.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:kety.lulu@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 1:12 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN AKUNTANSI |
|
||||||
PROGRAM
STUDI PERBANKAN DAN KEUANGAN DIGITAL |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2024/2025 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Digital Marketing |
PK.120922 |
1 |
1 |
2 |
42 |
2 |
01-02-2025 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Kety Lulu Agustin S.E., M.M. |
Made Lia Ananda Dewi S.E,. M.M |
|||||||
NIP/NIK. 2021.90.005 |
NIP/NIK. 199103012024062001 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-5) Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain (S-6) Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-2) Menguasai konsep dan teknik komunikasi bisnis, pelayanan nasabah, hukum dan etika bisnis (P-6) Menguasai konsep dan teknik manajemen pemasaran |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-3) Mampu mengkaji kasus penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang bidang Perbankan dan Keuangan Digital dalam rangka menghasilkan prototype, prosedur baku, desain atau karya seni, menyusun hasil kajiannya dalam bentuk kertas kerja, spesifikasi desain, atau esai seni, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi (KU-4) Mampu menyusun hasil kajian bidang Perbankan dan Keuangan Digital dalam bentuk kertas kerja, spesifikasi desain, atau esai seni, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi (KU-5) Mampu mengambil keputusan secara tepat berdasarkan prosedur baku, spesifikasi desain, persyaratan keselamatan dan keamanan kerja dalam melakukan supervisi dan evaluasi pada pekerjaannya |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-2) Mampu mengembangkan kompetensi Perbankan dan Keuangan Digital untuk mendukung kemajuan industri (KK-5) Mampu mendukung kemajuan perusahaan dengan mengembangkan keahlian Perbankan dan Keuangan Digital (KK-6) Mampu mengidentifikasi potensi nasabah dan menawarkan produk kredit kepada nasabah |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
Setelah mengikuti mata kuliah Digital Marketing diharapkan mahasiswa mampu memahami dan mengaplikasikan mempromosikan merek, membangun preferensi dan melakukan penjualan melalui berbagai media/teknologi digital dalam kehidupan sehari-hari untuk memulai membangun sikap entrepreneur dan berwirausaha sendiri. |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Mahasiswa mampu membuat profil usaha dan menganalisis kata kuncinya Mahasiswa mampu menggunakan aplikasi atau situs untuk berinovasi dalam membuat iklan Mahasiswa mampu membuat artikel yang baik Mahasiswa mampu menggunakan aplikasi atau situs untuk promosi Mahasiswa mengerti konsep digital marketing Mahasiswa mengerti gambaran besar aplikasi atau situs yang digunakan untuk kegiatan promosi Mahasiswa mampu menerapkan pengelolaan Caption dan Reaction di Media Digital Mahasiswa Menerapkan Pengelolaan Konten di Media Digital Berbasis Tools Mahasiswa Memahami Pengukuran dan Analisis di Media Digital Mahasiswa mampu Meyusun Rencana Program & Anggaran Komunikasi Kehumasan |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Digital Marketing mempelajari tentang bagaimana cara memasarkan produk/jasa secara digital. | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Artikel, canva, blog, website, google bisnisku, digital public relations |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: Buku modul smile group Afrilia, A. M. (2018). Digital Marketing Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran
“Waroenk Ora Umum” Dalam Meningkatkan Jumlah Konsumen. Jurnal
Riset Komunikasi, 147-157. Pengantar Digital Marketing, Nur Sabila Silabus 2024 Digital Public relations Agustin, Kety Lulu. Dkk. Pemasaran Digital, Pemasangan Papan Informasi Sejarah Uang dan Pembuatan Logo pada Usaha Mikro Kecil dan Menegan (UMKM) di Pasar Tumpah Pringgodani Balikpapan. 2024 |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : Komputer, papan tulis, spidol, meja, kursi |
|||||||
Dosen Pengampu |
Kety Lulu Agustin, |
Mata Kuliah |
Digital Marketing |
|||
Kode Mata Kuliah |
PK.120922 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Mahasiswa mengerti konsep digital marketing |
|
Absensi, Sikap, Tugas dan Aktif dalam perkuliahan |
2 x 50 menit Kontekstual PJBL |
1. Kontrak dan RPS 2. Digital Marketing
|
4 |
|||
2 | Mahasiswa mengerti konsep digital marketing |
Mahasiswa mampu:
|
Absensi, Sikap, Tugas dan Aktif dalam perkuliahan |
2 x 50 menit Kontekstual PJBL |
Merancang pembuatan Website terdiri dari :
|
4 |
|||
3 | Mahasiswa mampu menerapkan pengelolaan Caption dan Reaction di Media Digital |
|
Absensi, Sikap, Tugas dan Aktif dalam perkuliahan |
2 x 50 menit Kontekstual PJBL |
|
3 |
|||
4 | Mahasiswa mampu membuat profil usaha dan menganalisis kata kuncinya |
Mahasiswa mampu memahami dan membuat kata kunci dan google trend |
Absensi, Sikap, Tugas dan Aktif dalam perkuliahan |
2 x 50 menit Berpusat pada mahasiswa PJBL |
|
4 |
|||
5 | Mahasiswa Memahami Pengukuran dan Analisis di Media Digital |
|
Absensi, Sikap, Tugas dan Aktif dalam perkuliahan |
2 x 50 menit Kontekstual PJBL |
|
4 |
|||
6 | Mahasiswa mengerti gambaran besar aplikasi atau situs yang digunakan untuk kegiatan promosi |
Mahasiswa mampu
|
Absensi, Sikap, Tugas dan Aktif dalam perkuliahan |
2 x 50 menit Kontekstual PJBL |
Pemasaran pada E-Commerce:
|
4 |
|||
7 | Mahasiswa mengerti gambaran besar aplikasi atau situs yang digunakan untuk kegiatan promosi |
Mahasiswa mampu:
|
Absensi, Sikap, Tugas dan Aktif dalam perkuliahan |
2 x 50 menit kontekstual PJBL |
Pemasaran Online Menggunakan Media Sosial, terdiri dari:
|
3 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
25 |
|||||||
9 | Mahasiswa Menerapkan Pengelolaan Konten di Media Digital Berbasis Tools |
|
Absensi, Sikap, Tugas dan Aktif dalam perkuliahan |
2 x 50 menit Kontekstual PJBL |
|
3 |
|||
10 | Mahasiswa mampu menggunakan aplikasi atau situs untuk berinovasi dalam membuat iklan |
Mahasiswa mampu berkreasi dengan mempercantik iklan menggunakan Canva dan meletakkan pada media iklan. |
Absensi, Sikap, Tugas dan Aktif dalam perkuliahan |
2 x 50 menit Berpusat pada mahasiswa PJBL |
|
3 |
|||
11 | Mahasiswa mampu membuat artikel yang baik |
Mahasiswa praktek menulis artikel dengan mudah |
Absensi, Sikap, Tugas dan Aktif dalam perkuliahan |
2 x 50 menit Berpusat pada mahasiswa PJBL |
Praktek menulis artikel
|
3 |
|||
12 | Mahasiswa mampu menggunakan aplikasi atau situs untuk promosi |
Mahasiswa mampu:
|
Absensi, Sikap, Tugas dan Aktif dalam perkuliahan |
2 x 50 menit Berpusat pada mahasiswa PJBL |
Pemasaran melalui blog :
|
4 |
|||
13 | Mahasiswa mampu menggunakan aplikasi atau situs untuk promosi |
Mahasiswa mampu memahami dan membuat web & landing page |
Absensi, Sikap, Tugas dan Aktif dalam perkuliahan |
2 x 50 menit Berpusat pada mahasiswa PJBL |
|
3 |
|||
14 | Mahasiswa mampu menggunakan aplikasi atau situs untuk promosi |
Mahasiswa mampu memahami dan membuat google bisnisku |
Absensi, Sikap, Tugas dan Aktif dalam perkuliahan |
2 x 50 menit Berpusat pada mahasiswa PJBL |
|
4 |
|||
15 | Mahasiswa mampu Meyusun Rencana Program & Anggaran Komunikasi Kehumasan |
|
Absensi, Sikap, Tugas dan Aktif dalam perkuliahan |
2 x 50 menit Kontekstual PJBL |
|
4 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
25 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Kety Lulu Agustin lahir di Balikpapan pada tanggal 06-08-1991 Jabatan fungsional Jurusan AKUNTANSI Program Studi Perbankan dan Keuangan Digital |
|