.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:mikail.eko@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 3:41 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK ELEKTRO |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNOLOGI LISTRIK |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Mesin Listrik I |
TL120522 |
1 |
1 |
2 |
56 |
2 |
||
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Mikail Eko Prasetyo Widagda S.T., M.T. |
Andi Sri Irtawaty S.T., M.Eng. |
|||||||
NIP/NIK. 197807012021211008 |
NIP/NIK. 197704012021212005 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-1) bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius (S-2) menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika (S-3) berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila (S-4) berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa (S-5) menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain (S-6) bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (S-7) taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara (S-8) menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S-9) menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri, dan (S-10) menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan. |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-1) Menguasai konsep teoritis matematika teknik dan fisika terapan terkait dengan praktek instalasi dan konfigurasi, interpretasi instruksi, pengoperasian, pengujian, pemeliharaan dan perbaikan untuk menyelesaikan permasalahan bidang instrumentasi dan sistem kendali. (P-2) Menguasai pengetahuan tentang teknik pengujian dan pengukuran instrumentasi dan sistem kendali menggunakan prosedur dan standar IEC . (P-3) Menguasai pengetahuan tentang perangkat pemrograman, simulasi dan penggunaan teknologi informasi untuk rekayasa dan penyelesaian pekerjaan bidang instrumentasi dan sistem kendali. (P-4) Menguasai pengetahuan tentang IEC pada bidang instrumentasi dan sistem kendali (P-5) Menguasai konsep teoritis tentang sains terapan pada bidang instrumentasi dan sistem kendali. (P-6) Menguasai pengetahuan tentang tata cara komunikasi dengan pihak lain dengan memperhatikan etika komunikasi. (P-7) Menguasai prinsip dan issue terkini dalam ekonomi, sosial, ekologi secara umum (P-8) Menguasai pengetahuan tentang SOP perbengkelan, aktivitas laboratorium dan K3. (P-9) Menguasai pengetahuan tentang perkembangan teknologi terkini dan terbaru dalam bidang otomasi dan instalasi sistem kelistrikan pada bangunan dengan level listrik tegangan rendah dan menengah |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-1) Mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas dan menganalisis data dengan beragam metode yang sesuai, baik yang belum maupun yang sudah baku (KU-2) mampu menunjukkan kinerja bermutu dan terukur (KU-3) mampu memecahkan masalah pekerjaan dengan sifat dan konteks yang sesuai dengan bidang keahlian perapannya didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggung jawab atas hasilnya secara mandiri (KU-4) mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih serta mengomunikasikan-nya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan (KU-5) mampu bekerja sama, berkomunikasi, dan berinovatif dalam pekerjaannya (KU-6) mampu bertanggung- jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan valuasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya, dan (KU-7) mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mengelola pengembangan kompetensi kerja secara mandiri (KU-8) mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-1) Mampu menyelesaikan masalah instalasi listrik tegangan rendah serta operasi & pemeliharaan sampai dengan tegangan menengah 20 KV dengan menerapkan matematika terapan, kelistrikan dan kemagnetan, rekayasa jaringan tegangan rendah dan menengah (KK-2) Mampu mengidentifikasi dan menyelesaikan pekerjaan pemasangan dan pengawasan instalasi listrik, serta operasi dan pemeliharaan peralatan listrik menggunakan prosedur dengan acuan Standar SNI, IEC, dan standar lain yang terkait, dan dengan memperhatikan faktor - faktor ekonomi, kesehatan, keselamatan publik, dan lingkungan. (KK-3) Mampu merancang instalasi listrik dalam bentuk gambar teknik secara manual dan / atau software aplikasi CAD. (KK-4) Mampu melaksanakan pemasangan dan pengawasan instalasi listrik sesuai dengan gambar rancangan. (KK-5) Mampu mengoperasikan dan mengendalikan peralatan dan mesin listrik dengan menggunakan peralatan berbasis teknologi elektromagnetik dan VSD (Variable Speed Drive), kendali terprogram, SCADA, sistem terkomputerisasi dan teknologi IT. (KK-6) Mampu melakukan pengujian dan pengukuran kelaikan instalasi berdasarkan prosedur dan standar (SNI, IEC, SPLN), dengan menyajikan hasil analisis berdasarkan metoda yang dipilih. (KK-7) Mampu mengikuti perkembangan teknik dan teknologi isu terkini yang terkait di bidang kelistrikan. (KK-8) Mampu menggunakan teknologi terkini dan terbaru yang mengacu kepada metode dan standar industri untuk menyelesaikan pekerjaan (KK-9) Mampu merancang proses dan komponen sistem pemanfaatan energi baru terbarukan dengan pendekatan analisis, dan mempertimbangkan standar teknis, aspek kinerja, keandalan, kemudahan penerapan, keberlanjutan, serta memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan dan keselamatan publik, kultural, sosial, dan lingkungan |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CPL yang dibebankan pada MK : CPL 1 : Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S9) [CPMK-1]. CPL 2 : Menguasi konsep teoritis matematika teknik dan fisika terapan terkait dengan praktek instalasi dan konfigurasi, interpertasi instruksi, pengoperasian, pengujian, pemeliharaan dan perbaikan untuk menyelesaikan permasalahan bidang instrumentasi dan sistem kendali (PP1) [CPMK-2]. CPL 3 : Menguasai pengetahuan tentang perangkat pemrograman, simulasi dan penggunaan teknologi informasi untuk rekayasa dan penyelesaian pekerjaan bidang instrumentasi dan sistem kendali (PP3) [CPMK-3]. CPL 4 : Mampu bekerja sama, berkomunikasi, dan berinovatif pada bidang instrumentasi dan sistem kendali (KU5) [CPMK-4]. CPL 5 : Mampu menyelesaikan masalah instalasi listrik tegangan rendah serta operasi & pemeliharaan sampai dengan tegangan menengah 20KV dengan menerapkan matematika terapan, kelistrikan dan kemagnetan, rekayasa jaringan tegangan rendah dan menengah (KK1) [CPMK-5]. CPL 6 : Mampu mengidentifikasi dan menyelesaikan pekerjaan pemasangan dan pengawasan instalasi listrik, serta operasi dan pemeliharaan peralatan listrik menggunakan prosedur dengan acuan Standard SNI, IEC, dan standard lain yang terkait, dan dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan, keselamatan publik, dan lingkungan (KK2) [CPMK-6]. CPMK : CP-MK 1 : Mampu menjelaskan konsep teoritis matematika teknik dan fisika terapan terkait kelistrikan dan kemagnetan (PP1) -> C2. CP-MK 2 : Mampu mengklasifikasikan mesin listrik pada arus bolak - balik berdasarkan prinsip kerja (PP1) -> C3. CP-MK 3 : Mampu menggambarkan desain sistem kendali motor listrik sesuai dengan standar IEC (KU5) (KK1) -> C3. CP-MK 4 : Mampu menguji desain sistem kendali motor listrik menggunakan perangkat pemrograman dan simulasi (PP3) -> C4. CP-MK 5 : Mampu merancang sistem instalasi kendali motor listrik sesuai dengan standar IEC (KK2) (S9) -> C6. |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub-CPMK 1 : Mampu menjelaskan, mengilustrasikan dan merangkum dasar teori terkait kelistrikan dan kemagnetan yang diterapkan pada mesin – mesin listrik [CPMK 1]. Sub-CPMK 2 : Mampu menjelaskan dan merangkum prinsip kerja, klasifikasi, konstruksi, dan karakteristik operasi transformator, generator AC dan motor listrik AC [CPMK 2]. Sub-CPMK 3 : Mampu menjelaskan dan merangkum kerja parallel transformator dan generator AC [CPMK 2]. Sub-CPMK 4 : Mampu menggambarkan rangkaian akivalensi transformator, generator AC dan motor listrik AC [CPMK 2]. Sub-CPMK 5 : Mampu menyebutkan dan menjelaskan metode kendali motor listrik AC [CPMK 3]. Sub-CPMK 6 : Mampu menggambarkan desain sistem kendali motor listrik AC [CPMK 3]. Sub-CPMK 7 : Mampu memilih software simulasi untuk pengujian komputer [CPMK 4]. Sub-CPMK 8 : Mampu membangun dan menguji desain sistem kendali motor listrik [CPMK 4]. Sub-CPMK 9 : Mampu merancang dan memvalidasi design sistem kendali motor induksi 3 fasa [CPMK 5]. Sub-CPMK 10 : Mampu menyusun laporan pengujian sistem kendali motor induksi 3 fasa [CPMK 5]. |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Mesin Listrik I mempelajari mesin – mesin AC untuk mengembangkan kompetensi mahasiswa mengenai konsep dan hukum kelistrikan dan kemagnetan. Mesin listrik yang beroperasi pada arus AC dan difokuskan pada pengembangan kendali motor induksi tiga fasa. Perkuliahan dilaksanakan dengan berbagai pendekatan yang sesuai konteks materi dan potensi mahasiswa, antara lain : kontekstual, kooperatif, dan Problem Based Learning (PjBL) yang mengarah pada Student Center Learning. PjBL difokuskan pada design, pengujian computer dan perancangan kendali motor induksi tiga fasa. Penilaian berkelanjutan dilakukan dengan berbasis kompetensi, tugas dan evaluasi yang diselaraskan dengan kegiatan perkuliahan. | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
1. Teori dasar kelistrikan dan kemagnetan. |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : |
|||||||
Dosen Pengampu |
Mikail Eko Prasetyo Widagda, |
Mata Kuliah |
Mesin Listrik I |
|||
Kode Mata Kuliah |
TL120522 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub-CPMK 1 : Mampu menjelaskan, mengilustrasikan dan merangkum dasar teori terkait kelistrikan dan kemagnetan yang diterapkan pada mesin – mesin listrik [CPMK 1]. |
1. Ketepatan dalam menjelaskan jenis mesin listrik berdasarkan keberadaan komutator. |
Kriteria : |
PjBL (Project Based Learning) : |
Materi Pembelajaran PjBL (Project Based Learning) 1 : Pustaka : |
10 |
|||
2 | Sub-CPMK 2 : Mampu menjelaskan dan merangkum prinsip kerja, klasifikasi, konstruksi, dan karakteristik operasi transformator, generator AC dan motor listrik AC [CPMK 2]. |
1. Ketepatan dalam menjelaskan jenis mesin listrik berdasarkan keberadaan komutator. |
Kriteria : |
PjBL (Project Based Learning) : |
Materi Pembelajaran PjBL (Project Based Learning) 2 : Pustaka : |
10 |
|||
3 | Sub-CPMK 3 : Mampu menjelaskan dan merangkum kerja parallel transformator dan generator AC [CPMK 2]. |
1. Ketepatan dalam menjelaskan prinsip kerja, klasifikasi, konstruksi, dan karakteristik transformator, generator AC dan motor listrik AC. 2. Ketepatan dalam menjelaskan kerja parallel transformator dan generator AC. 3. Ketepatan dalam menggambar dan menjelaskan rangkaian akivalensi transformator, generator AC dan motor listrik AC dalam software computer. |
Kriteria : |
PjBL (Project Based Learning) : a). Kuliah Luring. b). Kuliah Daring. c). Diskusi Sinkron. A. Tatap Muka : a. Teori : 2 x 50’ b. Terstruktur : 2 x 60’ c. Mandiri : 2 x 60’ B. Praktek : 2 x 170’
Tugas Essay 2 : |
Materi Pembelajaran PjBL (Project Based Learning) 3 : Pustaka : |
5 |
|||
4 | Sub-CPMK 4 : Mampu menggambarkan rangkaian akivalensi transformator, generator AC dan motor listrik AC [CPMK 2]. |
1. Ketepatan dalam menjelaskan prinsip kerja, klasifikasi, konstruksi, dan karakteristik transformator, generator AC dan motor listrik AC. |
Kriteria : |
PjBL (Project Based Learning) : a). Kuliah Luring. b). Kuliah Daring. c). Diskusi Sinkron. A. Tatap Muka : a. Teori : 2 x 50’ b. Terstruktur : 2 x 60’ c. Mandiri : 2 x 60’ B. Praktek : 2 x 170’ |
Materi Pembelajaran PjBL (Project Based Learning) 4 : Pustaka : 1. Rangkaian Ekivalensi (Harlow, 2007), (Anthony, 2018). |
5 |
|||
5 | Sub-CPMK 3 : Mampu menjelaskan dan merangkum kerja parallel transformator dan generator AC [CPMK 2]. |
1. Ketepatan dalam menjelaskan prinsip kerja, klasifikasi, konstruksi, dan karakteristik transformator, generator AC dan motor listrik AC. |
Kriteria : |
PjBL (Project Based Learning) : a). Kuliah Luring. b). Kuliah Daring. c). Diskusi Sinkron.
a. Teori : 2 x 50’ b. Terstruktur : 2 x 60’ c. Mandiri : 2 x 60’ B. Praktek : 2 x 170’ |
Materi Pembelajaran PjBL (Project Based Learning) 5 : Pustaka : 1. Rangkaian Ekivalensi (Harlow, 2007), (Anthony, 2018). |
5 |
|||
6 | Sub-CPMK 4 : Mampu menggambarkan rangkaian akivalensi transformator, generator AC dan motor listrik AC [CPMK 2]. |
1. Ketepatan dalam menjelaskan prinsip kerja, klasifikasi, konstruksi, dan karakteristik transformator, generator AC dan motor listrik AC. |
Kriteria : |
PjBL (Project Based Learning) : a). Kuliah Luring. b). Kuliah Daring. c). Diskusi Sinkron. A. Tatap Muka : a. Teori : 2 x 50’ b. Terstruktur : 2 x 60’ c. Mandiri : 2 x 60’ B. Praktek : 2 x 170’ Tugas Essay 2 : |
Materi Pembelajaran PjBL (Project Based Learning) 6 : Pustaka : 1. Rangkaian Ekivalensi (Harlow, 2007), (Anthony, 2018). |
5 |
|||
7 | Sub-CPMK 3 : Mampu menjelaskan dan merangkum kerja parallel transformator dan generator AC [CPMK 2]. |
1. Ketepatan dalam menjelaskan prinsip kerja, klasifikasi, konstruksi, dan karakteristik transformator, generator AC dan motor listrik AC. |
Kriteria : |
PjBL (Project Based Learning) : a). Kuliah Luring. b). Kuliah Daring. c). Diskusi Sinkron. A. Tatap Muka : a. Teori : 2 x 50’ b. Terstruktur : 2 x 60’ c. Mandiri : 2 x 60’ B. Praktek : 2 x 170’ |
Materi Pembelajaran PjBL (Project Based Learning) 7 : Pustaka : 1. Rangkaian Ekivalensi (Harlow, 2007), (Anthony, 2018). |
5 |
|||
8 | Sub-CPMK 4 : Mampu menggambarkan rangkaian akivalensi transformator, generator AC dan motor listrik AC [CPMK 2]. |
1. Ketepatan dalam menjelaskan prinsip kerja, klasifikasi, konstruksi, dan karakteristik transformator, generator AC dan motor listrik AC. |
Kriteria : |
PjBL (Project Based Learning) : a). Kuliah Luring. b). Kuliah Daring. c). Diskusi Sinkron. A. Tatap Muka : a. Teori : 2 x 50’ b. Terstruktur : 2 x 60’ c. Mandiri : 2 x 60’ B. Praktek : 2 x 170’ |
Materi Pembelajaran PjBL (Project Based Learning) 8 : Pustaka : 1. Rangkaian Ekivalensi (Harlow, 2007), (Anthony, 2018). |
5 |
|||
9 | Sub-CPMK 5 : Mampu menyebutkan dan menjelaskan metode kendali motor listrik AC [CPMK 3]. |
1. Ketepatan dalam menyebutkan dan menjelaskan desain sistem kendali motor listrik jenis motor induksi 3 fasa berdasarkan standar IEC. 4. Ketepatan menggambarkan rangkaian akivalensi transformator, generator AC dan motor listrik AC |
Kriteria : |
PjBL (Project Based Learning) : a). Kuliah Luring. b). Kuliah Daring. c). Diskusi Sinkron.
A. Tatap Muka : a. Teori : 2 x 50’ b. Terstruktur : 2 x 60’ c. Mandiri : 2 x 60’ B. Praktek : 2 x 170’ |
Materi Pembelajaran PjBL (Project Based Learning) 9 : Pustaka : 1. Rangkaian Ekivalensi (Harlow, 2007), (Anthony, 2018). |
5 |
|||
10 | Sub-CPMK 6 : Mampu menggambarkan desain sistem kendali motor listrik AC [CPMK 3]. |
1. Ketepatan dalam menyebutkan dan menjelaskan desain sistem kendali motor listrik jenis motor induksi 3 fasa berdasarkan standar IEC. |
Kriteria : |
PjBL (Project Based Learning) : a). Kuliah Luring. b). Kuliah Daring. c). Diskusi Sinkron. A. Tatap Muka : a. Teori : 2 x 50’ b. Terstruktur : 2 x 60’ c. Mandiri : 2 x 60’ B. Praktek : 2 x 170’ |
Materi Pembelajaran PjBL (Project Based Learning) 10 : Pustaka : 1. Rangkaian Ekivalensi (Harlow, 2007), (Anthony, 2018). |
5 |
|||
11 | Sub-CPMK 7 : Mampu memilih software simulasi untuk pengujian komputer [CPMK 4]. |
1. Ketepatan dalam memilih software simulasi untuk pengujian desain sistem kendali motor induksi 3 fasa. |
Kriteria : |
PjBL (Project Based Learning) : a). Kuliah Luring. b). Kuliah Daring. c). Diskusi Sinkron.
a. Teori : 2 x 50’ b. Terstruktur : 2 x 60’ c. Mandiri : 2 x 60’ B. Praktek : 2 x 170’ |
Materi Pembelajaran PjBL (Project Based Learning) 11 : Pustaka : 1. Rangkaian Ekivalensi (Harlow, 2007), (Anthony, 2018). |
5 |
|||
12 | Sub-CPMK 8 : Mampu membangun dan menguji desain sistem kendali motor listrik [CPMK 4]. |
1. Ketepatan dalam memilih software simulasi untuk pengujian desain sistem kendali motor induksi 3 fasa. |
Kriteria : |
PjBL (Project Based Learning) : a). Kuliah Luring. b). Kuliah Daring. c). Diskusi Sinkron.
a. Teori : 2 x 50’ b. Terstruktur : 2 x 60’ c. Mandiri : 2 x 60’ B. Praktek : 2 x 170’
Tugas 4 (PjBL) : |
Materi Pembelajaran PjBL (Project Based Learning) 12 : Pustaka : 1. Rangkaian Ekivalensi (Harlow, 2007), (Anthony, 2018). |
5 |
|||
13 | Sub-CPMK 9 : Mampu merancang dan memvalidasi design sistem kendali motor induksi 3 fasa [CPMK 5]. |
1. Ketepatan dalam menghitung dan menentukan komponen pada Bill of Material (BOM) pembuatan sistem kendali motor induksi 3 fasa. |
Kriteria : |
PjBL (Project Based Learning) : a). Kuliah Luring. b). Kuliah Daring. c). Diskusi Sinkron.
a. Teori : 2 x 50’ b. Terstruktur : 2 x 60’ c. Mandiri : 2 x 60’ B. Praktek : 2 x 170’ |
Materi Pembelajaran PjBL (Project Based Learning) 13 : Pustaka : 1. Rangkaian Ekivalensi (Harlow, 2007), (Anthony, 2018). |
5 |
|||
14 | Sub-CPMK 9 : Mampu merancang dan memvalidasi design sistem kendali motor induksi 3 fasa [CPMK 5]. |
1. Ketepatan dalam menghitung dan menentukan komponen pada Bill of Material (BOM) pembuatan sistem kendali motor induksi 3 fasa. |
Kriteria : |
PjBL (Project Based Learning) : a). Kuliah Luring. b). Kuliah Daring. c). Diskusi Sinkron.
a. Teori : 2 x 50’ b. Terstruktur : 2 x 60’ c. Mandiri : 2 x 60’ B. Praktek : 2 x 170’ |
Materi Pembelajaran PjBL (Project Based Learning) 14 : Pustaka : 1. Rangkaian Ekivalensi (Harlow, 2007), (Anthony, 2018). |
5 |
|||
15 | Sub-CPMK 9 : Mampu merancang dan memvalidasi design sistem kendali motor induksi 3 fasa [CPMK 5]. |
1. Ketepatan dalam menghitung dan menentukan komponen pada Bill of Material (BOM) pembuatan sistem kendali motor induksi 3 fasa. |
Kriteria : |
PjBL (Project Based Learning) : a). Kuliah Luring. b). Kuliah Daring. c). Diskusi Sinkron.
a. Teori : 2 x 50’ b. Terstruktur : 2 x 60’ c. Mandiri : 2 x 60’ B. Praktek : 2 x 170’ |
Materi Pembelajaran PjBL (Project Based Learning) 14 : Pustaka : 1. Rangkaian Ekivalensi (Harlow, 2007), (Anthony, 2018). |
5 |
|||
16 | Sub-CPMK 10 : Mampu menyusun laporan pengujian sistem kendali motor induksi 3 fasa [CPMK 5]. |
1. Ketepatan dalam memilih software simulasi untuk pengujian desain sistem kendali motor induksi 3 fasa. |
Kriteria :
|
PjBL (Project Based Learning) : a). Kuliah Luring. b). Kuliah Daring. c). Diskusi Sinkron. A. Tatap Muka : a. Teori : 2 x 50’ b. Terstruktur : 2 x 60’ c. Mandiri : 2 x 60’ B. Praktek : 2 x 170’ |
Materi Pembelajaran PjBL (Project Based Learning) 16 : Pustaka : 1. Rangkaian Ekivalensi (Harlow, 2007), (Anthony, 2018). |
15 |
|||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Mikail Eko Prasetyo Widagda lahir di Balikpapan pada tanggal Jabatan fungsional Jurusan TEKNIK ELEKTRO Program Studi Teknologi Listrik |
|