.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:fatmawati@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 4:14 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK SIPIL |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNIK SIPIL |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2023/2024 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Matematika Teknik |
TS110322 |
2 |
0 |
2 |
28 |
1 |
||
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Fatmawati S.T., M.T. |
Ezra Hartarto Pongtuluran S.T., M.Eng. |
|||||||
NIP/NIK. 198402152019032009 |
NIP/NIK. 199110232019031013 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-9) Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-1) Menguasai matematika terapan, prinsip-prinsip fisika dan kimia, prinsip rekayasa, dan perancangan rekayasa, untuk melakukan perancangan skala terbatas, pelaksanaan dan pengawasan bangunan gedung |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-1) Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya (KU-2) Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-1) Mampu menerapkan matematika terapan, sains alam (fisika, kimia) dan prinsip rekayasa untuk melakukan perancangan skala terbatas, pelaksanaan dan pengawasan bangunan gedung |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CPMK-1: Mengaplikasikan konsep teoritis matematika terapan, prinsip-prinsip fisika dan kimia, prinsip rekayasa, dan perancangan rekayasa, untuk melakukan perancangan skala tebatas1, pelaksanaan dan pengawasan bangunan sipil2. |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub-CPMK1: Mampu menggunakan satuan dengan tepat yang umumnya digunakan dalam bidang teknik sipil. [C2, A3, P3] Sub-CPMK2: Mampu menerapkan operasi aljabar dengan tepat untuk menyelesaikan masalah sehari-hari terutama yang berhubungan dengan teknik sipil. [C2, A3, P3] Sub-CPMK3: Mampu menerapkan operasi matriks dengan tepat. [C3, A3, P3] Sub-CPMK4: Mampu menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan sistem persamaan linear. [C2, A3, P3] Sub-CPMK5: Mampu menerapkan konsep trigonometri dalam pemecahan masalah di bidang teknik sipil. [C3, A3, P3] Sub-CPMK6: Mampu menerapkan konsep geometri bidang dan ruang dalam pemecahan masalah di bidang teknik sipil. [C3, A3, P3] Sub-CPMK7: Mampu menyelesaikan permasalahan turunan/derivatif. [C3, A3, P3] Sub-CPMK8: Mampu menyelesaikan permasalahan integral. [C3, A3, P3] Sub-CPMK9: Mampu menyelesaikan persoalan statistik. [C3, A3, P3] Sub-CPMK10: Mampu menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan interpolasi dan regresi. [C3, A3, P3] |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Matematika Teknik mempelajari besaran dan satuan, aljabar, sistem persamaan linear, matriks, trignometri, geometri, turunan, integral, pengenalan statistik, regresi dan interpolasi serta aplikasinya dalam bidang teknik sipil. | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Besaran dan satuan, aljabar, sistem persamaan linear, matriks, trigonometri, geometri, turunan, integral, pengenalan statistik, regresi dan interpolasi serta aplikasi dalam bidang teknik sipil. |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : Papan tulis, proyektor, spidol, penghapus, Blended Learning Poltekba (BLP), ms.excel, dan software geogebra. |
|||||||
Dosen Pengampu |
Desak Made Ristia Kartika, |
Mata Kuliah |
Matematika Teknik |
|||
Kode Mata Kuliah |
TS110322 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub-CPMK1: Mampu menggunakan satuan dengan tepat yang umumnya digunakan dalam bidang teknik sipil. [C2, A3, P3] |
|
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk non-test: diskusi Bentuk tes: latihan soal dan tugas individu |
Problem based learning, diskusi, dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, kontekstual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa. TM 1x (2x50') |
Pustaka 1 |
3 |
|||
2 | Sub-CPMK2: Mampu menerapkan operasi aljabar dengan tepat untuk menyelesaikan masalah sehari-hari terutama yang berhubungan dengan teknik sipil. [C2, A3, P3] |
|
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk non-test: diskusi Bentuk tes: latihan soal dan tugas individu |
Problem based learning, diskusi, dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, kontekstual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa. TM 1x (2x50') |
Pustaka 3, 4, 5, 8, dan 9 |
3 |
|||
3, 4 | Sub-CPMK3: Mampu menerapkan operasi matriks dengan tepat. [C3, A3, P3] |
Daapt menerapkan konsep dasar matriks, termasuk jenis-jenis matriks (identitas, diagonal, persegi, nol), serta operasi dasar matriks seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan determinan matriks dengan tepat |
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk non-test: diskusi Bentuk tes: latihan soal dan tugas individu |
Problem based learning, diskusi, dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, kontekstual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa. TM 1x (2x50') |
Pustaka 2, 5, dan 9 |
3 |
|||
Sub-CPMK3: Mampu menerapkan operasi matriks dengan tepat. [C3, A3, P3] |
|
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk non-test: diskusi Bentuk tes: latihan soal dan tugas individu |
Problem based learning, diskusi, dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, kontekstual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa. TM 1x (2x50') |
Matriks: Invers matriks dan penyelesaian sistem persamaan linear. Pustaka 2, 5, dan 9 |
3 |
||||
5 | Sub-CPMK4: Mampu menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan sistem persamaan linear. [C2, A3, P3] |
Dapat menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan sistem persamaan linear. |
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk non-test: diskusi Bentuk tes: latihan soal dan tugas individu |
Problem based learning, diskusi, dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, kontekstual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa. TM 1x (2x50') |
Pustaka 3, 4, 5, 8, dan 9 |
4 |
|||
6, 7 | Sub-CPMK5: Mampu menerapkan konsep trigonometri dalam pemecahan masalah di bidang teknik sipil. [C3, A3, P3] |
|
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk non-test: diskusi Bentuk tes: latihan soal dan tugas individu |
Problem based learning, diskusi, dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, kontekstual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa. TM 1x (2x50') |
Pustaka 4, 5, dan 9 |
3 |
|||
Sub-CPMK5: Mampu menerapkan konsep trigonometri dalam pemecahan masalah di bidang teknik sipil. [C3, A3, P3] |
Dapat menerapkan konsep trigonometri dalam pemecahan masalah di bidang teknik sipil dengan tepat. |
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk non-test: diskusi Bentuk tes: latihan soal dan tugas individu |
Problem based learning, diskusi, dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, kontekstual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa. TM 1x (2x50') |
TRIGONOMETRI LANJUTAN Penyelesaian masalah-masalah teknik sipil yang melibatkan trigonometri.
Pustaka 4, 5, dan 9 |
4 |
||||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
25 |
|||||||
9 | Sub-CPMK6: Mampu menerapkan konsep geometri bidang dan ruang dalam pemecahan masalah di bidang teknik sipil. [C3, A3, P3] |
Dapat menerapkan konsep geometri bidang dan ruang dalam pemecahan masalah di bidang teknik sipil dengan tepat. |
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk non-test: diskusi Bentuk tes: latihan soal dan tugas individu |
Problem based learning, diskusi, dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, kontekstual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa. TM 1x (2x50') |
Pustaka 5 dan 9
|
3 |
|||
10, 11 | Sub-CPMK7: Mampu menyelesaikan permasalahan turunan/derivatif. [C3, A3, P3] |
Dapat menyelesaikan masalah turunan/derivatif dengan tepat. |
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk non-test: diskusi Bentuk tes: latihan soal dan tugas individu |
Problem based learning, diskusi, dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, kontekstual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa. TM 1x (2x50') |
Pustaka 3, 4, 5, 8, 9, dan 10 |
4 |
|||
Sub-CPMK7: Mampu menyelesaikan permasalahan turunan/derivatif. [C3, A3, P3] |
Dapat menyelesaikan masalah turunan/derivatif dengan tepat. |
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk non-test: diskusi Bentuk tes: latihan soal dan tugas individu |
Problem based learning, diskusi, dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, kontekstual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa. TM 1x (2x50') |
Aplikasi Turunan dalam Teknik Sipil Pustaka 3, 4, 5, 8, 9, dan 10 |
4 |
||||
12, 13 | Sub-CPMK8: Mampu menyelesaikan permasalahan integral. [C3, A3, P3] |
Dapat menyelesaikan permasalahan integral dengan tepat. |
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk non-test: diskusi Bentuk tes: latihan soal dan tugas individu |
Problem based learning, diskusi, dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, kontekstual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa. TM 1x (2x50') |
Pustaka 3, 4, 5, 6, 8, 9, dan 10 |
4 |
|||
Sub-CPMK8: Mampu menyelesaikan permasalahan integral. [C3, A3, P3] |
Dapat menyelesaikan permasalahan integral dengan tepat. |
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk non-test: diskusi Bentuk tes: latihan soal dan tugas individu |
Problem based learning, diskusi, dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, kontekstual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa. TM 1x (2x50') |
Aplikasi Integral dalam teknik sipil Pustaka 3, 4, 5, 6, 8, 9, dan 10 |
4 |
||||
14 | Sub-CPMK9: Mampu menyelesaikan persoalan statistik. [C3, A3, P3] |
Dapat menyelesaikan persoalan statistik dengan tepat. |
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk non-test: diskusi Bentuk tes: latihan soal dan tugas individu |
Problem based learning, diskusi, dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, kontekstual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa. TM 1x (2x50') |
Pengantar statistik.
Pustaka 7
|
4 |
|||
15 | Sub-CPMK10: Mampu menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan interpolasi dan regresi. [C3, A3, P3] |
|
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk non-test: diskusi Bentuk tes: latihan soal dan tugas individu |
Problem based learning, diskusi, dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, kontekstual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa. TM 1x (2x50') |
Pustaka 5, 9, 10, dan 11 |
4 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
25 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Fatmawati lahir di Pare-Pare pada tanggal 15-02-1984 Jabatan fungsional Tenaga Pengajar Jurusan TEKNIK SIPIL Program Studi Teknik Sipil |
|