.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:zulkarnain@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 1:55 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK ELEKTRO |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNOLOGI LISTRIK |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2024/2025 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Kewarganegaraan |
TL110222 |
2 |
0 |
2 |
28 |
1 |
08-09-2024 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Zulkarnain M.Pd. |
Hadiyanto S.T., M. Eng. |
|||||||
NIP/NIK. 199301042020121005 |
NIP/NIK. 198007082014041001 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-2) menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CP-MK:Mampu menganalisis konsep dan Realita Pancasila sebagai Ideologi Negara serta Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika dan warga negara yang memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub CP-MK1:Mampu menganalisis pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan Sub CP-MK2:Mampu menganalisis Konstitusi Indonesia Sub CP-MK3:Mampu menganalisis Identitas Nasional Indoensia Sub CP-MK4:Mampu menganalisis Integrasi Nasional Indonesia Sub CP-MK5:Mampu menganalisis Dinamika Demokrasi Indonesia Sub CP-MK6:Mampu menganalisis Hak dan Kewajiban Warga Negara Sub CP-MK7:Mampu menganalisis peran Pajak dalam Pembangunan Indoensia Sub CP-MK8:Mampu menganalisis Multikulturalisme dan ragam suku di Indonesia Sub CP-MK9:Mampu menganalisis bentuk keadilan dan ketidakadilan di Indonesia Sub CP-MK10:Mampu Menganalisis kasus-kasus kekerasan seksual di Indonesia Sub CP-MK11:Mampu Menganalisis bahaya Radikalisme dan Terorisme Sub CP-MK12:Mampu menganalisis budaya populer dan Gaya Hidup Warga negara di Indonesia Sub CP-MK 13:Mampu menganalisis Praktek Hak Asasi Manusia di Indonesia Sub CP-MK14:Mampu menganalisis Kasus Tindak pidana Korupsi di Indonesia |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Pada mata kuliah Kewarganegaraan mahasiswa akan mempelajari Pentingnya pendidikan kewarganegaraan, Identitas nasional, Integrasi nasional, konstitusi di Indonesia, kewajiban dan hak negara dan warga negara, Dinamika demokrasi di Indonesia, penegakan hukum di Indonesia, wawasan nusantara, Pertahanan nasional, Korupsi, dan Kesadaran Pajak. Materi ini bertujuan untuk membekali mahasiswa agar memiliki kemampuan analitis berkaitan dengan Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhineka Tunggal Ika serta mahasiswa mengimplementasikan praktik warga negara yang memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air. |
|||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
UUD 1945 sebagai Konstitusi Negara Republik Indonesia |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: Asshiddiqie,
J. (2006). Pengantar Ilmu Hukum Tata negara jilid 1. Sekretariat
Jenderal dan kepaniteraan Mahkamah Konstitusi.
Asshiddiqqie, J. (2006). Pengantar Ilmu Hukum Tata Negara jilid II. Sekretariat Jenderal dan kepaniteraan Mahkamah
Konstitusi Ismail,
& Hartini, S. (2020). Pendidikan Kewarganegaraan: Konsep dasar kehidupan
berbangsa dan bernegara di Indonesia. Qiara Media. Kalidjernih,
F. K. (2011). Puspa Ragam Konsep dan Isu Kewarganegaraan. Widya Aksara
Press. Ridhuan,
S., & Wahid, A. (2018). Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi.
University Press Universitas Esa Unggul Jakarta. Robert,
R., & Boli, H. T. (2010). Pengantar Sosiologi Kewarganegaraan Dari Marx
Sampai Dengan Agamben. Marjin Kiri. Sarbani,
& Akhyar, Z. (2013). Pendidikan Kewarganegaraan untuk Perguruan Tinggi:
Membina Karakter Warga Yang Baik. Aswaja Pressindo Yogyakarta. Susiatik,
T. (2020). Ilmu Kewarganegaraan (Civics). Cerdas Ulet Kreatif. Tim
Kemendikbudristek. (2016). Pendidikan Kewarganegaraan untuk perguruan tinggi.
Direktorat Jenderal Pembelajaran dan kemahasiswaan Kementerian Riset,
Teknologi, dan pendidikan Tinggi Republik Indonesia.
Wahab,
A. A., & Sapriya. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan.
Alfabeta. |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : Modul Kewarganegaraan, Laptop, PC, dan LCD Proyektor |
|||||||
Dosen Pengampu |
Zulkarnain, |
Mata Kuliah |
Kewarganegaraan |
|||
Kode Mata Kuliah |
TL110222 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub CP-MK1: Mampu menganalisis pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan |
|
Ketepatan dalam menganalisis
Non Tes |
Sifat: Saintifik Ceramah dan Tanya Jawab TM:2x 50 Menit PT:2x60 Menit BM:2x60 Menit |
Tim Kemendikbudristek. (2016). Pendidikan Kewarganegaraan untuk perguruan tinggi. Direktorat Jenderal Pembelajaran dan kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan pendidikan Tinggi Republik Indonesia.
|
3 |
|||
2 | Sub CP-MK2: Mampu menganalisis Konstitusi Indonesia |
|
Kriteria: Fortofolio Bentuk: Non-tes
Makalah hasil analisis konstitusi di Indonesia
|
Sifat: Saintifik CBL TM: 2x50 Menit PT: 2x60 Menit BM: 2x60 Menit |
Asshiddiqie, J. (2006). Pengantar Ilmu Hukum Tata negara jilid 1. Sekretariat Jenderal dan kepaniteraan Mahkamah Konstitusi. Asshiddiqqie, J. (2006). Pengantar Hukum Tata Negara jilid II. Sekretariat Jenderal dan kepaniteraan Mahkamah Konstitusi. |
5 |
|||
3 | Sub CP-MK3: Mampu menganalisis Identitas Nasional Indoensia |
|
Ketepatan dalam menganalisis
Non-tes Makalah Identitas Nasional |
Sifat: Saintifik CBL TM: 2x50 Menit PT: 2x60 Menit BM: 2x60 Menit |
Ismail, & Hartini, S. (2020). Pendidikan Kewarganegaraan: Konsep dasar kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia. Qiara Media. |
5 |
|||
4 | Sub CP-MK4: Mampu menganalisis Integrasi Nasional Indonesia |
|
Ketepatan dalam menganalisis
Non-tes Makalah Integrasi dan Disintegrasi Nasional di Indonesia
|
Sifat: Saintifik CBL TM: 2x50 Menit PT: 2x60 Menit BM: 2x60 Menit |
Ridhuan, S., & Wahid, A. (2018). Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. University Press Universitas Esa Unggul Jakarta. |
5 |
|||
5 | Sub CP-MK5: Mampu menganalisis Dinamika Demokrasi Indonesia |
|
Ketepatan dalam menganalisis
Non-Tes Makalah Demokrasi di Indonesia |
Sifat: Saintifik CBL TM: 2x50 Menit PT: 2x60 Menit BM: 2x60 Menit |
Wahab, A. A., & Sapriya. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Alfabeta. |
5 |
|||
6 | Sub CP-MK6: Mampu menganalisis Hak dan Kewajiban Warga Negara |
|
Ketepatan dalam menganalisis
Non-Tes Makalah Hak dan Kewajiban Negara serta Warga negara di Indonesia
|
Sifat: Saintifik CBL TM: 2x50 Menit PT: 2x60 Menit BM: 2x60 Menit |
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 |
5 |
|||
7 | Sub CP-MK7: Mampu menganalisis peran Pajak dalam Pembangunan Indoensia |
|
Ketepatan dalam menganlisis
Non-tes Makalah Peran Pajak bagi pembangunan Indonesia |
Sifat: Saintifik CBL TM: 2x50 Menit PT: 2x60 Menit BM: 2x60 Menit |
Tim Kemendikbudristek. (2016). Pendidikan Kewarganegaraan untuk perguruan tinggi. Direktorat Jenderal Pembelajaran dan kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan pendidikan Tinggi Republik Indonesia. |
5 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
20 |
|||||||
9 | Sub CP-MK8: Mampu menganalisis Multikulturalisme dan ragam suku di Indonesia |
|
Ketepatan dalam menganlisis dan mendemosntrasikan
Non-tes Menyusun Artikel tentang Multikulturalisme di Indonesia |
Sifat: Saintifik Ceramah dan Tanya Jawab TM: 2x50 Menit PT: 2x60 Menit BM: 2x60 Menit |
Sarbani, & Akhyar, Z. (2013). Pendidikan Kewarganegaraan untuk Perguruan Tinggi: Membina Karakter Warga Yang Baik. Aswaja Pressindo Yogyakarta. |
3 |
|||
10 | Sub CP-MK9: Mampu menganalisis bentuk keadilan dan ketidakadilan di Indonesia |
|
Ketepatan dalam menganlisis
Non-Tes Menyusun Artikel tentang Keadilan dan Ketidakadilan di Indonesia |
Sifat: Berpusat Pada Mahasiswa Ceramah dan Tanya Jawab TM: 2x50 Menit PT: 2x60 Menit BM: 2x60 Menit |
Ismail, & Hartini, S. (2020). Pendidikan Kewarganegaraan: Konsep dasar kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia. Qiara Media. |
3 |
|||
11 | Sub CP-MK10: Mampu Menganalisis kasus-kasus kekerasan seksual di Indonesia |
|
Ketepatan dalam menganalisis
Non-Tes Menyusun artikel tentang kasus kekerasan seksual di Indonesia |
Sifat: Berpusat pada Mahasiswa Ceramah dan tanya Jawab TM: 2x50 Menit PT: 2x60 Menit BM: 2x60 Menit |
Tim Kemendikbudristek. (2016). Pendidikan Kewarganegaraan untuk perguruan tinggi. Direktorat Jenderal Pembelajaran dan kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan pendidikan Tinggi Republik Indonesia. |
3 |
|||
12 | Sub CP-MK11: Mampu Menganalisis bahaya Radikalisme dan Terorisme |
|
Ketepatan dalam menganalisis
Non-Tes Mampu menyusun Artikel tentang bahaya Radikalisme
|
Sifat: Berpusat pada Mahasiswa Ceramah dan tanya Jawab TM: 2x50 Menit PT: 2x60 Menit BM: 2x60 Menit |
Tim Kemendikbudristek. (2016). Pendidikan Kewarganegaraan untuk perguruan tinggi. Direktorat Jenderal Pembelajaran dan kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan pendidikan Tinggi Republik Indonesia. |
4 |
|||
13 | Sub CP-MK12: Mampu menganalisis budaya populer dan Gaya Hidup Warga negara di Indonesia |
|
Ketepatan dalam menganlisis
Non-Tes Mampu menyusun artikel tentang HAM di Indonesia
|
Sifat: Berpusat pada Mahasiswa Ceramah dan tanya Jawab TM: 2x50 Menit PT: 2x60 Menit BM: 2x60 Menit |
im Kemendikbudristek. (2016). Pendidikan Kewarganegaraan untuk perguruan tinggi. Direktorat Jenderal Pembelajaran dan kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan pendidikan Tinggi Republik Indonesia. |
4 |
|||
14 | Sub CP-MK 13:Mampu menganalisis Praktek Hak Asasi Manusia di Indonesia |
|
Ketepatan dalam menganlisis
Non-Tes Mampu menyusun artikel tentang Budaya Populer dan Gaya Hidup
|
Sifat: Berpusat pada Mahasiswa Ceramah dan tanya Jawab TM: 2x50 Menit PT: 2x60 Menit BM: 2x60 Menit |
Tim Kemendikbudristek. (2016). Pendidikan Kewarganegaraan untuk perguruan tinggi. Direktorat Jenderal Pembelajaran dan kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan pendidikan Tinggi Republik Indonesia. |
5 |
|||
15 | Sub CP-MK14: Mampu menganalisis Kasus Tindak pidana Korupsi di Indonesia |
|
Ketepatan dalam menganalisis
Non-Tes mampu menyusun artikel tentang kasus korupsi di Indonesia
|
Sifat: Berpusat pada Mahasiswa Ceramah dan tanya Jawab TM: 2x50 Menit PT: 2x60 Menit BM: 2x60 Menit |
Tim Kemendikbudristek. (2016). Pendidikan Kewarganegaraan untuk perguruan tinggi. Direktorat Jenderal Pembelajaran dan kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan pendidikan Tinggi Republik Indonesia. |
5 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
20 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Zulkarnain lahir di Pringgasela pada tanggal 04-01-1993 Jabatan fungsional Asisten Ahli Jurusan Program Studi |
|