.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:basri.dahlan@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 4:05 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK MESIN |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNOLOGI REKAYASA MANUFAKTUR |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2024/2025 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Agama |
RM110124 |
2 |
0 |
2 |
28 |
1 |
10-09-2024 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Basri S.Ag, M.Pd.I |
Herdian Dwimas S.T., M.T. |
|||||||
NIP/NIK. 197108272007011025 |
NIP/NIK. 199509052022031013 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-1) Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-5) Menguasai pengetahuan tentang perkembangan teknologi terbaru dan terkini |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-2) Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-6) Mampu menggunakan teknologi modern dalam melaksanakan pekerjaan. |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CPMK1: Mampu mengamalkan nilai-nilai ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari. |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub CPMK1: Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa dapat menjelaskan mengapa dan bagaimana PAI diajarkan di perguruan tinggi Sub CPMK2: Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa dapat menjelaskan mengapa manusia membutuhkan agama Sub CPMK3: Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa dapat menjelaskan bagaimana manusia bertuhan Sub CPMK4: Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa dapat menjelaskan bagaimana agama menjamin kebahagiaan. Sub CPMK5: Setelah Mengikuti kuliah ini mahasiswa memiliki sikap positif dalam kehidupan kampus, dunia kerja bermasyarakat Sub CPMK6: Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa dapat menjelaskan bagaimana mengintegrasikan iman, Islam dan ihsan dalam membentuk insan kamil Sub CPMK7: Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa dapat menjelaskan bagaimana membangun kepribadian qur’ani Sub CPMK 8: Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa dapat menyelesaikan soal yang diberikan Sub CPMK 9: Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa dapat mendeskripsikan pola irama bacaan Sub CPMK11 : Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa dapat menerapkan pola irama bacaan al-Quran Sub CPMK12: Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa dapat menjelaskan bagaimana membumikan Islam di Indonesia Sub CPMK13: Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa dapat menjelaskan bagaimana Islam menghadapi tantangan modernisasi. Sub CPMK14: Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa dapat Mengidentifikasi permasalahan agama dan sosial dan menuliskannya Sub CPMK15: Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa dapat Memahami Konsep Islam tentang Iptek, ekonomi, politik, Sosial Budaya. |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Agama ini mahasiswa mempelajari upaya membentuk karakter mahasiswa menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, dan menghargai perbedaan | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Materi pertama sampai dengan terakhir |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: Buku Pendidikan Agama Islam Perguruan Tinggi Umum, Kemristek Dikti
Daud Ali, Pendidikan Agama Islam, 2013 Raja Grafindo Persada Jakara |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : LAPTOP,LCD, Papan Tulis |
|||||||
Dosen Pengampu |
Basri, |
Mata Kuliah |
Agama |
|||
Kode Mata Kuliah |
RM110124 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub CPMK1: Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa dapat menjelaskan mengapa dan bagaimana PAI diajarkan di perguruan tinggi |
Kebenaran argumen dalam menjelaskan mengapa PAI diajarkan di perguruan tinggi |
Test- Individual: essay dan tugas |
Ceramah, Tanya Jawab, diskusi 2 x 50 Menit |
Menelusuri Konsep dan Cara Pembelajaran Agama Islam di Perguruan Tinggi Buku Pendidikan Agama Islam Perguruan Tinggi Umum, Kemristek Dikti Daud Ali, Pendidikan Agama Islam, 2013 Raja Grafindo Persada Jakara |
2 |
|||
2 | Sub CPMK2: Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa dapat menjelaskan mengapa manusia membutuhkan agama |
Kebenaran argumen dalam menjelaskan kebutuhan manusia |
Test- Individual: essay dan tugas |
Diskusi dan Tanya Jawab 2 x 50 Menit |
1. Hakekat Manusia 2. Kebutuhan Manusia Buku Pendidikan Agama Islam Perguruan Tinggi Umum, Kemristek Dikti Daud Ali, Pendidikan Agama Islam, 2013 Raja Grafindo Persada Jakara |
3 |
|||
3 | Sub CPMK3: Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa dapat menjelaskan bagaimana manusia bertuhan |
Kebenaran argumen dalam menjelaskan bagaimana manusia bertuhan |
Tes Individu. |
Diskusi dan Tanya Jawab 2 x 50 Menit |
Menelusuri Konsep Spiritualitas sebagai Landasan Kebertuhanan Menelusuri Konsep Spiritualitas sebagai Landasan Kebertuhanan |
2 |
|||
4 | Sub CPMK4: Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa dapat menjelaskan bagaimana agama menjamin kebahagiaan. |
Kebenaran argumen dalam menjelaskan bagaimana agama menjamin kebahagiaan |
Test- Individual: essay dan tugas |
Diskusi dan Tanya Jawab 2 x 50 Menit |
Menelusuri Konsep dan Karakteristik Agama sebagai Jalan Menuju Tuhan dan Kebahagiaan Buku Pendidikan Agama Islam Perguruan Tinggi Umum, Kemristek Dikti Daud Ali, Pendidikan Agama Islam, 2013 Raja Grafindo Persada Jakara |
3 |
|||
5 | Sub CPMK5: Setelah Mengikuti kuliah ini mahasiswa memiliki sikap positif dalam kehidupan kampus, dunia kerja bermasyarakat |
Kebenaran argumen dalam menjelaskan bagaimana peran dan fungsi masjid kampus dalam pengembangan budaya Islam |
Test- Individual: essay dan tugas, pengamatan dalam proses |
Simulasi dan tanya Jawab 2 x 50 menit |
Sikap dan prilaku dalam hubungan dengan Allah sesama manusia dan makhluk lain Buku Pendidikan Agama Islam Perguruan Tinggi Umum, Kemristek Dikti Daud Ali, Pendidikan Agama Islam, 2013 Raja Grafindo Persada Jakara |
2 |
|||
6 | Sub CPMK6: Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa dapat menjelaskan bagaimana mengintegrasikan iman, Islam dan ihsan dalam membentuk insan kamil |
Kebenaran argumen dalam menjelaskan bagaimana mengintegrasikan iman, Islam dan ihsan dalam membentuk insan kamil |
Test- Individual: essay dan tugas, pengamatan |
Diskusi, dan Tanya Jawab 2 X 50 Menit |
Menelusuri Konsep dan Urgensi Islam, Iman dan Ihsan dalam Membentuk Insan Kamil Buku Pendidikan Agama Islam Perguruan Tinggi Umum, Kemristek Dikti Daud Ali, Pendidikan Agama Islam, 2013 Raja Grafindo Persada Jakara |
2 |
|||
7 | Sub CPMK7: Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa dapat menjelaskan bagaimana membangun kepribadian qur`ani |
Kebenaran argumen dalam menjelaskan bagaimana mengintegrasikan iman, Islam dan ihsan dalam membangun kepribadian Qur'ani |
Penugasan, Diskusi dan tanya jawab |
Diskusi dan Tanya Jawab ( 2 x 50 ) Menit |
Konsep dan Karakteristik Paradigma Qurani untuk Menghadapi Kehidupan Modern Buku Pendidikan Agama Islam Perguruan Tinggi Umum, Kemristek Dikti Daud Ali, Pendidikan Agama Islam, 2013 Raja Grafindo Persada Jakara |
2 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
20 |
|||||||
9 | Sub CPMK9: Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa dapat mendeskripsikan kaidah hukum bacaan al-Qur`an dan mampu membaca al- Qur`an dengan indah |
Kebenaran dalam menjelaskan bagaimana hukum bacaan al-Qur'an dan contohnya |
Tes Individu |
Penjelasan dan tanya jawab ( 2 X 50 ) Menit |
Mendeskripsikan hukum Mad, nun sukun dan tanwin Buku Pendidikan Agama Islam Perguruan Tinggi Umum, Kemristek Dikti Daud Ali, Pendidikan Agama Islam, 2013 Raja Grafindo Persada Jakara |
5 |
|||
10 | Sub CPMK10: Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa dapat mendeskripsikan kaidah hukum bacaan al-Qur`an dan mampu membaca al- Qur`an dengan indah |
Kebenaran dalam menjelaskan bagaimana hukum bacaan dan contohnya |
Tes Individu |
Penjelasan, Tanya jawab dan simulasi (2 x 50 ) Menit |
Mendeskripsikan hukum Mad, nun sukun dan tanwin Buku Pendidikan Agama Islam Perguruan Tinggi Umum, Kemristek Dikti Daud Ali, Pendidikan Agama Islam, 2013 Raja Grafindo Persada Jakara |
2 |
|||
13 | Sub CPMK13: Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa dapat menjelaskan bagaimana Islam menghadapi tantangan modernisasi. |
Kebenaran dalam menjelaskan bagaimana Islam menghadapi tantangan global |
Test- Individual: essay dan tugas, pengamatan |
Diskusi dan Tanya Jawab ( 2 X 50 ) menit |
Memahami Konsep Islam tentang Iptek, ekonomi, politik, Sosial Budaya dan Pendidikan Buku Pendidikan Agama Islam Perguruan Tinggi Umum, Kemristek Dikti Daud Ali, Pendidikan Agama Islam, 2013 Raja Grafindo Persada Jakara |
7 |
|||
12 | Sub CPMK12: Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa dapat menjelaskan bagaimana membumikan Islam di Indonesia |
Kebenaran dalam menjelaskan bagaimana membumikan Islam di Indonesia |
Test- Individual: essay dan tugas, pengamatan |
Diskusi dan Tanya Jawab ( 2 X 50 Menit ) |
Menelusuri Transformasi Wahyu dan Implikasinya terhadap Corak Keberagamaan Buku Pendidikan Agama Islam Perguruan Tinggi Umum, Kemristek Dikti Daud Ali, Pendidikan Agama Islam, 2013 Raja Grafindo Persada Jakara |
5 |
|||
11 | Sub CPMK10: Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa dapat mendeskripsikan kaidah hukum bacaan al-Qur`an dan mampu membaca al- Qur`an dengan indah |
Kebenaran dalam menjelaskan bagaimana hukum bacaan al-Qur'an dan contohnya |
Observasi (pengamatan) |
Penjelasan, Tanya jawab dan simulasi (2 x 50 ) Menit |
Mendeskripsikan hukum Mad, nun sukun dan tanwin Buku Pendidikan Agama Islam Perguruan Tinggi Umum, Kemristek Dikti Daud Ali, Pendidikan Agama Islam, 2013 Raja Grafindo Persada Jakara |
5 |
|||
14 | Sub CPMK14: Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa dapat menjelaskan permasalahan yang ada dilingkungan sekitarnya |
Mengidentifikasi permasalahan sosial dan menulisnya dalam sebuah karya tulis |
Laporan Karya tulis |
Diskusi, tanya jawab dan pengamatan ( 2 X 50 ) Menit |
Permasalahan sosial Buku Pendidikan Agama Islam Perguruan Tinggi Umum, Kemristek Dikti Daud Ali, Pendidikan Agama Islam, 2013 Raja Grafindo Persada Jakara |
5 |
|||
15 | Sub CPMK15: Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa mampu melihat persoalan-sosial yang ada disekitarnya dan mampu memberi solusi |
Kebenaran dalam memilih masalah dan menjelaskan permasalahan sosial |
Laporan hasil karya tulis |
Penugasan (2 X 50) Menit |
Persoalan sosial dalam masyarakat. 1. Menelusuri Transformasi Wahyu dan Implikasinya terhadap Corak Keberagaman 2. Menanyakan Alasan Perbedaan Ekspresi dan Praktik Keberagamaan 3. Menggali Sumber Historis, Sosiologis, dan Filosofis tentang Pribumisasi Islam Buku Pendidikan Agama Islam Perguruan Tinggi Umum, Kemristek Dikti Daud Ali, Pendidikan Agama Islam, 2013 Raja Grafindo Persada Jakara |
5 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
30 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Basri lahir di Palece pada tanggal 27 Agustus 1971 Jabatan fungsional Lektor Jurusan TEKNIK MESIN Program Studi Alat Berat |
|