.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:zulkifli.as@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 1:21 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK MESIN |
|
||||||
PROGRAM
STUDI ALAT BERAT |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2024/2025 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Elemen Mesin |
AB120724 |
2 |
0 |
2 |
28 |
2 |
07-10-2024 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Zulkifli S.T., M.T. |
Aryati Muhaymin Marali S.Pd., M.T. |
|||||||
NIP/NIK. 198508282014041003 |
NIP/NIK. 199209062022032009 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-9) Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-1) Mengusai konsep teoritis secara umum matematika terapan fisika terapan kimia, prinsip-prinsip rekayasa (enginering principles), sains rekayasa dan perancangan rekayasa yang diperlukan untuk analasis dan perancangan system, proses, produk atau komponen (P-3) Mengusai konsep K3L (P-7) Mengusai konsep quality manajemen |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-1) Mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas dan menganalisis data dengan beragam metode yang sesuai, baik yang belum maupun yang sudah baku (KU-2) Mampu menunjukkan kinerja bermutu dan terukur (KU-3) Mampu memecahkan masalah pekerjaan dengan sifat dan konteks yang sesuai dengan bidang keahlian terapannya didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggung jawab atas hasilnya secara mandiri (KU-4) Mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih serta mengomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
Mampu menilai, menjelaskan dan merancang serta mendisain macam-macam sambungan, poros, pasak dan roda gigi |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Mampu menjelaskan mengenai definisi, konsep-konsep dasar, aplikasi dan metode penyelesaian masalah dari Elemen Mesin (A3, C3) Mampu memahami dan dapat menyelesaikan masalah dari berbagai macam bentuk gaya, beban dan tegangan yang terjadi pada bahan serta faktor keamanan Mampu menjelaskan, menerapkan dan merencanakan serta mendesain macam –macam sambungan. (A3, C3,) Mampu menjelaskan, menerapkan dan merencanakan serta mendesain macam –macam Poros (A3, C3,) Mampu menjelaskan, menerapkan dan merencanakan serta mendesain macam –macam pasak (A3, C3,). Mampu menjelaskan, menerapkan dan merencanakan serta mendesain macam –macam roda gigi (A3, C3,). |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Elemen Mesin mempelajari bagian-bagian mesin dilihat antara lain dari sisi bentuk komponen, cara kerja,cara perancangan dan perhitungan kekuatan dari macam- macam sambungan, poros, pasak, dan roda gigi | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Pendahuluan dan Pengantar Elemen Mesin |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : |
|||||||
Dosen Pengampu |
Zulkifli, |
Mata Kuliah |
Elemen Mesin |
|||
Kode Mata Kuliah |
AB120724 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Mampu menjelaskan mengenai definisi, konsep-konsep dasar, aplikasi dan metode penyelesaian masalah dari Elemen Mesin (A3, C3) |
•Mahasiswa memahami pengertian elemen mesin dan aplikasinya |
Kriteria : ketepatan dan pemahaman materi; Bentuk non-test : diskusi |
Kuliah dan Diskusi TM 2X50 |
Pengantar Elemen Mesin
|
1 |
|||
2 | Mampu memahami dan dapat menyelesaikan masalah dari berbagai macam bentuk gaya, beban dan tegangan yang terjadi pada bahan serta faktor keamanan |
Mahasiswa mampu menyelesaiakan soal latihan yang berkenaan dengan Gaya, Beban, Tegangan Dan Faktor Keamanan |
Kriteria : ketepatan dan pemahaman materi; Bentuk non-test : diskusi, dan latihan soal |
Kuliah dan Diskusi; TM 2X50 |
Gaya, beban, tegangan, faktor konsentrasi tegangan dan Faktor keamanan (SF)
|
3 |
|||
3 | Mampu menjelaskan, menerapkan dan merencanakan serta mendesain macam –macam sambungan. (A3, C3,) |
Mahasiswa mampu menyelesaikan soal kekuatan berbagai sambungan las. |
Kriteria : ketepatan dan pemahaman materi; Bentuk non-test : diskusi, dan latihan soal |
Kuliah dan Diskusi TM 2X50; Studi kasus tentang kekuatan sambungan las (BT + BM : (1x1) x (2x60’) |
Sambungan Las
|
3 |
|||
4 | Mampu menjelaskan, menerapkan dan merencanakan serta mendesain macam –macam sambungan. (A3, C3,) |
Mahasiswa mampu menyelesaiakan contoh soal dan soal latihan serta mampu merancang dan mendisain sambungan Mur Baut |
Kriteria : ketepatan dan pemahaman materi; Bentuk non-test : diskusi, dan latihan soal |
Kuliah dan Diskusi TM 1X(2X50) |
Sambungan Mur dan Baut
|
3 |
|||
5 | Mampu menjelaskan, menerapkan dan merencanakan serta mendesain macam –macam sambungan. (A3, C3,) |
Mahasiswa mampu menyelesaiakan contoh soal dan soal latihan serta mampu merancang dan mendisain sambungan Mur Baut |
Kriteria : ketepatan dan pemahaman materi; Bentuk non-test : diskusi, dan latihan studi kasus sambungan mur dan baut |
Kuliah dan Diskusi TM 2X50; Perancangan dan mendisain Mur dan Baut (BT + BM : (1x1) x (2x60’) |
Sambungan Mur dan Baut dengan beban statis
|
3 |
|||
6 | Mampu menjelaskan, menerapkan dan merencanakan serta mendesain macam –macam sambungan. (A3, C3,) |
Mahasiswa mampu menyelesaiakan contoh soal dan soal latihan serta mampu merancang dan mendisain sambungan Mur Baut |
Kriteria : ketepatan dan pemahaman materi.; Bentuk non-test : diskusi, dan latihan studi kasus sambungan mur dan baut |
Kuliah dan Diskusi TM 2X50; Perancangan dan mendisain Mur dan Baut (BT + BM : (1x1) x (2x60’) |
Sambungan Mur dan Baut dengan beban dinamis
|
3 |
|||
7 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
25 |
|||||||
8 | Mampu menjelaskan, menerapkan dan merencanakan serta mendesain macam –macam Poros (A3, C3,) |
Mahasiswa mampu menyelesaiakan contoh soal dan soal latihan serta mampu merancang dan mendisain poros |
Kriteria : ketepatan dan pemahaman materi.; Bentuk non-test : diskusi, dan latihan soal |
Kuliah dan Diskusi TM 2X50 |
Perancangan Poros
|
3 |
|||
9 | Mampu menjelaskan, menerapkan dan merencanakan serta mendesain macam –macam Poros (A3, C3,) |
Mahasiswa mampu menyelesaiakan contoh soal dan soal latihan serta mampu merancang dan mendisain poros |
Kriteria : ketepatan dan pemahaman materi; Bentuk non-test : diskusi, dan latihan studi kasus perancangan poros |
Kuliah dan Diskusi TM 2X50; Studi Kasus perancangan dan mendisain Poros (BT + BM : (1x1) x (2x60’) |
Perancangan Poros dengan beban lentur murni
|
3 |
|||
10 | Mampu menjelaskan, menerapkan dan merencanakan serta mendesain macam –macam Poros (A3, C3,) |
Mahasiswa mampu menyelesaiakan contoh soal dan soal latihan serta mampu merancang dan mendisain poros |
Kriteria : ketepatan dan pemahaman materi; Bentuk non-test : diskusi, dan latihan studi kasus perancangan poros |
Kuliah dan Diskusi TM 2X50; Studi Kasus perancangan dan mendisain Poros (BT + BM : (1x1) x (2x60’) |
Perancangan Poros dengan beban puntir
|
3 |
|||
11 | Mampu menjelaskan, menerapkan dan merencanakan serta mendesain macam –macam pasak (A3, C3,). |
Mahasiswa mampu menyelesaiakan contoh soal dan soal latihan serta mampu merancang dan mendisain pasak |
Kriteria : ketepatan dan pemahaman materi; Bentuk non-test : diskusi, dan latihan soal |
Kuliah dan Diskusi TM 2X50 |
Perancangan Pasak
|
3 |
|||
12 | Mampu menjelaskan, menerapkan dan merencanakan serta mendesain macam –macam pasak (A3, C3,). |
Mahasiswa mampu menyelesaiakan contoh soal dan soal latihan serta mampu merancang dan mendisain pasak |
Kriteria : ketepatan dan pemahaman materi; Bentuk non-test : diskusi, dan latihan soal |
Kuliah dan Diskusi TM 2X50; Perancangan dan mendisain Pasak (BT + BM : (1x1) x (2x60’) |
Perancangan Pasak
|
3 |
|||
13 | Mampu menjelaskan, menerapkan dan merencanakan serta mendesain macam –macam roda gigi (A3, C3,). |
Mahasiswa mampu menyelesaiakan contoh soal dan soal latihan serta mampu merancang dan mendisain roda gigi lurus |
Kriteria : ketepatan dan pemahaman materi; Bentuk non-test : diskusi, dan latihan soal |
Kuliah dan Diskusi TM 2X50 |
Perancanagan Roda Gigi
|
3 |
|||
14 | Mampu menjelaskan, menerapkan dan merencanakan serta mendesain macam –macam roda gigi (A3, C3,). |
Mahasiswa mampu menyelesaiakan contoh soal dan soal latihan serta mampu merancang dan mendisain roda gigi lurus |
Kriteria : ketepatan dan pemahaman materi; Bentuk non-test : diskusi, dan latihan studi kasus perancangan roda gigi lurus |
Kuliah dan Diskusi TM 2X50; Studi Kasus perancangan dan mendisain roda gigi lurus (BT + BM : (1x1) x (2x60’) |
Perancanagan Roda Gigi lurus dengan 1 tingkat trasmisi
|
3 |
|||
15 | Mampu menjelaskan, menerapkan dan merencanakan serta mendesain macam –macam roda gigi (A3, C3,). |
Mahasiswa mampu menyelesaiakan contoh soal dan soal latihan serta mampu merancang dan mendisain roda gigi lurus |
Kriteria : ketepatan dan pemahaman materi.; Bentuk non-test : diskusi, dan latihan studi kasus perancangan roda gigi lurus |
Kuliah dan Diskusi TM 2X50; Studi Kasus perancangan dan mendisain roda gigi lurus (BT + BM : (1x1) x (2x60’) |
Perancanagan Roda Gigi dengan 2 sistem trasmisi
|
3 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
35 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Zulkifli lahir di Ujung Pandang pada tanggal Jabatan fungsional Lektor Jurusan TEKNIK MESIN Program Studi Alat Berat |
|