa konstruksi, dan rekayas lingkungan jalan |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-2) Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur (KU-8) Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-3) Mampu mengelola survey (merencanakan, mengimplementasikan, mengendalikan) dan interpretasi data (tata guna lahan, kontur, lalu lintas, hidrologi), uji dan analisa kelaikan tanah (geoteknik), uji dan analisa material, untuk menghasilkan perancangan teknik rinci sesuai dengan norma-standar-pedoman dan manual 3 |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CPMK 1 : Mampu mendesain saluran terbuka dan saluran tertutup secara manual dan menggunakan software dengan sistematis, baik dan benar (CPLKK3) |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub CP-MK 1 : Mampu menjelaskan peran hidraulika dan mengidentifikasi sifat - sifat fluida Sub CP-MK 2 : Mampu menganalisis jenis - jenis aliran, karakteristik aliran dan parameter aliran pada saluran terbuka Sub CP-MK 3 : Mampu menganalisis jenis-jenis aliran Berubah Beraturan Lambat Laun (ABLL) Sub CP-MK 4 : Mampu menganalisis jenis aliran Berubah Beraturan Tiba-Tiba (ABTT) Sub CP-MK 5 : Mampu mengetahui metode pengukuran kecepatan aliran pada saluran terbuka Sub CP-MK 6 : Mampu merencanakan desain saluran dengan software EPANET 2.0 |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Hidrolika mempelajari saluran terbuka meliputi jenis dan karakteristik aliran, disain profil saluran terbuka, aliran seragam, aliran berubah lambat laun (ABLL)dan aliran berubah tiba-tiba (ABTT). Hidrolika saluran tertutup terdiri atas pengenalan software EPANET 2.0, perancangan jaringan perpipaan, simulasi model jaringan pipa, dan interpretasi simulasi model. Pada mata kuliah ini juga dibahas mengenai alat ukur yang digunakan untuk mengukur debit pada saluran terbuka. | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Jenis dan karakteristik aliran di saluran terbuka Aliran Seragam Aliran Berubah Beraturan Lambat Laun (ABLL) Aliran Berubah Beraturan Tiba- Tiba (ABTT) Alat Ukur Debit di Saluran Terbuka dan Saluran Tertutup Pengenalan Software EPANET 2.0 Perencanaan Jaringan Pipa menggunakan Software EPANET 2.0 Simulasi dan Interpretasi Model Jaringan Pipa menggunakan Software EPANET 2. Interpretasi hasil Pemodelan dan Pemecahan Masalah Jaringan Perpipaan menggunakan Software EPANET 2. |
|||||||
Pustaka |
|
|||||||
Media Pembelajaran |
|
|||||||
Dosen Pengampu |
Mariatul Kiptiah, |
Mata Kuliah |
Hidrolika |
|||
Kode Mata Kuliah |
JJ110922 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub CP-MK 1 : Mampu menjelaskan peran hidraulika dan mengidentifikasi sifat - sifat fluida |
|
Sikap, keaktifan, tes tertulis/lisan |
BM, 2x60menit - Merangkum materi pertemuan
TM, 2 x 50 menit. - Pemaparan materi - Diskusi
Tugas, 2 x 60 menit.
Karateristik pembelajaran : Interaktif, Integratif, Kolaboratif, Berpusat pada mahasiswa
|
Difinisi dan peran hidraulika Pengenalan Mekanika Fluida dan Hidrolika :
1. Bambang Triatmodjo., 2001. Hidraulika I, Beta Offset, Yogyakarta. |
2 |
|||
2 | Sub CP-MK 2 : Mampu menganalisis jenis - jenis aliran, karakteristik aliran dan parameter aliran pada saluran terbuka |
|
Sikap, keaktifan, tes tertulis/lisan |
BM, 2x60menit - Merangkum materi pertemuan TM, 2 x 50 menit. - Pemaparan materi - Diskusi Tugas, 2 x 60 menit. Karateristik pembelajaran : Interaktif, Integratif, Kolaboratif, Berpusat pada mahasiswa
|
|
5 |
|||
3 | Sub CP-MK 2 : Mampu menganalisis jenis - jenis aliran, karakteristik aliran dan parameter aliran pada saluran terbuka |
|
Sikap, keaktifan, tes tertulis/lisan |
BM, 2x60menit - Merangkum materi pertemuan TM, 2 x 50 menit. - Pemaparan materi - Diskusi Tugas, 2 x 60 menit. Karateristik pembelajaran : Interaktif, Integratif, Kolaboratif, Berpusat pada mahasisw |
|
2 |
|||
4 | Sub CP-MK 2 : Mampu menganalisis jenis - jenis aliran, karakteristik aliran dan parameter aliran pada saluran terbuka |
|
Sikap, keaktifan, tes tertulis/lisan |
BM, 2x60menit - Merangkum materi pertemuan TM, 2 x 50 menit. - Pemaparan materi - Diskusi Tugas, 2 x 60 menit. Karateristik pembelajaran : Interaktif, Integratif, Kolaboratif, Berpusat pada mahasiswa |
|
3 |
|||
5 | Sub CP-MK 2 : Mampu menganalisis jenis - jenis aliran, karakteristik aliran dan parameter aliran pada saluran terbuka |
|
Sikap, keaktifan, tes tertulis/lisan |
BM, 2x60menit - Merangkum materi pertemuan TM, 2 x 50 menit. - Pemaparan materi - Diskusi Tugas, 2 x 60 menit. Karateristik pembelajaran : Interaktif, Integratif, Kolaboratif, Berpusat pada mahasiswa |
1. Kecepatan aliran menggunakan persamaan Chezy dan Strikcler
|
3 |
|||
6 | Sub CP-MK 2 : Mampu menganalisis jenis - jenis aliran, karakteristik aliran dan parameter aliran pada saluran terbuka |
|
Sikap, keaktifan, tes tertulis/lisan |
BM, 2x60menit - Merangkum materi pertemuan TM, 2 x 50 menit. - Pemaparan materi - Diskusi Tugas, 2 x 60 menit. Karateristik pembelajaran : Interaktif, Integratif, Kolaboratif, Berpusat pada mahasiswa |
|
3 |
|||
7 | Sub CP-MK 3 : Mampu menganalisis jenis-jenis aliran Berubah Beraturan Lambat Laun (ABLL) |
|
Sikap, keaktifan, tugas |
BM, 2x60menit - Merangkum materi pertemuan TM, 2 x 50 menit. - Pemaparan materi - Diskusi Tugas, 2 x 60 menit. Karateristik pembelajaran : Interaktif, Integratif, Kolaboratif, Berpusat pada mahasiswa |
|
3 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
30 |
|||||||
9 | Sub CP-MK 3 : Mampu menganalisis jenis-jenis aliran Berubah Beraturan Lambat Laun (ABLL) |
|
Sikap, keaktifan, tugas |
BM, 2x60menit - Merangkum materi pertemuan TM, 2 x 50 menit. - Pemaparan materi - Diskusi Tugas, 2 x 60 menit. Karateristik pembelajaran : Interaktif, Integratif, Kolaboratif, Berpusat pada mahasiswa |
|
2 |
|||
10 | Sub CP-MK 4 : Mampu menganalisis jenis aliran Berubah Beraturan Tiba-Tiba (ABTT) |
|
Sikap, keaktifan, tes tertulis/lisan |
BM, 2x60menit - Merangkum materi pertemuan TM, 2 x 50 menit. - Pemaparan materi - Diskusi Tugas, 2 x 60 menit. Karateristik pembelajaran : Interaktif, Integratif |
|
2 |
|||
11 | Sub CP-MK 4 : Mampu menganalisis jenis aliran Berubah Beraturan Tiba-Tiba (ABTT) |
|
Sikap, keaktifan, tes tertulis/lisan |
BM, 2x60menit - Merangkum materi pertemuan TM, 2 x 50 menit. - Pemaparan materi - Diskusi Tugas, 2 x 60 menit. Karateristik pembelajaran : Interaktif, Integratif, Kolaboratif, Berpusat pada mahasiswa |
|
2 |
|||
12 | Sub CP-MK 5 : Mampu mengetahui metode pengukuran kecepatan aliran pada saluran terbuka |
|
Sikap, keaktifan, tes tertulis/lisan |
BM, 2x60menit - Merangkum materi pertemuan ke-12 TM, 2 x 50 menit. - Pemaparan materi - Diskusi Tugas, 2 x 60 menit. Karateristik pembelajaran : Interaktif, Integratif, Kolaboratif, Berpusat pada mahasiswa |
|
2 |
|||
13 | Sub CP-MK 6 : Mampu merencanakan desain saluran dengan software EPANET 2.0 |
|
Sikap, keaktifan, tugas |
CBL (Studi Kasus) BM, 2x60menit - Merangkum materi TM, 2 x 50 menit. - Pemaparan materi - Diskusi Tugas, 2 x 60 menit. Karateristik pembelajaran : Kontekstual, efektif, kolaboratif |
|
3 |
|||
14 | Sub CP-MK 6 : Mampu merencanakan desain saluran dengan software EPANET 2.0 |
|
Sikap, keaktifan, dan tugas |
CBL (Studi Kasus) BM, 2x60menit - Merangkum materi TM, 2 x 50 menit. - Pemaparan materi - Diskusi Tugas, 2 x 60 menit. Karateristik pembelajaran : Kontekstual, efektif, kolaboratif |
|
4 |
|||
15 | Sub CP-MK 6 : Mampu merencanakan desain saluran dengan software EPANET 2.0 |
|
Menginterpretasikan dan memecahkan masalah dalam jaringan perpipaan |
CBL (Studi Kasus) BM, 2x60menit - Merangkum materi TM, 2 x 50 menit. - Pemaparan materi - Diskusi Tugas, 2 x 60 menit. Karateristik pembelajaran : Kontekstual, efektif, kolaboratif |
|
4 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
30 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Hadi Hermansyah lahir di Bima pada tanggal Jabatan fungsional Lektor Kepala Jurusan TEKNIK SIPIL Program Studi Teknik Sipil |
|