.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:mikail.eko@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 3:49 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK ELEKTRO |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNOLOGI LISTRIK |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2024/2025 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Elektro Mekanikal |
TL230622 |
0 |
2 |
2 |
84 |
3 |
02-01-2025 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Mikail Eko Prasetyo Widagda S.T., M.T. |
Andi Sri Irtawaty S.T., M.Eng. |
|||||||
NIP/NIK. 197807012021211008 |
NIP/NIK. 197704012021212005 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-1) bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius (S-2) menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika (S-3) berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila (S-4) berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa (S-5) menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain (S-6) bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (S-7) taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara (S-8) menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S-9) menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri, dan (S-10) menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan. |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-1) Menguasai konsep teoritis matematika teknik dan fisika terapan terkait dengan praktek instalasi dan konfigurasi, interpretasi instruksi, pengoperasian, pengujian, pemeliharaan dan perbaikan untuk menyelesaikan permasalahan bidang instrumentasi dan sistem kendali. (P-2) Menguasai pengetahuan tentang teknik pengujian dan pengukuran instrumentasi dan sistem kendali menggunakan prosedur dan standar IEC . (P-3) Menguasai pengetahuan tentang perangkat pemrograman, simulasi dan penggunaan teknologi informasi untuk rekayasa dan penyelesaian pekerjaan bidang instrumentasi dan sistem kendali. (P-4) Menguasai pengetahuan tentang IEC pada bidang instrumentasi dan sistem kendali (P-5) Menguasai konsep teoritis tentang sains terapan pada bidang instrumentasi dan sistem kendali. (P-6) Menguasai pengetahuan tentang tata cara komunikasi dengan pihak lain dengan memperhatikan etika komunikasi. (P-7) Menguasai prinsip dan issue terkini dalam ekonomi, sosial, ekologi secara umum (P-8) Menguasai pengetahuan tentang SOP perbengkelan, aktivitas laboratorium dan K3. (P-9) Menguasai pengetahuan tentang perkembangan teknologi terkini dan terbaru dalam bidang otomasi dan instalasi sistem kelistrikan pada bangunan dengan level listrik tegangan rendah dan menengah |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-1) Mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas dan menganalisis data dengan beragam metode yang sesuai, baik yang belum maupun yang sudah baku (KU-2) mampu menunjukkan kinerja bermutu dan terukur (KU-3) mampu memecahkan masalah pekerjaan dengan sifat dan konteks yang sesuai dengan bidang keahlian perapannya didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggung jawab atas hasilnya secara mandiri (KU-4) mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih serta mengomunikasikan-nya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan (KU-5) mampu bekerja sama, berkomunikasi, dan berinovatif dalam pekerjaannya (KU-6) mampu bertanggung- jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan valuasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya, dan (KU-7) mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mengelola pengembangan kompetensi kerja secara mandiri (KU-8) mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-1) Mampu menyelesaikan masalah instalasi listrik tegangan rendah serta operasi & pemeliharaan sampai dengan tegangan menengah 20 KV dengan menerapkan matematika terapan, kelistrikan dan kemagnetan, rekayasa jaringan tegangan rendah dan menengah (KK-2) Mampu mengidentifikasi dan menyelesaikan pekerjaan pemasangan dan pengawasan instalasi listrik, serta operasi dan pemeliharaan peralatan listrik menggunakan prosedur dengan acuan Standar SNI, IEC, dan standar lain yang terkait, dan dengan memperhatikan faktor - faktor ekonomi, kesehatan, keselamatan publik, dan lingkungan. (KK-3) Mampu merancang instalasi listrik dalam bentuk gambar teknik secara manual dan / atau software aplikasi CAD. (KK-4) Mampu melaksanakan pemasangan dan pengawasan instalasi listrik sesuai dengan gambar rancangan. (KK-5) Mampu mengoperasikan dan mengendalikan peralatan dan mesin listrik dengan menggunakan peralatan berbasis teknologi elektromagnetik dan VSD (Variable Speed Drive), kendali terprogram, SCADA, sistem terkomputerisasi dan teknologi IT. (KK-6) Mampu melakukan pengujian dan pengukuran kelaikan instalasi berdasarkan prosedur dan standar (SNI, IEC, SPLN), dengan menyajikan hasil analisis berdasarkan metoda yang dipilih. (KK-7) Mampu mengikuti perkembangan teknik dan teknologi isu terkini yang terkait di bidang kelistrikan. (KK-8) Mampu menggunakan teknologi terkini dan terbaru yang mengacu kepada metode dan standar industri untuk menyelesaikan pekerjaan (KK-9) Mampu merancang proses dan komponen sistem pemanfaatan energi baru terbarukan dengan pendekatan analisis, dan mempertimbangkan standar teknis, aspek kinerja, keandalan, kemudahan penerapan, keberlanjutan, serta memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan dan keselamatan publik, kultural, sosial, dan lingkungan |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CPMK 1 : Mampu memahami dan mendemostrasikan prinsip K3 bidang ketenagalistrikan pada bengkel listrik sesuai dengan Standar Operasional Prosedure (SOP). CPMK 2 : Mampu membuat dan memperkirakan rancangan anggaran biaya pembuatan panel listrik dengan benar |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub-CPMK 1 : Mampu mengkaji, menyimpulkan dan mendemonstrasikan SOP bengkel listrik dan melaporkan dalam bentuk tertulis dan oral secara kolaboratif. Sub-CPMK 2 : Mampu menciptakan budaya K3 bidang ketenagalistrikan pada bengkel listrik Sub-CPMK 3 : Mampu mengoptimalkan pemanfaatan peralatan dan bahan untuk menyelesaikan suatu project Sub-CPMK 4 : Mampu merancang panel untuk mengendalikan motor listrik satu phasa |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Elektro Mekanikal mempelajari : |
|||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
|
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama : |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media Pembelajaran : |
|||||||
Dosen Pengampu |
Mikail Eko Prasetyo Widagda, |
Mata Kuliah |
Elektro Mekanikal |
|||
Kode Mata Kuliah |
TL230622 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub-CPMK 1 : Menjelaskan K3 pada Sistem Pneumatik. |
Mahasiswa/i mampu menjelaskan K3 pada Sistem Pneumatik. |
Kriteria : Ketepatan dan Penguasaan Materi. Bentuk Penilaian : Case Based Learning (CBL) 1 dan UTS (Ujian Tengah Semester). |
CBL : |
Materi Pembelajaran CBL 1 : Pustaka Utama :
|
0 |
|||
2 | Sub-CPMK 2 : Menjelaskan fungsi komponen dasar Sistem Pneumatik menggunakan software simulasi sistem (Fluidsim) untuk mensimulasikan Sistem Pneumatik |
1. Mahasiswa/i mampu menjelaskan jenis dan fungsi komponen pneumatik menggunakan software simulasi sistem (Fluidsim) untuk mensimulasikan Sistem Pneumatik. |
Kriteria : Ketepatan dan Penguasaan Materi. |
CBL : |
Materi Pembelajaran CBL 2 : Pustaka Utama :
|
0 |
|||
3 | Sub-CPMK 3 : Menjelaskan rangkaian kendali manual, otomatis dan semi otomatis. |
Mahasiswa/i mampu menjelaskan kendali manual, otomatis dan semi otomatis. |
Kriteria : Ketepatan dan Penguasaan Materi. |
CBL : |
Materi Pembelajaran CBL 3 : Pustaka Utama :
|
4 |
|||
4 | Sub-CPMK 4 : Menjelaskan prinsip kerja, penggunaan dan aplikasi elektro pneumatik (Single Acting Cylinder dengan 3/2 Way Valve). |
Mahasiswa/i mampu menjelaskan prinsip kerja, penggunaan dan aplikasi elektro pneumatik (Single Acting Cylinder dengan 3/2 Way Valve). |
Kriteria : Ketepatan dan Penguasaan Materi. Bentuk Penilaian : Case Based Learning (CBL) 4 dan UTS (Ujian Tengah Semester). |
CBL : Diskusi, Tanya Jawab, dan Materi Pembelajaran CBL 4 (Praktikum) : 4 x 50 menit. |
Materi Pembelajaran CBL 4 : 1. Elektro Pneumatik Single Acting Cylinder (Single Solenoid) dengan 3/2 Way Valve. Pustaka Utama :
|
2 |
|||
5 | Sub-CPMK 5 : Menjelaskan prinsip kerja, penggunaan dan aplikasi elektro pneumatik (Double Acting Cylinder (Single Solenoid) dengan 5/2 Way Valve). |
Mahasiswa/i mampu menjelaskan prinsip kerja, penggunaan dan aplikasi elektro pneumatik (Double Acting Cylinder (Single Solenoid) dengan 5/2 Way Valve). |
Kriteria : Ketepatan dan Penguasaan Materi. Bentuk Penilaian : Case Based Learning (CBL) 5 dan UTS (Ujian Tengah Semester). |
CBL : Diskusi, Tanya Jawab, dan Materi Pembelajaran CBL 5 (Praktikum) : 4 x 50 menit. |
Materi Pembelajaran CBL 5 : 1, Elektro Pneumatik Double Acting Cylinder (Single Solenoid) dengan 5/2 Way Valve (Hubungan Seri dan Paralel). Pustaka Utama :
|
2 |
|||
6 | Sub-CPMK 6 : Menjelaskan prinsip kerja, penggunaan dan aplikasi elektro pneumatik (Double Acting Cylinder (Single Solenoid) dengan 5/2 Way Valve (Latching Circuit)). |
Mahasiswa/i mampu menjelaskan prinsip kerja, penggunaan dan aplikasi elektro pneumatik (Double Acting Cylinder (Single Solenoid) dengan 5/2 Way Valve (Latching Circuit)). |
Kriteria : Ketepatan dan Penguasaan Materi. Bentuk Penilaian : Case Based Learning (CBL) 6 dan UTS (Ujian Tengah Semester). |
CBL : Diskusi, Tanya Jawab, dan Materi Pembelajaran CBL 6 (Praktikum) : 4 x 50 menit. |
Materi Pembelajaran CBL 6 : 1. Double Acting Cylinder (Single Solenoid) dengan 5/2 Way Valve (Latching Circuit). Pustaka Utama :
|
2 |
|||
7 | Sub-CPMK 7 : Menjelaskan prinsip kerja, penggunaan dan aplikasi elektro pneumatik (Double Acting Cylinder (Single Solenoid) dengan 5/2 Way Valve (Forward Reverse Continuously dengan Limit Switch dan Proximity Switch)). |
Mahasiswa/i mampu menjelaskan prinsip kerja, penggunaan dan aplikasi elektro pneumatik (Double Acting Cylinder (Single Solenoid) dengan 5/2 Way Valve (Forward Reverse Continuously dengan Limit Switch dan Proximity Switch)). |
Kriteria : Ketepatan dan Penguasaan Materi. Bentuk Penilaian : Case Based Learning (CBL) 7 dan UTS (Ujian Tengah Semester). |
CBL : Diskusi, Tanya Jawab, dan Materi Pembelajaran CBL 7 (Praktikum) : 4 x 50 menit. |
Materi Pembelajaran CBL 7 : 1. Elektro Pneumatik Double Acting Cylinder (Single Solenoid) dengan 5/2 Way Valve (Forward Reverse Continuously dengan Limit Switch dan Proximity Switch). Pustaka Utama :
|
2 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
25 |
|||||||
9 | Sub-CPMK 9 : Menjelaskan prinsip kerja, penggunaan dan aplikasi elektro pneumatik (Double Acting Cylinder (Single Solenoid) dengan 5/2 Way Valve (Kendali Solenoid dengan Timer)). |
Mahasiswa/i mampu menjelaskan prinsip kerja, penggunaan dan aplikasi elektro pneumatik (Double Acting Cylinder (Single Solenoid) dengan 5/2 Way Valve (Kendali solenoid dengan timer)) |
Kriteria : Ketepatan dan Penguasaan Materi. Bentuk Penilaian : Case Based Learning (CBL) 9 dan UAS (Ujian Akhir Semester). |
CBL : Diskusi, Tanya Jawab, dan Materi Pembelajaran CBL 9 (Praktikum) : 4 x 50 menit. |
Materi Pembelajaran CBL 9 : 1. Elektro Pneumatik Double Acting Cylinder (Single Solenoid) dengan 5/2 Way Valve (Kendali solenoid dengan timer) Pustaka Utama :
|
2 |
|||
10 | Sub-CPMK 10 : Menjelaskan prinsip kerja, penggunaan dan aplikasi elektro pneumatik (Double Acting Cylinder (Single Solenoid) dengan 5/2 Way Valve (Kendali Solenoid dengan Counter)). |
Mahasiswa/i mampu menjelaskan prinsip kerja, penggunaan dan aplikasi elektro pneumatik (Double Acting Cylinder (Single Solenoid) dengan 5/2 Way Valve (Kendali solenoid dengan counter)). |
Kriteria : Ketepatan dan Penguasaan Materi. Bentuk Penilaian : Case Based Learning (CBL) 10 dan UAS (Ujian Akhir Semester). |
CBL : Diskusi, Tanya Jawab, dan Materi Pembelajaran CBL 10 (Praktikum) : 4 x 50 menit. |
Materi Pembelajaran CBL 10 : 1. Elektro Pneumatik Kendali Dua Buah Double Acting Cylinder dengan 5/2 Way Valve Double Solenoid 4 Step (A+ A- B+ B-). Pustaka Utama :
|
4 |
|||
11 | Sub-CPMK 11 : Menjelaskan prinsip kerja, penggunaan dan aplikasi elektro pneumatik (Kendali Dua Buah Double Acting Cylinder dengan 5/2 Way Valve Double Solenoid 4 Step). |
Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip kerja, penggunaan dan aplikasi elektro pneumatik (Kendali Dua Buah Double Acting Cylinder dengan 5/2 Way Valve Double Solenoid 4 Step). |
Kriteria : Ketepatan dan Penguasaan Materi. Bentuk Penilaian : Case Base Learning (CBL) 11 dan UAS (Ujian Akhir Semester). |
CBL : Diskusi, Tanya Jawab, dan Materi Pembelajaran CBL 11 (Praktikum) : 4 x 50 menit. |
Materi Pembelajaran CBL 11 : 1. Elektro Pneumatik Kendali Dua Buah Double Acting Cylinder dengan 5/2 Way Valve Double Solenoid 4 Step (A+ A- B+ B-). Pustaka Utama : 1. Margiono Abdillah, Pengendalian Mesin Industri Secara ElektroPneumatik, 2016.
|
4 |
|||
12 | Sub-CPMK 12 : Menjelaskan prinsip kerja, penggunaan dan aplikasi elektro pneumatik (Kendali Dua Buah Double Acting Cylinder dengan 5/2 Way Valve Double Solenoid 4 Step). |
Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip kerja, penggunaan dan aplikasi elektro pneumatik (Kendali Dua Buah Double Acting Cylinder dengan 5/2 Way Valve Double Solenoid 4 Step). |
Kriteria : Ketepatan dan Penguasaan Materi. Bentuk Penilaian : Case Base Learning (CBL) 12 dan UAS (Ujian Akhir Semester). |
CBL : Diskusi, Tanya Jawab, dan Materi Pembelajaran CBL 12 (Praktikum) : 4 x 50 menit. |
Materi Pembelajaran CBL 12 : 1. Elektro Pneumatik Kendali Dua Buah Double Acting Cylinder dengan 5/2 Way Valve Double Solenoid 4 Step (A+ B- B+ A-).
Pustaka Utama : 1. Margiono Abdillah, Pengendalian Mesin Industri Secara ElektroPneumatik, 2016. |
4 |
|||
13 | Sub-CPMK 13 : Menjelaskan prinsip kerja, penggunaan dan aplikasi elektro pneumatik (Kendali Dua Buah Double Acting Cylinder dengan 5/2 Way Valve Double Solenoid 4 Step). |
Mahasiswa/i mampu menjelaskan prinsip kerja, penggunaan dan aplikasi elektro pneumatik (Kendali dua buah Double Acting Cylinder dengan 5/2 way valve double solenoid 4 step). |
Kriteria : Ketepatan dan Penguasaan Materi. Bentuk Penilaian : Case Base Learning (CBL) 13 dan UAS (Ujian Akhir Semester). |
CBL : Diskusi, Tanya Jawab, dan Materi Pembelajaran CBL 13 (Praktikum) : 4 x 50 menit. |
Materi Pembelajaran CBL 13 : 1. Elektro Pneumatik Kendali Dua Buah Double Acting Cylinder dengan 5/2 way valve double solenoid 4 step (A- B- B+ A+).
Pustaka Utama : 1. Margiono Abdillah, Pengendalian Mesin Industri Secara ElektroPneumatik, 2016. |
4 |
|||
14 | Sub-CPMK 14 : Menjelaskan prinsip kerja, penggunaan dan aplikasi elektro pneumatik (Kendali Dua Buah Double Acting Cylinder dengan 5/2 Way Valve Double Solenoid ( Sensor Proximity dan Limit Switch)). |
Mahasiswa/i mampu menjelaskan prinsip kerja, penggunaan dan aplikasi elektro pneumatik (Kendali Dua Buah Double Acting Cylinder Dengan 5/2 Way Valve Double Solenoid (Timer, Counter, dan Limit Switch)). |
Kriteria : |
CBL : |
Materi Pembelajaran CBL 14 : Pustaka Utama : |
4 |
|||
15 | Sub-CPMK 15 : Menjelaskan prinsip kerja, penggunaan dan aplikasi elektro pneumatik (Kendali Dua Buah Double Acting Cylinder dengan 5/2 Way Valve Double Solenoid (Timer, Counter dan Limit Switch)). |
Mahasiswa/i mampu menjelaskan prinsip kerja, penggunaan dan aplikasi elektro pneumatik (Kendali Dua Buah Double Acting Cylinder Dengan 5/2 Way Valve Double Solenoid (Timer, Counter, dan Limit Switch)). |
Kriteria : |
CBL : |
Materi Pembelajaran CBL 15 : Pustaka Utama : 1. Margiono Abdillah, Pengendalian Mesin Industri Secara ElektroPneumatik, 2016. |
6 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
35 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Mikail Eko Prasetyo Widagda lahir di Balikpapan pada tanggal Jabatan fungsional Jurusan TEKNIK ELEKTRO Program Studi Teknologi Listrik |
|