.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:angga.wahyu@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 6:53 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK ELEKTRO |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNOLOGI LISTRIK |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2024/2025 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Workshop Teknik Tenaga Listrik |
TL230822 |
0 |
2 |
2 |
84 |
3 |
07-09-2024 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Angga Wahyu Aditya S.ST., M.T. |
Hadiyanto S.T., M. Eng. |
|||||||
NIP/NIK. 199411012019031015 |
NIP/NIK. 198007082014041001 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-6) bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (S-9) menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri, dan |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-1) Menguasai konsep teoritis matematika teknik dan fisika terapan terkait dengan praktek instalasi dan konfigurasi, interpretasi instruksi, pengoperasian, pengujian, pemeliharaan dan perbaikan untuk menyelesaikan permasalahan bidang instrumentasi dan sistem kendali. (P-2) Menguasai pengetahuan tentang teknik pengujian dan pengukuran instrumentasi dan sistem kendali menggunakan prosedur dan standar IEC . (P-4) Menguasai pengetahuan tentang IEC pada bidang instrumentasi dan sistem kendali |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-2) mampu menunjukkan kinerja bermutu dan terukur (KU-4) mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih serta mengomunikasikan-nya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-1) Mampu menyelesaikan masalah instalasi listrik tegangan rendah serta operasi & pemeliharaan sampai dengan tegangan menengah 20 KV dengan menerapkan matematika terapan, kelistrikan dan kemagnetan, rekayasa jaringan tegangan rendah dan menengah (KK-2) Mampu mengidentifikasi dan menyelesaikan pekerjaan pemasangan dan pengawasan instalasi listrik, serta operasi dan pemeliharaan peralatan listrik menggunakan prosedur dengan acuan Standar SNI, IEC, dan standar lain yang terkait, dan dengan memperhatikan faktor - faktor ekonomi, kesehatan, keselamatan publik, dan lingkungan. (KK-4) Mampu melaksanakan pemasangan dan pengawasan instalasi listrik sesuai dengan gambar rancangan. |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CPMK 1: Mampu membuat desain system teknik tenaga listrik sederhana. CPMK 2: Mampu menganalisa dan mengevaluasi faktor keberhasilan system teknik tenaga listrik |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub - CPMK 1: Mahasiswa mampu membuat desain single line diagram system teknik tenaga listrik sederhana. Sub - CPMK 2: Mahasiswa mampu menganalisa aliran daya pada system transmisi tenaga listrik. Sub - CPMK 3: Mahasiswa mampu mengevaluasi gangguan hubung singkat pada system transmisi tenaga listrik. Sub - CPMK 4: Mahasiswa mampu menganalisa stabilitas transien pada system transmisi tenaga listrik. Sub - CPMK 5: Mahasiswa mampu melakukan analisa harmonic pada system transmisi tenaga listrik. Sub - CPMK 6: Mahasiswa mampu membuat desain single line diagram system pengoperasian motor Sub - CPMK 7: Mahasiswa mampu menganalisa arus starting dan aliran daya motor Sub - CPMK 8: Mahasiswa mampu mengevaluasi pengaruh gangguan motor Sub - CPMK 9: Mahasiswa mampu menganalisa efisiensi dan rugi – rugi motor Sub - CPMK 10: Mahasiswa mampu menggambarkan dan menjelaskan kurva hubungan torsi dan kecepatan motor Sub - CPMK 11: Mahasiswa mampu membuat single line diagram system teknik tenaga listrik berbasis generator, transformator dan motor Sub - CPMK 12: Mahasiswa mampu menganalisa aliran daya system teknik tenaga listrik berbasis generator, transformator dan motor Sub - CPMK 13: Mahasiswa mampu menjelaskan hubung singkat pada system tenaga listrik berbasis generator, transformator dan motor Sub - CPMK 14: Mahasiswa mampu menganalisa stabilitas transient pada generator Sub - CPMK 15: Mahasiswa mampu mengevaluasi rugi – rugi daya dan efisiensi system tenaga listrik berbasis generator, transformator dan motor Sub - CPMK 16: Mahasiswa mampu menyusun, mempresentasikan dan mengevaluasi laporan akhir project. |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Workshop Teknik Tenaga Listrik mempelajari: Single Line Diagram Sistem Teknik Tenaga Listrik Sederhana; Load Flow Analysis; Short Circuit Analysis; Transient Stability Analysis; Harmonic Analysis; Single Line Diagram system pengoperasian motor; Motor Starting and Load Flow Analysis; Fault Analysis; Efficiency and Losses Analysis; Torque-Speed Characteristic Analysis; single line diagram system teknik tenaga listrik berbasis generator, transformator dan motor; Load Flow Analysis system teknik tenaga listrik berbasis generator, transformator dan motor; Short Circuit Analysis system teknik tenaga listrik berbasis generator, transformator dan motor; Transient Stability Analysis system teknik tenaga listrik berbasis generator, transformator dan motor; Efficiency and Losses Analysis system teknik tenaga listrik berbasis generator, transformator dan motor; Presentasi, Penilaian dan Evaluasi Project
|
|||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
1. Single Line Diagram Sistem Teknik Tenaga Listrik Sederhana |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama:
|
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : Laptop Software ETAP |
|||||||
Dosen Pengampu |
Angga Wahyu Aditya, |
Mata Kuliah |
Workshop Teknik Tenaga Listrik |
|||
Kode Mata Kuliah |
TL230822 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub - CPMK 1: Mahasiswa mampu membuat desain single line diagram system teknik tenaga listrik sederhana. |
Ketepatan pembuatan desain single line diagram |
Kriteria : Rubrik alternative assessment Rubrik Psikomotor
Bentuk Penilaian : RTM 1 Teknik non-test
|
Metode Pembelajaran : Kuliah Luring Berpusat pada mahasiswa Project Based Learning (PjBL)
Estimasi Waktu : P = 1 mg x [2x170’] |
1. Single Line Diagram Sistem Teknik Tenaga Listrik Sederhana Pustaka : #1, #2, SOP Laboratorium |
7 |
|||
2 | Sub - CPMK 2: Mahasiswa mampu menganalisa aliran daya pada system transmisi tenaga listrik. |
Ketepatan analisa aliran daya |
Kriteria : Rubrik alternative asessment
Bentuk Penilaian : RTM 1 Teknik non-test
|
Metode Pembelajaran : Kuliah Luring Berpusat pada mahasiswa Project Based Learning (PjBL)
Estimasi Waktu : P = 1 mg x [2x170’] |
2. Load Flow Analysis Pustaka : #1, #2, SOP Laboratorium |
5 |
|||
3 | Sub - CPMK 3: Mahasiswa mampu mengevaluasi gangguan hubung singkat pada system transmisi tenaga listrik. |
Ketepatan evaluasi gangguan hubung singkat |
Kriteria : Rubrik alternative asessment
Bentuk Penilaian : RTM 1 Teknik non-test
|
Metode Pembelajaran : Kuliah Luring Berpusat pada mahasiswa Project Based Learning (PjBL)
Estimasi Waktu : P = 1 mg x [2x170’] |
3. Short Circuit Analysis Pustaka : #1, #2, SOP Laboratorium |
5 |
|||
4 | Sub - CPMK 4: Mahasiswa mampu menganalisa stabilitas transien pada system transmisi tenaga listrik. |
Ketepatan analisa stabilitas transient |
Kriteria : Rubrik alternative asessment
Bentuk Penilaian : RTM 1 Teknik non-test
|
Metode Pembelajaran : Kuliah Luring Berpusat pada mahasiswa Project Based Learning (PjBL)
Estimasi Waktu : P = 1 mg x [2x170’] |
4. Transient Stability Analysis Pustaka : #1, #2, SOP Laboratorium |
5 |
|||
5 | Sub - CPMK 5: Mahasiswa mampu melakukan analisa harmonic pada system transmisi tenaga listrik. |
Ketepatan analisa harmonic |
Kriteria : Rubrik alternative asessment
Bentuk Penilaian : RTM 1 Teknik non-test
|
Metode Pembelajaran : Kuliah Luring Berpusat pada mahasiswa Project Based Learning (PjBL)
Estimasi Waktu : P = 1 mg x [2x170’] |
5. Harmonic Analysis Pustaka : #1, #2, SOP Laboratorium |
5 |
|||
6 | Sub - CPMK 6: Mahasiswa mampu membuat desain single line diagram system pengoperasian motor |
Ketepatan pembuatan desain single line diagram |
Kriteria : Rubrik alternative assessment Rubrik Psikomotor
Bentuk Penilaian : RTM 2 Teknik non-test
|
Metode Pembelajaran : Kuliah Luring Berpusat pada mahasiswa Project Based Learning (PjBL)
Estimasi Waktu : P = 1 mg x [2x170’] |
6. Single Line Diagram system pengoperasian motor Pustaka : #1, #2, SOP Laboratorium |
7 |
|||
7 | Sub - CPMK 7: Mahasiswa mampu menganalisa arus starting dan aliran daya motor |
Ketepatan analisa motor starting dan load flow analysis |
Kriteria : Rubrik alternative asessment
Bentuk Penilaian : RTM 2 Teknik non-test
|
Metode Pembelajaran : Kuliah Luring Berpusat pada mahasiswa Project Based Learning (PjBL)
Estimasi Waktu : P = 1 mg x [2x170’] |
7. Motor Starting and Load Flow Analysis Pustaka : #1, #2, SOP Laboratorium |
5 |
|||
8 | Sub - CPMK 8: Mahasiswa mampu mengevaluasi pengaruh gangguan motor |
Ketepatan evaluasi pengaruh gangguan motor |
Kriteria : Rubrik alternative asessment
Bentuk Penilaian : RTM 2 Teknik non-test
|
Metode Pembelajaran : Kuliah Luring Berpusat pada mahasiswa Project Based Learning (PjBL)
Estimasi Waktu : P = 1 mg x [2x170’] |
8. Fault Analysis Pustaka : #1, #2, SOP Laboratorium |
5 |
|||
9 | Sub - CPMK 9: Mahasiswa mampu menganalisa efisiensi dan rugi – rugi motor |
Ketepatan analisa efisiensi dan rugi – rugi motor |
Kriteria : Rubrik alternative asessment
Bentuk Penilaian : RTM 2 Teknik non-test
|
Metode Pembelajaran : Kuliah Luring Berpusat pada mahasiswa Project Based Learning (PjBL)
Estimasi Waktu : P = 1 mg x [2x170’] |
9. Efficiency and Losses Analysis Pustaka : #1, #2, SOP Laboratorium |
5 |
|||
10 | Sub - CPMK 10: Mahasiswa mampu menggambarkan dan menjelaskan kurva hubungan torsi dan kecepatan motor |
Ketepatan gambar kurva hubungan torsi dan kecepatan motor |
Kriteria : Rubrik alternative asessment
Bentuk Penilaian : RTM 2 Teknik non-test
|
Metode Pembelajaran : Kuliah Luring Berpusat pada mahasiswa Project Based Learning (PjBL)
Estimasi Waktu : P = 1 mg x [2x170’] |
10. Torque – Speed Characteristic Analysis Pustaka : #1, #2, SOP Laboratorium |
5 |
|||
11 | Sub - CPMK 11: Mahasiswa mampu membuat single line diagram system teknik tenaga listrik berbasis generator, transformator dan motor |
Ketepatan pembuatan desain single line diagram |
Kriteria : Rubrik alternative assessment Rubrik Psikomotor
Bentuk Penilaian : RTM 3 Teknik non-test
|
Metode Pembelajaran : Kuliah Luring Berpusat pada mahasiswa Project Based Learning (PjBL)
Estimasi Waktu : P = 1 mg x [2x170’] |
11. single line diagram system teknik tenaga listrik berbasis generator, transformator dan motor Pustaka : #1, #2, SOP Laboratorium |
7 |
|||
12 | Sub - CPMK 12: Mahasiswa mampu menganalisa aliran daya system teknik tenaga listrik berbasis generator, transformator dan motor |
Ketepatan analisa aliran daya system teknik tenaga listrik berbasis generator, transformator dan motor |
Kriteria : Rubrik alternative asessment
Bentuk Penilaian : RTM 3 Teknik non-test
|
Metode Pembelajaran : Kuliah Luring Berpusat pada mahasiswa Project Based Learning (PjBL)
Estimasi Waktu : P = 1 mg x [2x170’] |
12. Load Flow Analysis system teknik tenaga listrik berbasis generator, transformator dan motor Pustaka : #1, #2, SOP Laboratorium |
5 |
|||
13 | Sub - CPMK 13: Mahasiswa mampu menjelaskan hubung singkat pada system tenaga listrik berbasis generator, transformator dan motor |
Ketepatan penjelasan hubung singkat system teknik tenaga listrik berbasis generator, transformator dan motor |
Kriteria : Rubrik alternative asessment
Bentuk Penilaian : RTM 3 Teknik non-test
|
Metode Pembelajaran : Kuliah Luring Berpusat pada mahasiswa Project Based Learning (PjBL)
Estimasi Waktu : P = 1 mg x [2x170’] |
13. Short Circuit Analysis system teknik tenaga listrik berbasis generator, transformator dan motor Pustaka : #1, #2, SOP Laboratorium |
5 |
|||
14 | Sub - CPMK 14: Mahasiswa mampu menganalisa stabilitas transient pada generator |
Ketepatan analisa stabilitas transient pada generator |
Kriteria : Rubrik alternative asessment
Bentuk Penilaian : RTM 3 Teknik non-test
|
Metode Pembelajaran : Kuliah Luring Berpusat pada mahasiswa Project Based Learning (PjBL)
Estimasi Waktu : P = 1 mg x [2x170’] |
14. Transient Stability Analysis system teknik tenaga listrik berbasis generator, transformator dan motor Pustaka : #1, #2, SOP Laboratorium |
5 |
|||
15 | Sub - CPMK 15: Mahasiswa mampu mengevaluasi rugi – rugi daya dan efisiensi system tenaga listrik berbasis generator, transformator dan motor |
Ketepatan evaluasi rugi – rugi daya dan efisiensi system teknik tenaga listrik berbasis generator, transformator dan motor |
Kriteria : Rubrik alternative asessment
Bentuk Penilaian : RTM 3 Teknik non-test
|
Metode Pembelajaran : Kuliah Luring Berpusat pada mahasiswa Project Based Learning (PjBL)
Estimasi Waktu : P = 1 mg x [2x170’] |
15. Efficiency and Losses Analysis system teknik tenaga listrik berbasis generator, transformator dan motor Pustaka : #1, #2, SOP Laboratorium |
5 |
|||
16 | Sub - CPMK 16: Mahasiswa mampu menyusun, mempresentasikan dan mengevaluasi laporan akhir project. |
Ketepatan dalam penyusunan dan eva;uasi laporan akhir, serta presentasi |
Kriteria : Rubrik presentasi Rubrik Laporan Akhir
Bentuk Penilaian : RTM 1, RTM 2, & RTM 3 Teknik non-test
|
Metode Pembelajaran : Kuliah Luring Berpusat pada mahasiswa Project Based Learning (PjBL)
Estimasi Waktu : P = 1 mg x [2x170’] |
16. Presentasi, Penilaian dan Evaluasi Project Pustaka : #1, #2, SOP Laboratorium |
19 |
|||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Angga Wahyu Aditya lahir di Pacitan pada tanggal Jabatan fungsional Lektor Jurusan TEKNIK ELEKTRO Program Studi Teknologi Listrik |
|