.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:wahyu.yusuf@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 1:01 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK SIPIL |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNIK SIPIL |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2024/2025 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Praktek Kerja Perancah |
TS240522 |
0 |
3 |
3 |
126 |
3 |
29-10-2024 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Wahyu Yusuf Rio S.T., M.T. |
Ezra Hartarto Pongtuluran S.T., M.Eng. |
|||||||
NIP/NIK. 199005082019031014 |
NIP/NIK. 199110232019031013 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-1) Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius (S-2) Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika (S-3) Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa serta turut menjaga (S-4) Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara berdasarkan Pancasila (S-5) Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (S-6) Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain (S-7) Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara (S-8) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S-9) Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik (S-10) Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-1) Menguasai matematika terapan, prinsip-prinsip fisika dan kimia, prinsip rekayasa, dan perancangan rekayasa, untuk melakukan perancangan skala terbatas, pelaksanaan dan pengawasan bangunan gedung (P-3) Menguasai metode konstruksi untuk melaksanakan dan mengawasi pelaksanaan bangunan gedung (P-6) Menguasai pengetahuan teknik berkomunikasi (lisan, laporan teknis, dan grafis) (P-7) Menguasai pengetahuan faktual tentang perkembangan di bidang teknologi bangunan gedung (P-8) Menguasai prosedur dan standar kerja (SOP) bangunangedung di area praktikum, studio dan kegiatan laboratorium dengan mengaplikasikan prinsip sistem keamanan dan kesehatan kerja dan lingkungan (SMK3L) |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-2) Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (KU-5) Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data (KU-7) Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya (KU-8) Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri (KU-9) Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-1) Mampu menerapkan matematika terapan, sains alam (fisika, kimia) dan prinsip rekayasa untuk melakukan perancangan skala terbatas, pelaksanaan dan pengawasan bangunan gedung (KK-2) Mampu mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah pelaksanaan bangunan sipil yang terdefinisi secara jelas, dengan menganalisis data, memanfaatkan standar dan pedoman teknis, serta mampu memilih metode penyelesaian yang tepat dengan memperhatikan aspek kesehatan, keselamatan publik , lingkungan (SMK3L),aspek hukum dan ekonomi (KK-3) Mampu membuat rancangan teknis2 (engineering design) bangunan sipil dengan skala terbatas, yang memenuhi standar konstruksi (KK-4) Mampu menggambar teknik bangunan sipil untuk mendukung proses perencanaan, perancangan dan pelaksanaan konstruksi sesuai dengan spesifikasi teknis secara manual dan/atau menggunakan perangkat lunak (KK-5) Mampu melakukan pekerjaan pengukuran tanah (site surveying) untuk bangunan sipil guna mendukung proses perencanaan, perancangan dan pelaksanaan konstruksi dengan menggunakan peralatan terkini yang disajikan dalam format gambar ukur |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CPMK 1: Mampu dan Terampil dalam memahami fungsi bahan dan alat kerja Perancah, metode pelaksanaan, mengevaluasi pemasangan serta pemahaman tentang pelaksanaan pekerjaan konstruksi beton untuk bangunan gedung. |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub-CPMK 1: Memiliki kemampuan mengenali macam-macam peralatan praktik kerja perancah [C2, A2] Sub-CPMK 2: Memiliki kemampuan dalam pemasangan bouwplank sesuai ketentuan [C2, A2] Sub-CPMK 3: Memiliki kemampuan dalam pemasangan bekisting perancah sesuai ketentuan [C2, A2] Sub-CPMK 4: Memiliki kemampuan dalam pelepasan bekisting perancah sesuai ketentuan [C2, A2] |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Mata kuliah Praktek Kerja Perancah mempelajari dalam memahami pentingnya fungsi dan alat praktik perancah; keterampilan pembuatan bouwplank; keterampilan pemasangan bekisting pondasi; keterampilan membuat perancah untuk pekerjaan pondasi, sloof, kolom, balok, plat serta pemahaman tentang pelaksanaan pekerjaan konstruksi beton untuk bangunan gedung sesuai dengan ketentuan konstruksi bangunan gedung yang berlaku. | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Perancah, Acuan, Struktur Beton |
|||||||
Pustaka |
|
|||||||
Media Pembelajaran |
Jobsheet, blended learning poltekba, whiteboard |
|||||||
Dosen Pengampu |
Wahyu Yusuf Rio, |
Mata Kuliah |
Praktek Kerja Perancah |
|||
Kode Mata Kuliah |
TS240522 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub-CPMK 1: Memiliki kemampuan mengenali macam-macam peralatan praktik kerja perancah [C2, A2] |
Setelah berdiskusi (C) mahasiswa (A) mampu mendeskripsikan peralatan, bahan, dan metode pemakaian alat dalam praktik perakitan bekisiting dan perancah bangunan berdasarkan standar yang berlaku (B) dengan tepat |
Kriteria: Bentuk Penilaian: |
Metode Ceramah BM, 2x50menit TM, 3x50 menit. Tugas 1, BT, 50 menit Karakteristik: |
Pengenalan macam-macam peralatan praktik kerja perancah
|
6 |
|||
2,3 | Sub-CPMK 2: Memiliki kemampuan dalam pemasangan bouwplank sesuai ketentuan [C2, A2] |
Setelah berdiskusi (C) mahasiswa (A) mampu melaksanakan pemasangan bouwplank sebagai acuan bekisiting dan perancah bangunan berdasarkan standar yang berlaku (B) dengan tepat |
Kriteria: Bentuk Penilaian: |
Metode Ceramah BM, 2x50menit TM, 3x50 menit. Tugas 1, BT, 50 menit Karakteristik: |
Memasang Bouwplank Sesuai Ketentuan
|
4 |
|||
Sub-CPMK 2: Memiliki kemampuan dalam pemasangan bouwplank sesuai ketentuan [C2, A2] |
Setelah berdiskusi (C) mahasiswa (A) mampu melaksanakan pemasangan bouwplank sebagai acuan bekisiting dan perancah bangunan berdasarkan standar yang berlaku (B) dengan tepat |
Kriteria: Bentuk Penilaian: |
Metode Ceramah BM, 2x50menit TM, 3x50 menit. Tugas 1, BT, 50 menit Karakteristik: |
Memasang Bouwplank Sesuai Ketentuan
|
4 |
||||
4,5 | Sub-CPMK 3: Memiliki kemampuan dalam pemasangan bekisting perancah sesuai ketentuan [C2, A2] |
Setelah berdiskusi (C) mahasiswa (A) mampu melaksanakan pekerjaan acuan bekisiting dan perancah pondasi dan sloof bangunan berdasarkan standar yang berlaku (B) dengan tepat |
Kriteria: Bentuk Penilaian: |
Metode Ceramah BM, 2x50menit TM, 3x50 menit. Tugas 1, BT, 50 menit Karakteristik: |
Memasang Bekisiting dan Perancah Pondasi dan Sloof Sesuai Ketentuan
|
4 |
|||
Sub-CPMK 3: Memiliki kemampuan dalam pemasangan bekisting perancah sesuai ketentuan [C2, A2] |
Setelah berdiskusi (C) mahasiswa (A) mampu melaksanakan pekerjaan acuan bekisiting dan perancah pondasi dan sloof bangunan berdasarkan standar yang berlaku (B) dengan tepat |
Kriteria: Bentuk Penilaian: |
Metode Ceramah BM, 2x50menit TM, 3x50 menit. Tugas 1, BT, 50 menit Karakteristik: |
Memasang Bekisiting dan Perancah Pondasi dan Sloof Sesuai Ketentuan
|
4 |
||||
6,7 | Sub-CPMK 3: Memiliki kemampuan dalam pemasangan bekisting perancah sesuai ketentuan [C2, A2] |
Setelah berdiskusi (C) mahasiswa (A) mampu melaksanakan pekerjaan acuan bekisiting dan perancah kolom bangunan berdasarkan standar yang berlaku (B) dengan tepat |
Kriteria: Bentuk Penilaian: |
Metode Ceramah BM, 2x50menit TM, 3x50 menit. Tugas 1, BT, 50 menit Karakteristik: |
Memasang Bekisiting dan Perancah Kolom Sesuai Ketentuan
|
4 |
|||
Sub-CPMK 3: Memiliki kemampuan dalam pemasangan bekisting perancah sesuai ketentuan [C2, A2] |
Setelah berdiskusi (C) mahasiswa (A) mampu melaksanakan pekerjaan acuan bekisiting dan perancah kolom bangunan berdasarkan standar yang berlaku (B) dengan tepat |
Kriteria: Bentuk Penilaian: |
Metode Ceramah BM, 2x50menit TM, 3x50 menit. Tugas 1, BT, 50 menit Karakteristik: |
Memasang Bekisiting dan Perancah Kolom Sesuai Ketentuan
|
4 |
||||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
20 |
|||||||
9,10 | Sub-CPMK 3: Memiliki kemampuan dalam pemasangan bekisting perancah sesuai ketentuan [C2, A2] |
Setelah berdiskusi (C) mahasiswa (A) mampu melaksanakan pekerjaan acuan bekisiting dan perancah balok bangunan berdasarkan standar yang berlaku (B) dengan tepat |
Kriteria: Bentuk Penilaian: |
Metode Ceramah BM, 2x50menit TM, 3x50 menit. Tugas 1, BT, 50 menit Karakteristik: |
Memasang Bekisiting dan Perancah Balok Sesuai Ketentuan
|
4 |
|||
Sub-CPMK 3: Memiliki kemampuan dalam pemasangan bekisting perancah sesuai ketentuan [C2, A2] |
Setelah berdiskusi (C) mahasiswa (A) mampu melaksanakan pekerjaan acuan bekisiting dan perancah balok bangunan berdasarkan standar yang berlaku (B) dengan tepat |
Kriteria: Bentuk Penilaian: |
Metode Ceramah BM, 2x50menit TM, 3x50 menit. Tugas 1, BT, 50 menit Karakteristik: |
Memasang Bekisiting dan Perancah Balok Sesuai Ketentuan
|
4 |
||||
11,12 | Sub-CPMK 3: Memiliki kemampuan dalam pemasangan bekisting perancah sesuai ketentuan [C2, A2] |
Setelah berdiskusi (C) mahasiswa (A) mampu melaksanakan pekerjaan acuan bekisiting dan perancah pelat lantai bangunan berdasarkan standar yang berlaku (B) dengan tepat |
Kriteria: Bentuk Penilaian: |
Metode Ceramah BM, 2x50menit TM, 3x50 menit. Tugas 1, BT, 50 menit Karakteristik: |
Memasang Bekisiting dan Perancah Pelat Lantai Sesuai Ketentuan
|
4 |
|||
Sub-CPMK 3: Memiliki kemampuan dalam pemasangan bekisting perancah sesuai ketentuan [C2, A2] |
Setelah berdiskusi (C) mahasiswa (A) mampu melaksanakan pekerjaan acuan bekisiting dan perancah pelat lantai bangunan berdasarkan standar yang berlaku (B) dengan tepat |
Kriteria: Bentuk Penilaian: |
Metode Ceramah BM, 2x50menit TM, 3x50 menit. Tugas 1, BT, 50 menit Karakteristik: |
Memasang Bekisiting dan Perancah Pelat Lantai Sesuai Ketentuan
|
4 |
||||
13,14 | Sub-CPMK 3: Memiliki kemampuan dalam pemasangan bekisting perancah sesuai ketentuan [C2, A2] |
Setelah berdiskusi (C) mahasiswa (A) mampu melaksanakan pekerjaan acuan bekisiting dan perancah tangga bangunan berdasarkan standar yang berlaku (B) dengan tepat |
Kriteria: Bentuk Penilaian: |
Metode Ceramah BM, 2x50menit TM, 3x50 menit. Tugas 1, BT, 50 menit Karakteristik: |
Memasang Bekisiting dan Perancah Tangga Sesuai Ketentuan
|
4 |
|||
Sub-CPMK 3: Memiliki kemampuan dalam pemasangan bekisting perancah sesuai ketentuan [C2, A2] |
Setelah berdiskusi (C) mahasiswa (A) mampu melaksanakan pekerjaan acuan bekisiting dan perancah tangga bangunan berdasarkan standar yang berlaku (B) dengan tepat |
Kriteria: Bentuk Penilaian: |
Metode Ceramah BM, 2x50menit TM, 3x50 menit. Tugas 1, BT, 50 menit Karakteristik: |
Memasang Bekisiting dan Perancah Tangga Sesuai Ketentuan
|
4 |
||||
15 | Sub-CPMK 4: Memiliki kemampuan dalam pelepasan bekisting perancah sesuai ketentuan [C2, A2] |
Setelah berdiskusi (C) mahasiswa (A) mampu mendeskripsikan peralatan, bahan, dan metode pemakaian alat dalam praktik pelepasan bekisiting dan perancah bangunan berdasarkan standar yang berlaku (B) dengan tepat |
Kriteria: Bentuk Penilaian: |
Metode Ceramah BM, 2x50menit TM, 3x50 menit. Tugas 1, BT, 50 menit Karakteristik: |
Melepas Bekisiting dan Perancah Bangunan Sesuai Ketentuan
|
6 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
20 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Wahyu Yusuf Rio lahir di Samarinda pada tanggal 08-05-1990 Jabatan fungsional Tenaga Pengajar Jurusan TEKNIK SIPIL Program Studi Teknik Sipil |
|