.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:angga.wahyu@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 3:48 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK ELEKTRO |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNOLOGI LISTRIK |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2024/2025 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Workshop Elektronika Daya |
TL230222 |
0 |
2 |
2 |
84 |
3 |
03-09-2024 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Angga Wahyu Aditya S.ST., M.T. |
Hadiyanto S.T., M. Eng. |
|||||||
NIP/NIK. 199411012019031015 |
NIP/NIK. 198007082014041001 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-1) bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius (S-9) menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri, dan |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-3) Menguasai pengetahuan tentang perangkat pemrograman, simulasi dan penggunaan teknologi informasi untuk rekayasa dan penyelesaian pekerjaan bidang instrumentasi dan sistem kendali. (P-8) Menguasai pengetahuan tentang SOP perbengkelan, aktivitas laboratorium dan K3. |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-2) mampu menunjukkan kinerja bermutu dan terukur (KU-4) mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih serta mengomunikasikan-nya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan (KU-8) mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-4) Mampu melaksanakan pemasangan dan pengawasan instalasi listrik sesuai dengan gambar rancangan. |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CPMK 1: Mampu membuat dan mendemonstrasikan AC to DC Converter terkendali (Controlled) dan tidak terkendali (Uncontrolled) CPMK 2: Mampu membuat dan mendemonstrasikan DC to AC Converter satu fasa tidak terkendali (Uncontrolled) |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub-CPMK 1: Mampu memahami dan mematuhi Standar Operasional Prosedur Laboratorium. Sub-CPMK 2: Mampu mendesain AC to DC Converter tidak terkendali (Uncontrolled) Sub-CPMK 3: Mampu merakit Hardware (Perangkat Keras) AC to DC Converter tidak terkendali (Uncontrolled) Sub-CPMK 4: Mampu menguji performa AC to DC Converter tidak terkendali (Uncontrolled) Sub-CPMK 5: Mampu menyusun laporan akhir project AC to DC Converter tidak terkendali (Uncontrolled) Sub-CPMK 6: Mampu mendesain AC to DC Converter terkendali (Controlled) Sub-CPMK 7: Mampu merakit hardware (perangkat keras) AC to DC Converter terkendali (Controlled) Sub-CPMK 8: Mampu membuat dan mengubah program AC to DC Converter terkendali (Controlled) Sub-CPMK 9: Mampu menguji performa AC to DC Converter terkendali (Controlled) Sub-CPMK 10: Mampu menyusun laporan akhir project AC to DC Converter terkendali (Controlled) Sub-CPMK 11: Mampu mendesain DC to AC Converter (Inverter 1 Phasa) Sub-CPMK 12: Mampu merakit hardware (perangkat keras) DC to AC Converter (Inverter 1 Phasa) Sub-CPMK 13: Mampu membuat dan mengubah program DC to AC Converter (Inverter 1 Phasa) Sub-CPMK 14: Mampu menguji performa DC to AC Converter (Inverter 1 Phasa) Sub-CPMK 15: Mampu menyusun laporan akhir project DC to AC Converter (Inverter 1 Phasa) Sub-CPMK 16: Mampu mempresentasikan dan mengevaluasi project perangkat konversi daya |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Workshop Elektronika Daya mempelajari: 1. Pengantar Project Workshop Elektronika Daya dan Pengenalan Peraturan Laboratorium; 2. Design AC to DC Converter (Uncontrolled); 3. Perakitan Hardware AC to DC Converter (Uncontrolled); 4. Pengujian Performa AC to DC Converter (Uncontrolled); 5. Penyusunan Laporan Akhir Project AC to DC Converter (Uncontrolled); 6. Design AC to DC Converter (Controlled); 7. Perakitan Hardware AC to DC Converter (Controlled); 8. Pemrograman DC to AC Converter (Controlled); 9. Pengujian Performa AC to DC Converter (Controlled); 10. Penyusunan Laporan Akhir Project AC to DC Converter (Controlled); 11. Design DC to AC Converter ( Inverter 1 Phasa); 12. Perakitan Hardware DC to AC Converter ( Inverter 1 Phasa); 13. Pemrograman DC to AC Converter ( Inverter 1 Phasa); 14. Pengujian Performa DC to AC Converter ( Inverter 1 Phasa); 15. Penyusunan Laporan Akhir Project DC to AC Converter ( Inverter 1 Phasa); 16. Presentasi, Penilaian dan Evaluasi Project. |
|||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
1. Pengantar Project Workshop Elektronika Daya dan Pengenalan Peraturan Laboratorium |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: 1. Hart, D. W., 2010. Power Electronics. New
York: Mc. Graw Hill.
|
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : Komponen Semiconductor Transformator Step Down Modul STM32F407VG DC Power Supply Power Diode |
|||||||
Dosen Pengampu |
Angga Wahyu Aditya, |
Mata Kuliah |
Workshop Elektronika Daya |
|||
Kode Mata Kuliah |
TL230222 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub-CPMK 1: Mampu memahami dan mematuhi Standar Operasional Prosedur Laboratorium. |
Ketepatan dalam memahami dan mematuhi Standar Operasional Prosedur Laboratorium |
Kriteria : Rubrik alternative assessment Rubrik Psikomotor
Bentuk Penilaian : RTM 1 (AC to DC Converter tidak Terkendali) Teknik non-test
|
Metode Pembelajaran : Kuliah Daring Berpusat pada mahasiswa Project Based Learning (PjBL)
Estimasi Waktu : P = 1 mg x [2x170’] |
1. Pengantar Project Workshop Elektronika Daya dan Pengenalan Peraturan Laboratorium SOP Laboratorium M. H. Rasyid, 1993, Elektronika daya, PT Prenhallindo, Jakarta. Hart, D. W., 2010. Power Electronics. New York: Mc. Graw Hill. |
3 |
|||
2 | Sub-CPMK 2: Mampu mendesain AC to DC Converter tidak terkendali (Uncontrolled) |
Ketepatan pembuatan desain AC to DC Converter tidak terkendali (Uncontrolled) |
Kriteria : Rubrik alternative asessment
Bentuk Penilaian : RTM 1 (AC to DC Converter tidak Terkendali) Teknik non-test Tugas: Desain rangkaian (4%) |
Metode Pembelajaran : Kuliah Luring Berpusat pada mahasiswa Project Based Learning (PjBL)
Estimasi Waktu : P = 1 mg x [2x170’] |
2. Design AC to DC Converter (Uncontrolled) Hart, D. W., 2010. Power Electronics. New York: Mc. Graw Hill. |
4 |
|||
3 | Sub-CPMK 3: Mampu merakit Hardware (Perangkat Keras) AC to DC Converter tidak terkendali (Uncontrolled) |
Ketepatan merakit hardware AC to DC Converter tidak terkendali (Uncontrolled) |
Kriteria : Rubrik Psikomotor Rubrik alternative asessment
Bentuk Penilaian : RTM 1 (AC to DC Converter tidak Terkendali) Teknik non-test
|
Metode Pembelajaran : Kuliah Luring Berpusat pada mahasiswa Project Based Learning (PjBL)
Estimasi Waktu : P = 1 mg x [2x170’] |
3. Perakitan Hardware AC to DC Converter (Uncontrolled) Hart, D. W., 2010. Power Electronics. New York: Mc. Graw Hill. |
6 |
|||
4 | Sub-CPMK 4: Mampu menguji performa AC to DC Converter tidak terkendali (Uncontrolled) |
Ketepatan pengujian performa AC to DC Converter tidak terkendali (Uncontrolled) |
Kriteria : Rubrik Psikomotor Rubrik alternative asessment
Bentuk Penilaian : RTM 1 (AC to DC Converter tidak Terkendali) Teknik non-test
|
Metode Pembelajaran : Kuliah Luring Berpusat pada mahasiswa Project Based Learning (PjBL)
Estimasi Waktu : P = 1 mg x [2x170’] |
4. Pengujian Performa AC to DC Converter (Uncontrolled) M. H. Rasyid, 1993, Elektronika daya, PT Prenhallindo, Jakarta. Hart, D. W., 2010. Power Electronics. New York: Mc. Graw Hill. |
6 |
|||
5 | Sub-CPMK 5: Mampu menyusun laporan akhir project AC to DC Converter tidak terkendali (Uncontrolled) |
Ketepatan penyusunan laporan akhir project AC to DC Converter tidak terkendali (Uncontrolled). |
Kriteria : Rubrik Penilaian Laporan
Bentuk Penilaian : RTM 1 (AC to DC Converter tidak Terkendali) Teknik non-test
|
Metode Pembelajaran : Kuliah Daring Berpusat pada mahasiswa Project Based Learning (PjBL)
Estimasi Waktu : P = 1 mg x [2x170’] |
5. Penyusunan Laporan Akhir Project AC to DC Converter (Uncontrolled) Pedoman Penyusunan Laporan Akhir Hart, D. W., 2010. Power Electronics. New York: Mc. Graw Hill. |
4 |
|||
6 | Sub-CPMK 6: Mampu mendesain AC to DC Converter terkendali (Controlled) |
Ketepatan pembuatan design AC to DC Converter terkendali (Controlled) |
Kriteria : Rubrik alternative asessment
Bentuk Penilaian : RTM 2 (AC to DC Converter Terkendali) Teknik non-test Tugas: Desain rangkaian (4%) |
Metode Pembelajaran : Kuliah Luring Berpusat pada mahasiswa Project Based Learning (PjBL)
Estimasi Waktu : P = 1 mg x [2x170’] |
6. Design AC to DC Converter (Controlled) M. H. Rasyid, 1993, Elektronika daya, PT Prenhallindo, Jakarta. Hart, D. W., 2010. Power Electronics. New York: Mc. Graw Hill. |
4 |
|||
7 | Sub-CPMK 7: Mampu merakit hardware (perangkat keras) AC to DC Converter terkendali (Controlled) |
Ketepatan dalam merakit hardware (perangkat keras) AC to DC Converter terkendali (Controlled) |
Kriteria : Rubrik Psikomotor Rubrik alternative asessment
Bentuk Penilaian : RTM 2 (AC to DC Converter Terkendali) Teknik non-test
|
Metode Pembelajaran : Kuliah Luring Berpusat pada mahasiswa Project Based Learning (PjBL)
Estimasi Waktu : P = 1 mg x [2x170’] |
7. Perakitan Hardware AC to DC Converter (Controlled) M. H. Rasyid, 1993, Elektronika daya, PT Prenhallindo, Jakarta. Hart, D. W., 2010. Power Electronics. New York: Mc. Graw Hill. |
6 |
|||
8 | Sub-CPMK 8: Mampu membuat dan mengubah program AC to DC Converter terkendali (Controlled) |
Ketepatan dalam pembuatan dan pengubahan program AC to DC Converter terkendali (Controlled) |
Kriteria : Rubrik Psikomotor Rubrik alternative asessment
Bentuk Penilaian : RTM 2 (AC to DC Converter Terkendali) Teknik non-test
|
Metode Pembelajaran : Kuliah Luring Berpusat pada mahasiswa Project Based Learning (PjBL)
Estimasi Waktu : P = 1 mg x [2x170’] |
8. Pemrograman DC to AC Converter (Controlled) Hart, D. W., 2010. Power Electronics. New York: Mc. Graw Hill. |
6 |
|||
9 | Sub-CPMK 9: Mampu menguji performa AC to DC Converter terkendali (Controlled) |
Ketepatan pengujian performa AC to DC Converter terkendali (Controlled) |
Kriteria : Rubrik Psikomotor Rubrik alternative asessment
Bentuk Penilaian : RTM 2 (AC to DC Converter Terkendali) Teknik non-test
|
Metode Pembelajaran : Kuliah Luring Berpusat pada mahasiswa Project Based Learning (PjBL)
Estimasi Waktu : P = 1 mg x [2x170’] |
9. Pengujian Performa AC to DC Converter (Controlled) Hart, D. W., 2010. Power Electronics. New York: Mc. Graw Hill. |
6 |
|||
10 | Sub-CPMK 10: Mampu menyusun laporan akhir project AC to DC Converter terkendali (Controlled) |
Ketepatan penyusunan laporan akhir project AC to DC Converter terkendali (Controlled) |
Kriteria : Rubrik Penilaian Laporan
Bentuk Penilaian : RTM 2 (AC to DC Converter Terkendali) Teknik non-test
|
Metode Pembelajaran : Kuliah Daring Berpusat pada mahasiswa Project Based Learning (PjBL)
Estimasi Waktu : P = 1 mg x [2x170’] |
10. Penyusunan Laporan Akhir Project AC to DC Converter (Controlled) Pedoman Penyusunan Laporan Akhir Hart, D. W., 2010. Power Electronics. New York: Mc. Graw Hill. |
4 |
|||
11 | Sub-CPMK 11: Mampu mendesain DC to AC Converter (Inverter 1 Phasa) |
Ketepatan pembuatan design DC to AC Converter (Inverter 1 Phasa) |
Kriteria : Rubrik alternative asessment
Bentuk Penilaian : RTM 3 (DC to AC Converter) Teknik non-test Tugas: Desain rangkaian (4%) |
Metode Pembelajaran : Kuliah Luring Berpusat pada mahasiswa Project Based Learning (PjBL)
Estimasi Waktu : P = 1 mg x [2x170’] |
11. Design DC to AC Converter ( Inverter 1 Phasa) Hart, D. W., 2010. Power Electronics. New York: Mc. Graw Hill. |
4 |
|||
12 | Sub-CPMK 12: Mampu merakit hardware (perangkat keras) DC to AC Converter (Inverter 1 Phasa) |
Ketepatan perakitan hardware (perangkat keras) DC to AC Converter (Inverter 1 Phasa) |
Kriteria : Rubrik Psikomotor Rubrik alternative asessment
Bentuk Penilaian : RTM 3 (DC to AC Converter) Teknik non-test
|
Metode Pembelajaran : Kuliah Luring Berpusat pada mahasiswa Project Based Learning (PjBL)
Estimasi Waktu : P = 1 mg x [2x170’] |
12. Perakitan Hardware DC to AC Converter ( Inverter 1 Phasa) Hart, D. W., 2010. Power Electronics. New York: Mc. Graw Hill. |
6 |
|||
13 | Sub-CPMK 13: Mampu membuat dan mengubah program DC to AC Converter (Inverter 1 Phasa) |
Ketepatan pembuatan dan pengubahan program DC to AC Converter (Inverter 1 Phasa) |
Kriteria : Rubrik Psikomotor Rubrik alternative asessment
Bentuk Penilaian : RTM 3 (DC to AC Converter) Teknik non-test
|
Metode Pembelajaran : Kuliah Luring Berpusat pada mahasiswa Project Based Learning (PjBL)
Estimasi Waktu : P = 1 mg x [2x170’] |
13. Pemrograman DC to AC Converter ( Inverter 1 Phasa) Hart, D. W., 2010. Power Electronics. New York: Mc. Graw Hill. |
6 |
|||
14 | Sub-CPMK 14: Mampu menguji performa DC to AC Converter (Inverter 1 Phasa) |
Ketepatan pengujian performa DC to AC Converter (Inverter 1 Phasa) |
Kriteria : Rubrik Psikomotor Rubrik alternative asessment
Bentuk Penilaian : RTM 3 (DC to AC Converter) Teknik non-test
|
Metode Pembelajaran : Kuliah Luring Berpusat pada mahasiswa Project Based Learning (PjBL)
Estimasi Waktu : P = 1 mg x [2x170’] |
14. Pengujian Performa DC to AC Converter ( Inverter 1 Phasa) Hart, D. W., 2010. Power Electronics. New York: Mc. Graw Hill. |
6 |
|||
15 | Sub-CPMK 15: Mampu menyusun laporan akhir project DC to AC Converter (Inverter 1 Phasa) |
Ketepatan penyusunan laporan akhir project DC to AC Converter (Inverter 1 Phasa) |
Kriteria : Rubrik Penilaian Laporan
Bentuk Penilaian : RTM 3 (DC to AC Converter) Teknik non-test
|
Metode Pembelajaran : Kuliah Daring Berpusat pada mahasiswa Project Based Learning (PjBL)
Estimasi Waktu : P = 1 mg x [2x170’] |
15. Penyusunan Laporan Akhir Project DC to AC Converter ( Inverter 1 Phasa) Pedoman Penyusunan Laporan Akhir Hart, D. W., 2010. Power Electronics. New York: Mc. Graw Hill. |
4 |
|||
16 | Sub-CPMK 16: Mampu mempresentasikan dan mengevaluasi project perangkat konversi daya |
Ketepatan penyampaian dan evaluasi laporan project perangkat konversi daya |
Kriteria : Rubrik presentasi Rubrik Psikomotor
Bentuk Penilaian : RTM 1, RTM 2, & RTM 3 Teknik non-test
|
Metode Pembelajaran : Kuliah Luring Berpusat pada mahasiswa Project Based Learning (PjBL)
Estimasi Waktu : P = 1 mg x [2x170’] |
16. Presentasi, Penilaian dan Evaluasi Project Hart, D. W., 2010. Power Electronics. New York: Mc. Graw Hill. |
25 |
|||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Angga Wahyu Aditya lahir di Pacitan pada tanggal Jabatan fungsional Lektor Jurusan TEKNIK ELEKTRO Program Studi Teknologi Listrik |
|