.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:dwi.lesmideyarti@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 4:07 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK ELEKTRO |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNOLOGI LISTRIK |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2024/2025 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Fisika Listrik |
TL110622 |
2 |
0 |
2 |
28 |
1 |
16-09-2024 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Dwi Lesmideyarti S.T., M.Kom. |
Hadiyanto S.T., M. Eng. |
|||||||
NIP/NIK. 198605032019032011 |
NIP/NIK. 198007082014041001 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-4) Menguasai pengetahuan tentang IEC pada bidang instrumentasi dan sistem kendali (P-7) Menguasai prinsip dan issue terkini dalam ekonomi, sosial, ekologi secara umum (P-8) Menguasai pengetahuan tentang SOP perbengkelan, aktivitas laboratorium dan K3. |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-2) mampu menunjukkan kinerja bermutu dan terukur |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-5) Mampu mengoperasikan dan mengendalikan peralatan dan mesin listrik dengan menggunakan peralatan berbasis teknologi elektromagnetik dan VSD (Variable Speed Drive), kendali terprogram, SCADA, sistem terkomputerisasi dan teknologi IT. (KK-7) Mampu mengikuti perkembangan teknik dan teknologi isu terkini yang terkait di bidang kelistrikan. |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
1.Menguasi konsep teoritis matematika teknik dan fisika terapan terkait dengan praktek instalasi dan konfigurasi, interpertasi instruksi, pengoperasian, pengujian, pemeliharaan dan perbaikan untuk menyelesaikan permasalahan bidang instrumentasi dan sistem kendali 2.Menguasai konsep teoritis tentang sains terapan pada bidang instrumentasi dan system kendali 3.Mampu menyelesaikan masalah instalasi listrik tegangan rendah serta operasi & pemeliharaan sampai dengan tegangan menengah 20KV dengan menerapkan matematika terapan, kelistrikan dan kemagnetan, rekayasa jaringan tegangan rendah dan menengah |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
mampu menjelaskan satuan & pengukuran mampu Memahami dan menjelaskan vektor Mampu Memahami gerak melingkar Mampu memahami perpindahan panas & elektrostatika Mampu memahami kapasitas kapasitor Mampu memahami kemagnetan mampu memahami teori tentang cahaya mampu memahami fisika kuantum mampu memahami fisika nuklir Mampu memahami gerakan harmonis sederhana Mampu memahami induksi elektromagnetik |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Perkuliahan fisika listrik akan mengembangkan kompetensi mahasiswa mengenai konsep dasar perhitungan untuk menunjang baik mata kuliah dasar kelistrikan maupun keahlian. Pada mata kuliah Fisika Listrik membahas mengenai : satuan dan pengukuran, vektor, gerak melingkar, gerakan harmonis sederhana, perpindahan panas dan elektrostatika, kapasitas kapasitor, kemagnetan, induksi elektromagnetik, cahaya, fisika kuantum dan fisika nuklir. Perkuliahan dilaksanakan dengan berbagai pendekatan yang sesuai konteks materi dan potensi mahasiswa, antara lain: kontekstual, kooperatif, dan problem based learning yang mengarah pada student center learning. Penilaian berkelanjutan dilakukan dengan berbasis kompetensi dan diselaraskan dengan kegiatan perkuliahan. | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
1. satuan dan pengukuran |
|||||||
Pustaka |
|
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : Modul, LCD, Proyektor, Laptop, Whiteboard |
|||||||
Dosen Pengampu |
Dwi Lesmideyarti, |
Mata Kuliah |
Fisika Listrik |
|||
Kode Mata Kuliah |
TL110622 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | mampu menjelaskan satuan & pengukuran |
Mahasiswa mampu : Menghitung dengan sistem metrik Menggunakan satuan dasar SI Menurunkan satuan |
Kriteria : Ketepatan dan penguasaan materi Bentuk Penilaian : UTS |
Diskusi dan Tanya Jawab 2 x 50 menit |
Sistem Metrik Satuan Dasar SI dalam bidang teknik elektro Penurunan Satuan |
0 |
|||
2 | mampu Memahami dan menjelaskan vektor |
Mahasiswa mampu : Menggunakan besaran Skalar dan Vektor Menghitung penjumlahan vektor metode grafis Menghitung penjumlahan vektor metode trigonometri Menguraikan suatu vektor Penjumlahan Vektor metode Komponen |
Kriteria : Ketepatan dan penguasaan materi Bentuk Penilaian : UTS |
Ceramah, Diskusi dan Tanya Jawab : 2 x 50 menit |
Besaran Skalar dan Vektor Penjumlahan Vektor metode grafis Penjumlahan vektor metode trigonometri (segitiga) Penguraian suatu vektor Penjumlahan vektor metode komponen |
0 |
|||
3 | Mampu Memahami gerak melingkar |
Mahasiswa mampu : Menghitung ukuran sudut Menghitung kecepatan sudut Menghitung percepatan sudut Menghitung momen inersia Menghitung Torka (torsi) Menghitung kerja energi gerak melingkar Menghitung momentum sudut |
Kriteria : Ketepatan dan penguasaan materi Bentuk Penilaian : UTS |
Ceramah, diskusi dan Tanya Jawab : 2 x 50 menit |
Ukuran sudut Kecepatan sudut Percepatan sudut Momen inersia Torka (torsi) Kerja energi gerak melingkar Momentum sudut |
0 |
|||
4 | Mampu memahami gerakan harmonis sederhana |
Mahasiswa mampu : Menghitung gaya balik Menghitung energi potensial elastis Menghitung gerak harmonis sederhana Menghitung frekuensi dan perioda Menghitung perpindahan, kecepatan, percepatan Menghitung bandul Menghitung osilasi paksa dan teredam |
Kriteria : Ketepatan dan penguasaan materi Bentuk Penilaian : Tugas dan UTS |
Diskusi dan Tanya Jawab : 2 x 50 menit |
Gaya balik Energi potensial elastis Gerak harmonis sederhana Frekuensi dan perioda Perpindahan, kecepatan, percepatan Bandul Osilasi paksa dan teredam |
5 |
|||
5 | Mampu memahami perpindahan panas & elektrostatika |
Mahasiswa mampu : Menghitung konduksi Menghitung konveksi Menghitung radiasi Menghitung muatan listrik Menghitung pengukuran muatan listrik Menghitung hukum coulomb Menghitung struktur atom Menghitung ion Menghitung medan magnet Menghitung garis gaya magnet Menghitung beda potensial |
Kriteria : Ketepatan dan penguasaan materi Bentuk Penilaian : Tugas dan UTS |
Diskusi dan Tanya Jawab : 2 x 50 menit |
Konduksi Konveksi Radiasi Muatan Listrik Pengukuran muatan listrik Hukum coulomb Struktur atom Ion Medan magnet Garis gaya magnet Beda potensial |
5 |
|||
6 | Mampu memahami kapasitas kapasitor |
Mahasiswa mampu : Menghitung kapasitansi Menghitung kapasitor sejajar Menghitung energi pada pengisian kapasitor Menghitung konstanta waktu |
Kriteria : Ketepatan dan penguasaan materi Bentuk Penilaian : Tugas dan UTS |
Diskusi dan Tanya Jawab : 2 x 50 menit |
Kapasitansi Kapasitor sejajar Energi dan pengisian kapasitor Konstanta waktu |
5 |
|||
7 | Mampu memahami kemagnetan |
Mahasiswa mampu : Mengetahui prinsip kemagnetan. Mengetahui prinsip medan magnet. Mengetahui prinsip medan magnet pada arus lurus. Mengetahui prinsip medan magnet pada arus melingkar. Mengetahui prinsip medan magnet bumi. Menghitung gaya pada muatan yang bergerak. Menghitung gaya magnet pada arus listrik. Menghitung gaya magnet diantara dua arus listrik lurus. Menghitung ferromagnet. Menghitung intensitas magnet |
Kriteria : Ketepatan dan penguasaan materi Bentuk Penilaian : Tugas dan UTS |
Diskusi dan Tanya Jawab : 2 x 50 menit |
Kemagnetan. Medan magnet. Medan magnet dan arus. Medan magnet pada arus melingkar. Medan magnet bumi. Gaya pada muatan yang bergerak. Gaya magnet pada arus listrik. Gaya magnet pada diantara dua arus listrik lurus. Ferromagnet. Intensitas magnet. |
5 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
25 |
|||||||
9 | Mampu memahami kemagnetan |
Mahasiswa mampu : Mengetahui prinsip kemagnetan. Mengetahui prinsip medan magnet. Mengetahui prinsip medan magnet pada arus lurus. Mengetahui prinsip medan magnet pada arus melingkar. Mengetahui prinsip medan magnet bumi. Menghitung gaya pada muatan yang bergerak. Menghitung gaya magnet pada arus listrik. Menghitung gaya magnet diantara dua arus listrik lurus. Menghitung ferromagnet. Menghitung intensitas magnet. |
Kriteria : Ketepatan dan penguasaan materi Bentuk Penilaian : UAS |
Diskusi dan Tanya Jawab : 2 x 50 menit |
Kemagnetan. Medan magnet. Medan magnet dan arus. Medan magnet pada arus melingkar. Medan magnet bumi. Gaya pada muatan yang bergerak. Gaya magnet pada arus listrik. Gaya magnet pada diantara dua arus listrik lurus. F erromagnet. Intensitas magnet. |
0 |
|||
10 | Mampu memahami induksi elektromagnetik |
Mahasiswa mampu : Mengetahui menggunakan perhitungan induksi elektromagnet Mengetahui menggunakan perhitungan hukum faraday Mengetahui menggunakan perhitungan hukum Lenz Mengetahui prinsip transformator Mengetahui prinsip induksi diri Mengetahui prinsip energi pada induktor Mengetahui prinsip konstanta waktu Mengetahui prinsip arus eddy (pemanas dari induksi). |
Kriteria : Ketepatan dan penguasaan materi Bentuk Penilaian : UAS |
Diskusi dan Tanya Jawab : 2 x 50 menit |
Induksi elektromagnet Hukum Faraday Hukum Lenz Transformator Induksi diri Energi pada induktor Konstanta waktu Arus Eddy (pemanas dari induksi) |
0 |
|||
11 | Mampu memahami induksi elektromagnetik |
Mahasiswa mampu : Mengetahui menggunakan perhitungan induksi elektromagnet Mengetahui menggunakan perhitungan hukum faraday Mengetahui menggunakan perhitungan hukum Lenz Mengetahui prinsip transformator Mengetahui prinsip induksi diri Mengetahui prinsip energi pada induktor Mengetahui prinsip konstanta waktu Mengetahui prinsip arus eddy (pemanas dari induksi). |
Kriteria : Ketepatan dan penguasaan materi Bentuk Penilaian : UAS |
Diskusi dan Tanya Jawab : 2 x 50 menit |
Induksi elektromagnet Hukum Faraday Hukum Lenz Transformator Induksi diri Energi pada induktor Konstanta waktu Arus Eddy (pemanas dari induksi) |
5 |
|||
12 | mampu memahami teori tentang cahaya |
Mahasiswa mampu : mengetahui prinsip gelombang elektromagnetik mengetahui prinsip intensitas cahaya dan flux cahaya mengetahui prinsip kuat penerangan mengetahui prinsip pemantulan cahaya mengetahui prinsip pembiasan cahaya mengetahui prinsip kedalaman yang nampak. |
Kriteria : Ketepatan dan penguasaan materi Bentuk Penilaian : Tugas dan UAS |
Diskusi dan Tanya Jawab : 2 x 50 menit |
Gelombang elektromagnetik Intensitas cahaya dan flux cahaya Kuat penerangan Pemantulan cahaya Pembiasan cahaya Kedalaman yang nampak |
5 |
|||
13 | mampu memahami teori tentang cahaya |
Mahasiswa mampu : mengetahui prinsip gelombang elektromagnetik mengetahui prinsip intensitas cahaya dan flux cahaya mengetahui prinsip kuat penerangan mengetahui prinsip pemantulan cahaya mengetahui prinsip pembiasan cahaya mengetahui prinsip kedalaman yang nampak. |
Kriteria : Ketepatan dan penguasaan materi Bentuk Penilaian : Tugas dan UAS |
Diskusi dan Tanya Jawab : 2 x 50 menit |
Gelombang elektromagnetik Intensitas cahaya dan flux cahaya Kuat penerangan Pemantulan cahaya Pembiasan cahaya Kedalaman yang nampak |
0 |
|||
14 | mampu memahami fisika kuantum |
Mahasiswa mampu : menghitung interferensi menghitung difraksi menghitung polarisasi menghitung teori kuantum cahaya menghitung sinar x |
Kriteria : Ketepatan dan penguasaan materi Bentuk Penilaian : Tugas dan UAS |
Diskusi dan Tanya Jawab : 2 x 50 menit |
Interferensi Diffraksi Polarisasi Teori kwantum cahaya Sinar X Elektron volt. |
5 |
|||
15 | mampu memahami fisika nuklir |
Mahasiswa mampu : menghitung menggunakan prinsip struktur nuklir (atom) menghitung menggunakan prinsip energi ikat menghitung menggunakan prinsip gaya pada inti menghitung menggunakan prinsip reaksi inti (nuklir) menghitung menggunakan prinsip reaksi fisi dan fusi menghitung menggunakan prinsip radioaktivitas menghitung menggunakan prinsip waktu paruh |
Kriteria : Ketepatan dan penguasaan materi Bentuk Penilaian : Tugas dan UAS |
Diskusi dan Tanya Jawab : 2 x 50 menit |
Struktur nuklir (atom) Energi ikat Gaya pada inti Reaksi inti (nuklir) eaksi fisi dan fusi Radioaktivitas Waktu paruh |
5 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
25 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Dwi Lesmideyarti lahir di Bengkulu Selatan pada tanggal 03/05/1986 Jabatan fungsional Lektor Jurusan TEKNIK ELEKTRO Program Studi Teknik Elektronika |
|