.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:lilik.damayanti@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 1:48 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK SIPIL |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNIK SIPIL |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2024/2025 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Bahasa Inggris I |
TS110222 |
2 |
0 |
2 |
28 |
1 |
02-09-2024 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Lilik Damayanti S.S., M.Hum. |
Ezra Hartarto Pongtuluran S.T., M.Eng. |
|||||||
NIP/NIK. 198203122021212005 |
NIP/NIK. 199110232019031013 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-4) Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara berdasarkan Pancasila |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-6) Menguasai pengetahuan teknik berkomunikasi (lisan, laporan teknis, dan grafis) |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-1) Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
Mahasiswa mampu menerapkan strategi membaca yang tepat dan membuat serta mendemonstrasikan teks deskriptif, prosedural dan argumentatif sesuai dengan unsur-unsur kalimat dan tata bahasa baku bahasa Inggris. |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub CP-MK1: Mampu menjelaskan mengenai learning strategy, evaluation, learning contract, and introduction to general English. Sub CP-MK2: Mampu menerapkan strategi membaca yaitu skimming. Sub CP-MK3: Mampu menerapkan strategi membaca yaitu scanning. Sub CP-MK4: Mampu mengembangkan pemahaman kosa kata (building vocabulary). Sub CP-MK5: Mampu mengidentifikasi elemen yang ada pada paragraf. Sub CP-MK6: Mampu mengidentifikasi perbedaan antara inferensi dan kesimpulan. Sub CP-MK7: Mampu membuat inferensi. Ujian Tengah Semester Sub CP-MK8: Mampu menulis teks deskriptif. Sub CP-MK9: Mampu mendemonstrasikan teks deskriptif. Sub CP-MK10: Mampu menulis teks prosedural. Sub CP-MK11: Mampu melakukan demonstrative speech. Sub CP-MK12: Mampu menulis teks argumentatif. Sub CP-MK13: Mampu mendemonstrasikan argumentative speech. Sub CP-MK14: Mampu mengerjakan TOEIC simulation pada bagian reading. Ujian Akhir Semester |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Bahasa Inggris 1 mempelajari strategi membaca, pemahaman kosakata, paragraf, kesimpulan, dan inferensi sebagai persiapan menghadapi test TOEIC. Selain itu, juga mempelajari beberapa jenis teks yaitu teks deskriptif, prosedural, dan argumentatif. | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Introduction to General English |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: 1. Arsyad, Azhar (2015). Dasar-dasar Penguasaan Bahasa Inggris melalui your basic vocabulary, Pustaka Pelajar. Yogyakarta. 2. Sayer, M., Soars, J., and Soars, L., Headway, (2000). Pre-Intermediate Students Book. Oxford University Press. Oxford. 3. Moh. Alip, dkk (2006). English for Faculty of Engineering. 4. Preparation and practice Exam TOEIC (2015). Genta Group Production. |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : Microsoft PowerPoint slide Alat: Whiteboard, Laptop, LCD |
|||||||
Dosen Pengampu |
Lilik Damayanti, |
Mata Kuliah |
Bahasa Inggris I |
|||
Kode Mata Kuliah |
TS110222 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub CP-MK1: Mampu menjelaskan mengenai learning strategy, evaluation, learning contract, and introduction to general English. |
Ketepatan menjelaskan poin penting pembelajaran dan memiliki motivasi dalam mempelajari Bahasa Inggris 1 |
Kriteria: Sikap dan Keaktifan (Rubrik Afektif) Bentuk penilaian: 1. Tes lisan 2. Observasi |
Ceramah Tanya-Jawab
BM 1 x 60 menit (Membaca learning contract dan RPS di BLP)
TM 1 x 50 menit Pemaparan learning contract dan pengenalan Bahasa Inggris secara umum
BT 1 x 60 menit Mengerjakan fill in the blank exercise |
Introduction to General English Daftar pustaka 1 |
3 |
|||
2 | Sub CP-MK2: Mampu menerapkan strategi membaca yaitu skimming. |
Mahsiswa mampu menjelaskan dan menguasai strategi membaca cepat menggunakan metode skimming. |
Kriteria: Sikap dan Keaktifan Soal Pilihan Ganda Bentuk penilaian:
|
Ceramah Tanya-Jawab Diskusi
BM 1 x 60 menit (Menonton video pada platform Youtube dan membuat mind map)
TM 1 x 50 menit Pemaparan materi
BT 1 x 60 menit Mengerjakan multiple choice |
High-speed reading technique: skimming Daftar pustaka 1 |
3 |
|||
3 | Sub CP-MK3: Mampu menerapkan strategi membaca yaitu scanning. |
Mahasiswa mampu menerapkan strategi membaca yaitu scanning. |
Kriteria: Sikap dan Keaktifan Soal Pilihan Ganda Bentuk penilaian:
|
Ceramah Tanya-Jawab Diskusi
BM 1 x 60 menit (Menonton video pada platform Youtube dan membuat mind map)
TM 1 x 50 menit Pemaparan materi
BT 1 x 60 menit Mengerjakan multiple choice |
Vocabulary Building: Unfamiliar vocabulary Synonym and Antonym Daftar Pustaka 1 |
3 |
|||
4 | Sub CP-MK4: Mampu mengembangkan pemahaman kosa kata (building vocabulary). |
Mahasiswa mampu menjelaskan tentang jenis dan sistem kosakata bahasa Inggris untuk menunjang kemampuan dan ketrampilan berkomunikasi lisan dan tulisan dalam bahasa Inggris yang baik dan benar. Mahasiswa mampu menjelaskan makna kata sulit dengan menggunakan petunjuk konteks. |
Sikap dan Keaktifan Soal Pilihan Ganda Soal Fill in the Blank Bentuk penilaian:
|
Ceramah Tanya-Jawab Diskusi
BM 1 x 60 menit (Menonton video pada platform Youtube dan membuat mind map)
TM 1 x 50 menit Pemaparan materi
BT 1 x 60 menit Mengerjakan multiple choice |
Vocabulary Building: Unfamiliar vocabulary Synonym and Antonym Daftar Pustaka 1 |
3 |
|||
5 | Sub CP-MK5: Mampu mengidentifikasi elemen yang ada pada paragraf. |
Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian main idea, topic dan title. Mahasiswa mampu menentukan main idea, topic dan title. |
Sikap dan Keaktifan Soal Pilihan Ganda Bentuk penilaian:
|
Ceramah Tanya-Jawab Diskusi
BM 1 x 60 menit (Menonton video pada platform Youtube dan membuat mind map)
TM 1 x 50 menit Pemaparan materi
BT 1 x 60 menit Mengerjakan multiple choice |
Elements of Paragraph: Main Idea Topic Sentence Supporting Sentences Concluding Sentences Daftar Pustaka 2 |
4 |
|||
6 | Sub CP-MK6: Mampu mengidentifikasi perbedaan antara inferensi dan kesimpulan. |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep inferensi dan kesimpulan. Mahasiswa mampu mengidentifikasi perbedaan inferensi dan kesimpulan dalam sebuah teks. |
Sikap dan Keaktifan Soal Pilihan Ganda Presentasi Bentuk penilaian:
|
Ceramah Tanya-Jawab Diskusi
BM 1 x 60 menit (Menonton video pada platform Youtube dan membuat mind map)
TM 1 x 50 menit Pemaparan materi
BT 1 x 60 menit Mengerjakan multiple choice |
Konsep Inferensi dan Kesimpulan Daftar Pustaka 2 |
3 |
|||
7 | Sub CP-MK7: Mampu membuat inferensi. |
Mahasiswa mampu membuat inferensi dalam sebuah teks bacaan. |
Sikap dan Keaktifan Soal Pilihan Ganda Bentuk penilaian:
|
Ceramah Tanya-Jawab Diskusi
BM 1 x 60 menit (Menonton video pada platform Youtube dan membuat mind map)
TM 1 x 50 menit Pemaparan materi
BT 1 x 60 menit Mengerjakan multiple choice |
Konsep Inferensi Steps in making inferences Daftar Pustaka 2 |
4 |
|||
8 | Ujian Tengah Semester |
|
20 |
||||||
9 | Sub CP-MK8: Mampu menulis teks deskriptif. |
Mahasiswa mampu mempraktekkan menulis teks yang berisi tentang deksripsi object. |
Sikap dan Keaktifan Menulis Essay/Teks Bentuk penilaian:
|
Ceramah Tanya-Jawab Diskusi
BM 1 x 60 menit (Menonton video pada platform Youtube dan membuat mind map)
TM 1 x 50 menit Pemaparan materi
BT 1 x 60 menit Menulis teks descriptive |
Definition of Descriptive Text Characteristics of Descriptive Text (The use of Simple Present) Generic Structure Daftar Pustaka 2 dan 3 |
4 |
|||
10 | Sub CP-MK9: Mampu mendemonstrasikan teks deskriptif. |
Mahasiswa mampu mendeskripsikan object (things) secara lisan dengan baik dan benar. |
Sikap dan Keaktifan Presentasi Bentuk penilaian:
|
Ceramah Tanya-Jawab Diskusi
BM 1 x 60 menit (Menonton video pada platform Youtube dan membuat mind map)
TM 1 x 50 menit Pemaparan materi
BT 1 x 60 menit Membuat video describing things |
Ciri dan elemen teks deskriptif "How-to" speech Daftar Pustaka 2 dan 3 |
4 |
|||
11 | Sub CP-MK10: Mampu menulis teks prosedural. |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep procedural text. Mahasiswa mampu mempraktekkan menulis teks procedural. |
Sikap dan Keaktifan Menulis teks procedural Bentuk penilaian:
|
Ceramah Tanya-Jawab Diskusi
BM 1 x 60 menit (Menonton video pada platform Youtube dan membuat mind map)
TM 1 x 50 menit Pemaparan materi
BT 1 x 60 menit Membuat poster tentang procedural text. |
Defnition of Procedural Text Characteristics Generic Structure Daftar Pustaka 2 dan 3 |
4 |
|||
12 | Sub CP-MK11: Mampu melakukan demonstrative speech. |
Mahasiswa mampu melakukan demonstrative speech dengan baik dan benar. |
Sikap dan Keaktifan Presentasi Bentuk penilaian:
|
Ceramah Tanya-Jawab Diskusi
BM 1 x 60 menit (Menonton video pada platform Youtube dan membuat mind map)
TM 1 x 50 menit Pemaparan materi
BT 1 x 60 menit Membuat video demonstrative speech |
Demonstrative Speech: Definition Benefits How to Daftar Pustaka 2 dan 3 |
4 |
|||
13 | Sub CP-MK12: Mampu menulis teks argumentatif. |
Mahasiswa mampu mempraktekkan menulis teks argumentatif. |
Sikap dan Keaktifan Menulis teks argumentatif Bentuk penilaian:
|
Ceramah Tanya-Jawab Diskusi
BM 1 x 60 menit (Menonton video pada platform Youtube dan membuat mind map)
TM 1 x 50 menit Pemaparan materi
BT 1 x 60 menit Mengerjakan fill in the blank exercise |
Argumentative Text Definition Structure Example/How to Daftar Pustaka 2 dan 3 |
4 |
|||
14 | Sub CP-MK13: Mampu mendemonstrasikan argumentative speech. |
Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip argumentative speech. Mahasiswa mampu mendemonstrasikan argumentative speech dengan baik dan benar. |
Sikap dan Keaktifan Debate Bentuk penilaian:
|
Ceramah Tanya-Jawab Diskusi
BM 1 x 60 menit (Menonton video pada platform Youtube dan membuat mind map)
TM 1 x 50 menit Pemaparan materi
BT 1 x 60 menit Mengerjakan multiple choice |
Argumentative speech: Definition Principles How to... Daftar Pustaka 2 dan 3 |
4 |
|||
15 | Sub CP-MK14: Mampu mengerjakan TOEIC simulation pada bagian reading. |
Mahasiswa mampu mengerjakan soal reading comprehension pada TOEIC. |
Soal multiple choice Bentuk penilaian:
|
Ceramah Tanya-Jawab Diskusi
BM 1 x 60 menit (Mempelajari soal-soal reading TOEIC)
TM 1 x 50 menit Pemaparan materi
BT 1 x 60 menit Mengerjakan multiple choice |
Soal Reading Comprehension of TOEIC Daftar Pustaka 4 |
3 |
|||
16 | Ujian Akhir Semester |
|
30 |
||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Lilik Damayanti lahir di Polmas pada tanggal 12-03-1982 Jabatan fungsional Lektor Jurusan TEKNIK SIPIL Program Studi Teknik Sipil |
|