.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:maria.ulfah@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@April 7, 2025, 11:56 pm Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK ELEKTRO |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNIK ELEKTRONIKA |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2024/2025 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Teknik Digital Dasar |
TE111122 |
1 |
1 |
2 |
56 |
1 |
02-09-2024 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Maria Ulfah S.T., M.T. |
Qory Hidayati S.T., M.T. |
|||||||
NIP/NIK. 198107182014042001 |
NIP/NIK. 198611142019032014 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-9) Menunjukan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahlian secara mandiri |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-4) Menguasai pengetahuan tentang IEC pada bidang instrumentasi dan sistem kendali (P-5) Menguasai konsep teoritis tentang sains terapan pada bidang instrumentasi dan sistem kendali (P-8) Menguasai pengetahuan tentang SOP perbengkelan, aktivitas laboratorium dan K3 |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-4) Mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih serta mengomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-5) Mampu menggunakan alat ukur elektronik perangkat lunak, simulasi dan penggunaan teknologi informasi untuk rekayasa, penyelesaian pekerjaan dalam bidang instrumentasi dan sistem kendali (KK-7) Mampu melaksanakan perancangan/membuat rancangan baru, menguji dan memodifikasi rangkaian elektronika |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CP-MK-1: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang sistem digital secara mandiri CP-MK-2: Menguasai pengetahuan tentang teknik pengujian dan pengukuran sistem digital menggunakan prosedur dan standar International Electrotechnical Commission (IEC) CP-MK-3: Menguasai pengetahuan tentang IEC pada bidang sistem digital CP-MK-4: Menguasai konsep teoritis tentang sains terapan pada bidang sistem digital CP-MK-5: Menguasai pengetahuan tentang SOP perbengkelan, aktivitas laboratorium, dan K3. CP-MK-6: Mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih serta mengomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan CP-MK-7: Mampu menggunakan alat ukur elektronik perangkat lunak, simulasi, untuk penyelesaian pekerjaan dalam bidang sistem digital CP-MK-8: Mampu melaksanakan perancangan/membuat rancangan baru, menguji, dan memodifikasi rangkaian elektronika digital |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub-CPMK-1: Mampu menjelaskan, menguraikan dan membandingkan sistem analog dan digital, sistem bilangan, code bilangan, sifat-sifat, dan hukum-hukum Aljabar Boolean. Sub-CPMK-2: Mampu menghitung konversi antar sistem bilangan, komplemen bilangan dan operasi sistem bilangan. Sub-CPMK-3: Mampu menggambar symbol dan rangkaian, membuat tabel kebenaran dan pewaktu, dan menjelaskan prinsip kerja gerbang-gerbang logika dasar dan gerbang logika kombinatorial. Sub-CPMK-4: Mampu merangkai rangkaian gerbang-gerbang logika dasar dan gerbang-gerbang logika kombinatorial pada perangkat praktik/trainer yang tersedia, membuktikan tabel kebenaran, dan menyusun laporan hasil praktik. Sub-CPMK-5: Mampu menggambar rangkaian dan merekonstruksi suatu rangkaian logika menjadi rangkaian logika sederhana dengan metode Aljabar Boolean, SOP, POS, dan K. Map. Sub-CPMK-6:Mampu menjelaskan dan membandingkan prinsip kerja encoder dan decoder, multiplexer, demultiplexer dan menggambar rangkaiannya |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah ini bertujuan memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswa dalam memahami dasar-dasar sIstem digital. Pada mata kuliah ini mahasiswa akan mempelajari Sistem Analog dan Digital, Aljabar Boole, Sistem Bilangan, Gerbang Logika, Penyederhanaan Rangkaian Logika, Multiplexer dan Demultiplexer, dan Encoder dan Decoder |
|||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
1. Sistem Analog dan Digital |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama:
1.  Buku
Ajar Teknik Digital Dasar, Nurwahidah Jamal, 2015 2.     Panduak
Praktik Teknik Digital Dasar, Nurwahidah Jamal, 2016 Pendukung: 1.     Ir.
Wijaya Widjanarka N, Teknik Digital, Erlangga, 2006 2.     Budiono
Mismail, Dasar-Dasar Rangkaian Logika Digital,Â
ITB, 1998 3.     Roger
L. Tokheim, Elektronika Digital, terj.Â
Sutisno, Erlangga, 1995
4.     Malvino,
Prinsip-Prinsip dan Penerapan Digital, terj. Irwan Wijaya, Erlangga, 1994 |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : 1. Papan Tulis 2. Laptop 3. LCD |
|||||||
Dosen Pengampu |
Nurwahidah Jamal, |
Mata Kuliah |
Teknik Digital Dasar |
|||
Kode Mata Kuliah |
TE111122 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub-CPMK-1: Mampu menjelaskan, menguraikan dan membandingkan sistem analog dan digital, sistem bilangan, code bilangan, sifat-sifat, dan hukum-hukum Aljabar Boolean. |
Ketepatan dalam: menjelaskan, menguraikan dan membandingkan sistem analog dan digital, dan sistem bilangan |
Kriteria: Rubrik Penilaian Teknik: Non test & test:
|
[TM: 1mgx(2sksx50”)] Tugas-1: Menyusun ringkasan materi dalam bentuk makalah tentang;
[BT: 1mgx(2sksx60”)] [BM: 1x(2sksx60”)]
Karakteristik Pembelajaran: Kontekstual, Tematik, Efektif, Kolaboratif, Berpusat pada mahasiswa |
Sistem Analog dan Digital Sistem Bilangan Utama:
Pendukung:
|
4 |
|||
2 | Sub-CPMK-1: Mampu menjelaskan, menguraikan dan membandingkan sistem analog dan digital, sistem bilangan, code bilangan, sifat-sifat, dan hukum-hukum Aljabar Boolean. |
Ketepatan dalam: menjelaskan, menguraikan dan membandingkan code bilangan, sifat-sifat, dan hukum-hukum Aljabar Boolean |
Kriteria: Rubrik Penilaian Teknik: Non test & test:
|
[TM: 1mgx(2sksx50”)]
Tugas-2: Menyusun ringkasan materi dalam bentuk makalah tentang;
[BT: 1mgx(2sksx60”)] [BM: 1x(2sksx60”)]
Karakteristik Pembelajaran: Kontekstual, Tematik, Efektif, Kolaboratif, Berpusat pada mahasiswa |
Code bilangan Sifat-sifat, dan hukum-hukum Aljabar Boolean Utama:
Pendukung: 1. Ir. Wijaya Widjanarka N, Teknik Digital, Erlangga, 2006 2. Budiono Mismail, Dasar-Dasar Rangkaian Logika Digital, ITB, 1998 3. Roger L. Tokheim, Elektronika Digital, terj. Sutisno, Erlangga, 1995 |
4 |
|||
3 | Sub-CPMK-2: Mampu menghitung konversi antar sistem bilangan, komplemen bilangan dan operasi sistem bilangan. |
Ketepatan dalam: menghitung konversi antar sistem bilangan, dan komplemen bilangan |
Kriteria: Rubrik Penilaian Teknik: Non test & test:
|
[TM: 1mgx(2sksx50”)]
Tugas-3: Menyusun ringkasan materi dalam bentuk makalah tentang;
[BT: 1mgx(2sksx60”)] [BM: 1x(2sksx60”)]
Karakteristik Pembelajaran: Kontekstual, Tematik, Efektif, Kolaboratif, Berpusat pada mahasiswa |
Konversi Antar Sistem Bilangan Komplemen Bolangan Utama:
Pendukung: 1. Ir. Wijaya Widjanarka N, Teknik Digital, Erlangga, 2006 2. Budiono Mismail, Dasar-Dasar Rangkaian Logika Digital, ITB, 1998 3. Roger L. Tokheim, Elektronika Digital, terj. Sutisno, Erlangga, 1995 |
4 |
|||
4 | Sub-CPMK-2: Mampu menghitung konversi antar sistem bilangan, komplemen bilangan dan operasi sistem bilangan. |
Ketepatan dalam: menghitung operasi sistem bilangan. |
Kriteria: Rubrik Penilaian Teknik: Non test & test:
|
[TM: 1mgx(2sksx50”)]
Tugas-4: Menjawab soal-soal operasi sistem bilangan
[BT: 1mgx(2sksx60”)] [BM: 1x(2sksx60”)]
Karakteristik Pembelajaran: Kontekstual, Tematik, Efektif, Kolaboratif, Berpusat pada mahasiswa |
Operasi Sistem Bilangan Utama:
Pendukung: 1. Ir. Wijaya Widjanarka N, Teknik Digital, Erlangga, 2006 2. Budiono Mismail, Dasar-Dasar Rangkaian Logika Digital, ITB, 1998 3. Roger L. Tokheim, Elektronika Digital, terj. Sutisno, Erlangga, 1995 |
4 |
|||
5 | Sub-CPMK-3: Mampu menggambar symbol dan rangkaian, membuat tabel kebenaran dan pewaktu, dan menjelaskan prinsip kerja gerbang-gerbang logika dasar dan gerbang logika kombinatorial. |
Ketepatan dalam: menggambar symbol dan rangkaian, membuat tabel kebenaran dan pewaktu, dan menjelaskan prinsip kerja gerbang-gerbang logika dasar |
Kriteria: Rubrik Penilaian Teknik: Non test & test:
|
[TM: 1mgx(2sksx50”)]
Tugas-5: Menyusun ringkasan materi dalam bentuk makalah tentang; Gerbang Logika Dasar
[BT: 1mgx(2sksx60”)] [BM: 1x(2sksx60”)]
Karakteristik Pembelajaran: Kontekstual, Tematik, Efektif, Kolaboratif, Berpusat pada mahasiswa |
Gerbang Logika Dasar Utama:
Pendukung: 1. Ir. Wijaya Widjanarka N, Teknik Digital, Erlangga, 2006 2. Budiono Mismail, Dasar-Dasar Rangkaian Logika Digital, ITB, 1998 3. Roger L. Tokheim, Elektronika Digital, terj. Sutisno, Erlangga, 1995 |
4 |
|||
6 | Sub-CPMK-3: Mampu menggambar symbol dan rangkaian, membuat tabel kebenaran dan pewaktu, dan menjelaskan prinsip kerja gerbang-gerbang logika dasar dan gerbang logika kombinatorial. |
Ketepatan dalam: menggambar symbol dan rangkaian, membuat tabel kebenaran dan pewaktu, dan menjelaskan prinsip kerja gerbang logika kombinatorial |
Kriteria: Rubrik Penilaian Teknik: Non test & test:
|
[TM: 1mgx(2sksx50”)]
Tugas-6: Menyusun ringkasan materi dalam bentuk makalah tentang; Gerbang Logika Kombinatorial
[BT: 1mgx(2sksx60”)] [BM: 1x(2sksx60”)]
Karakteristik Pembelajaran: Kontekstual, Tematik, Efektif, Kolaboratif, Berpusat pada mahasiswa |
Gerbang Logika Kombinatorial Utama:
Pendukung: 1. Ir. Wijaya Widjanarka N, Teknik Digital, Erlangga, 2006 2. Budiono Mismail, Dasar-Dasar Rangkaian Logika Digital, ITB, 1998 3. Roger L. Tokheim, Elektronika Digital, terj. Sutisno, Erlangga, 1995 |
4 |
|||
7 | Sub-CPMK-4: Mampu merangkai rangkaian gerbang-gerbang logika dasar dan gerbang-gerbang logika kombinatorial pada perangkat praktik/trainer yang tersedia, membuktikan tabel kebenaran, dan menyusun laporan hasil praktik. |
Ketepatan dalam: merangkai rangkaian gerbang-gerbang logika dasar pada perangkat praktik/trainer yang tersedia, membuktikan tabel kebenaran, dan menyusun laporan hasil praktik. |
Kriteria: Rubrik Penilaian Teknik: Non test & test:
Observasi |
[TM: 1mgx(170”)]
Tugas-7: Praktik
Karakteristik Pembelajaran: Kontekstual, Tematik, Efektif, Kolaboratif, Berpusat pada mahasiswa |
Gerbang-Gerbang Logika Dasar Utama:
Pendukung: 1. Ir. Wijaya Widjanarka N, Teknik Digital, Erlangga, 2006 2. Budiono Mismail, Dasar-Dasar Rangkaian Logika Digital, ITB, 1998 3. Roger L. Tokheim, Elektronika Digital, terj. Sutisno, Erlangga, 1995 |
5 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
20 |
|||||||
9 | Sub-CPMK-4: Mampu merangkai rangkaian gerbang-gerbang logika dasar dan gerbang-gerbang logika kombinatorial pada perangkat praktik/trainer yang tersedia, membuktikan tabel kebenaran, dan menyusun laporan hasil praktik. |
Ketepatan dalam: merangkai rangkaian gerbang-gerbang logika dasar pada perangkat praktik/trainer yang tersedia, membuktikan tabel kebenaran, dan menyusun laporan hasil praktik.membuktikan tabel kebenaran |
Kriteria: Rubrik Penilaian Teknik: Non test
Observas |
[TM: 1mgx(170”)]
Tugas-8: Praktik
Karakteristik Pembelajaran: Kontekstual, Tematik, Efektif, Kolaboratif, Berpusat pada mahasiswa |
Gerbang-Gerbang Logika Dasar Utama:
Pendukung: 1. Ir. Wijaya Widjanarka N, Teknik Digital, Erlangga, 2006 2. Budiono Mismail, Dasar-Dasar Rangkaian Logika Digital, ITB, 1998 3. Roger L. Tokheim, Elektronika Digital, terj. Sutisno, Erlangga, 1995 |
5 |
|||
10 | Sub-CPMK-4: Mampu merangkai rangkaian gerbang-gerbang logika dasar dan gerbang-gerbang logika kombinatorial pada perangkat praktik/trainer yang tersedia, membuktikan tabel kebenaran, dan menyusun laporan hasil praktik. |
Ketepatan dalam: merangkai rangkaian gerbang-gerbang logika kombinatorial pada perangkat praktik/trainer yang tersedia, membuktikan tabel kebenaran, dan menyusun laporan hasil praktik. |
Kriteria: Rubrik Penilaian Teknik: Non test
Observasi |
[TM: 1mgx(170”)]
Tugas-9: Praktik 1) Gerbang-Gerbang Logika Kombinatorial
Karakteristik Pembelajaran: Kontekstual, Tematik, Efektif, Kolaboratif, Berpusat pada mahasiswa |
Gerbang-Gerbang Logika Kombinatorial Utama:
Pendukung: 1. Ir. Wijaya Widjanarka N, Teknik Digital, Erlangga, 2006 2. Budiono Mismail, Dasar-Dasar Rangkaian Logika Digital, ITB, 1998 3. Roger L. Tokheim, Elektronika Digital, terj. Sutisno, Erlangga, 1995 |
5 |
|||
11 | Sub-CPMK-4: Mampu merangkai rangkaian gerbang-gerbang logika dasar dan gerbang-gerbang logika kombinatorial pada perangkat praktik/trainer yang tersedia, membuktikan tabel kebenaran, dan menyusun laporan hasil praktik. |
Ketepatan dalam: merangkai merangkai rangkaian gerbang-gerbang logika logika kombinatorial pada perangkat praktik/trainer yang tersedia, membuktikan tabel kebenaran, dan menyusun laporan hasil praktik. |
Kriteria: Rubrik Penilaian Teknik: Non test
Observasi |
[TM: 1mgx(170”)]
Tugas-10: Praktik 1) Gerbang-Gerbang Logika Kombinatorial
Karakteristik Pembelajaran: Kontekstual, Tematik, Efektif, Kolaboratif, Berpusat pada mahasiswa |
Gerbang-Gerbang Logika Kombinatorial Utama:
Pendukung: 1. Ir. Wijaya Widjanarka N, Teknik Digital, Erlangga, 2006 2. Budiono Mismail, Dasar-Dasar Rangkaian Logika Digital, ITB, 1998 3. Roger L. Tokheim, Elektronika Digital, terj. Sutisno, Erlangga, 1995 |
5 |
|||
12 | Sub-CPMK-4: Mampu merangkai rangkaian gerbang-gerbang logika dasar dan gerbang-gerbang logika kombinatorial pada perangkat praktik/trainer yang tersedia, membuktikan tabel kebenaran, dan menyusun laporan hasil praktik. |
Ketepatan dalam: merangkai rangkaian gerbang-gerbang logika kombinatorial pada perangkat praktik/trainer yang tersedia, membuktikan tabel kebenaran, dan menyusun laporan hasil praktik. |
Kriteria: Rubrik Penilaian Teknik: Non test
Observasi |
[TM: 1mgx(170”)]
Tugas-11: Praktik 1) Gerbang-Gerbang Logika Kombinatorial
Karakteristik Pembelajaran: Kontekstual, Tematik, Efektif, Kolaboratif, Berpusat pada mahasiswa |
Gerbang-Gerbang Logika Kombinatorial Utama:
Pendukung: 1. Ir. Wijaya Widjanarka N, Teknik Digital, Erlangga, 2006 2. Budiono Mismail, Dasar-Dasar Rangkaian Logika Digital, ITB, 1998 3. Roger L. Tokheim, Elektronika Digital, terj. Sutisno, Erlangga, 1995 |
5 |
|||
13 | Sub-CPMK-5: Mampu menggambar rangkaian dan merekonstruksi suatu rangkaian logika menjadi rangkaian logika sederhana dengan metode Aljabar Boolean, SOP, POS, dan K. Map. |
Ketepatan dalam: menggambar rangkaian dan merekonstruksi suatu rangkaian logika menjadi rangkaian logika sederhana dengan metode Aljabar Boolean, SOP, POS, dan K. Map. |
Kriteria: Rubrik Penilaian Teknik: Non test
|
[TM: 1mgx(2sksx50”)]
Tugas-12: Menyusun ringkasan materi dalam bentuk makalah tentang; Aljabar Boolean
Karakteristik Pembelajaran: Kontekstual, Tematik, Efektif, Kolaboratif, Berpusat pada mahasiswa |
Aljabar Boolean, SOP, POS, dan K. Map. Utama:
Pendukung: 1. Ir. Wijaya Widjanarka N, Teknik Digital, Erlangga, 2006 2. Budiono Mismail, Dasar-Dasar Rangkaian Logika Digital, ITB, 1998 3. Roger L. Tokheim, Elektronika Digital, terj. Sutisno, Erlangga, 1995 |
4 |
|||
14 | Sub-CPMK-5: Mampu menggambar rangkaian dan merekonstruksi suatu rangkaian logika menjadi rangkaian logika sederhana dengan metode Aljabar Boolean, SOP, POS, dan K. Map. |
Ketepatan dalam: menggambar rangkaian dan merekonstruksi suatu rangkaian logika menjadi rangkaian logika sederhana dengan metode Aljabar Boolean, SOP |
Kriteria: Rubrik Penilaian Teknik: Non test
|
[TM: 1mgx(2sksx50”)]
Tugas-13: Menyusun ringkasan materi dalam bentuk makalah tentang; SOP, POS, dan K. Map.
Karakteristik Pembelajaran: Kontekstual, Tematik, Efektif, Kolaboratif, Berpusat pada mahasiswa |
Aljabar Boolean, SOP, POS, dan K. Map Utama:
Pendukung: 1. Ir. Wijaya Widjanarka N, Teknik Digital, Erlangga, 2006 2. Budiono Mismail, Dasar-Dasar Rangkaian Logika Digital, ITB, 1998 3. Roger L. Tokheim, Elektronika Digital, terj. Sutisno, Erlangga, 1995 |
4 |
|||
15 | Sub-CPMK-6:Mampu menjelaskan dan membandingkan prinsip kerja encoder dan decoder, multiplexer, demultiplexer dan menggambar rangkaiannya |
Ketepatan dalam: menjelaskan dan membandingkan prinsip kerja encoder dan decoder, multiplexer, demultiplexer dan menggambar rangkaiannya |
Kriteria: Rubrik Penilaian Teknik: Non test & test:
|
[TM: 2mgx(2sksx50”)]
Tugas-14: Menyusun ringkasan materi dalam bentuk makalah tentang;
[BT: 2mgx(2sksx60”)] [BM: 2x(2sksx60”)]
Karakteristik Pembelajaran: Kontekstual, Tematik, Efektif, Kolaboratif, Berpusat pada mahasiswa |
Utama:
Pendukung: 1. Ir. Wijaya Widjanarka N, Teknik Digital, Erlangga, 2006 2. Budiono Mismail, Dasar-Dasar Rangkaian Logika Digital, ITB, 1998 3. Roger L. Tokheim, Elektronika Digital, terj. Sutisno, Erlangga, 1995 |
3 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
20 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Maria Ulfah lahir di Padang pada tanggal Jabatan fungsional Lektor (300) Jurusan TEKNIK ELEKTRO Program Studi Teknik Elektronika |
|