.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:zulkifli.as@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 1:11 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK MESIN |
|
||||||
PROGRAM
STUDI ALAT BERAT |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2024/2025 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Mekanika Teknik |
AB111024 |
2 |
0 |
2 |
28 |
1 |
29-01-2025 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Zulkifli S.T., M.T. |
Aryati Muhaymin Marali S.Pd., M.T. |
|||||||
NIP/NIK. 198508282014041003 |
NIP/NIK. 199209062022032009 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-6) Bekerjasama dan memiliki kepekaaan social serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-1) Mengusai konsep teoritis secara umum matematika terapan fisika terapan kimia, prinsip-prinsip rekayasa (enginering principles), sains rekayasa dan perancangan rekayasa yang diperlukan untuk analasis dan perancangan system, proses, produk atau komponen |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-2) Mampu menunjukkan kinerja bermutu dan terukur (KU-3) Mampu memecahkan masalah pekerjaan dengan sifat dan konteks yang sesuai dengan bidang keahlian terapannya didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggung jawab atas hasilnya secara mandiri |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-1) Mampu menerapkan matematika, fisika dan kimia terapan ke dalam prosedur dan praktek teknikal (technical practice) untuk menjalankan perawatan alat berat yang terdefinisi dengan jelas (welldefined) |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CPMK 1: Mampu menerapkan konsep-konsep dalam Mekanika Teknik untuk menyelesaikan masalah keteknikan. |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub CPMK 1: Mampu menjelaskan konsep dasar mekanika teknik (C2, A2, P1) Sub CPMK 2: Mampu menjelaskan konsep Gaya, Momen, Kopel dan Kesetimbangan serta aplikasinya (C2, A2, P1) Sub CPMK 3: Mampu menjelaskan konsep dan perhitungan struktur rangka batang (C2, A2, P1) Sub CPMK 4: Mampu menjelaskan konsep dan perhitungan struktur rangka dan mesin (C2, A2, P1) Sub CPMK 5: Mampu menjelaskan konsep dan perhitungan gaya-gaya dalam balok (C2, A2, P1) Sub CPMK 6: Mampu menjelaskan konsep dan perhitungan tegangan dan regangan (C2, A2, P1) |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Mekanika Teknik adalah mata kuliah yang menjelaskan dan memprediksi kondisi dari benda diam atau bergerak yang pengaruhi oleh gaya, serta berfokus pada mekanika yang berhubungan dengan benda kaku atau benda yang diam. Mata kuliah ini akan mempelajari tentang tentang sistem gaya, kesetimbangan, analisa struktur, gaya-gaya dalam balok, dan tegangan-regangan | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Sosialisasi Perkuliahan, Pendahuluan, dan Konsep Dasar |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media: Slides |
|||||||
Dosen Pengampu |
Zulkifli, |
Mata Kuliah |
Mekanika Teknik |
|||
Kode Mata Kuliah |
AB111024 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub CPMK 1: Mampu menjelaskan konsep dasar mekanika teknik (S6, P1, KU2, KU3, KK1) (C2, A2, P1) |
Mahasiswa dapat menjelaskan definisi Mekanika Teknik, konsep-konsep dasar Mekanika Teknik, |
Ketepatan dan pemahaman materi
|
Diskusi (kolaboratif dan interaktif)
2 jam |
1-3 |
1 |
|||
2 | Sub CPMK 2: Mampu menjelaskan konsep Gaya, Momen, Kopel dan Kesetimbangan serta aplikasinya (C2, A2, P1) |
Mahasiswa dapat menjelaskan definisi dan sifat-sifat dari Gaya, Mampu membedakan antara gaya skalar dan vector penggunaan, Menguraikan gaya kedalam beberapa komponen gaya, Mampu menyelesaiakan soal latihan yang berkenaan dengan system gaya |
Kriteria : ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk : non-test : diskusi dan tugas. |
Diskusi (kolaboratif dan interaktif)
2 jam |
Sistem Gaya 1, 3,4 |
2 |
|||
3 | Sub CPMK 2: Mampu menjelaskan konsep Gaya, Momen, Kopel dan Kesetimbangan serta aplikasinya (C2, A2, P1) |
Mahasiswa dapat menjelaskan definisi dari Momen, kopel, momen 2 dimensi, rumus 2 dimensi dan mengaplikasikan teorema varignon, serta mampu menyelesaiakan soal latihan yang berkaitan dengan momen gaya dan kopel |
Kriteria : ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk non-test : diskusi dan tugas. |
Diskusi (kolaboratif dan interaktif)
2 jam |
Momen dan Kopel 1, 2, 3 |
2 |
|||
4 | Sub CPMK 2: Mampu menjelaskan konsep Gaya, Momen, Kopel dan Kesetimbangan serta aplikasinya (C2, A2, P1) |
Mahasiswa dapat menjelaskan definisi dari definisi dari Resultan Gaya, resultan gaya pada suatu bidang, Keseimbangan gaya-gaya yang bekerja pada suatu bidang, dan mampu menyelesaiakan soal latihan yang berkaitan dengan resultan gaya dengan berbagai metode |
Kriteria : ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk non-test : diskusi dan tugas. |
Diskusi (kolaboratif dan interaktif)
2 jam |
Resultan Gaya 1, 3 |
2 |
|||
5 | Sub CPMK 2: Mampu menjelaskan konsep Gaya, Momen, Kopel dan Kesetimbangan serta aplikasinya (C2, A2, P1) |
Mahasiswa dapat menjelaskan definisi dari kesetimbangan, Kesetimbangan dalam 2 dimensi, diagram benda bebas, Aplikasi konsep kesetimbangan dan mampu menyelesaiakan soal latihan yang berkaitan dengan kesetimbangan gaya. |
Kriteria : ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk non-test : diskusi dan tugas |
Diskusi (kolaboratif dan interaktif)
2 jam |
Kesetimbangan 1, 3 |
2 |
|||
6 | Sub CPMK 3: Mampu menjelaskan konsep dan perhitungan struktur rangka batang (C2, A2, P1) |
Mahasiswa dapat menjelaskan definisi dari suatu kerangka dan mesin, contoh dari kerangka dan mesin, cara menganalisis suatu permasalahan kerangka dan mesin dan mampu menyelesaiakan soal latihan yang berkaitan dengan kerangka dan mesin |
Kriteria : ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk test : Kuis |
Diskusi (kolaboratif dan interaktif)
2 jam |
Kerangka Mesin 1, 3, 4 |
5 |
|||
7 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
25 |
|||||||
8 | Sub CPMK 3: Mampu menjelaskan konsep dan perhitungan struktur rangka batang (C2, A2, P1) |
Mahasiswa dapat menjelaskan definisi dari Truss, Element dasar dari plan truss, beberapa assumsi dalam menganalisa plan truss dan mampu menyelesaiakan soal latihan yang berkaitan dengan struktur menggunakan metode titik sambungan. |
Kriteria : ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk non-test : diskusi dan tugas. |
Ceramah dan tanya jawab (interaktif)
2 jam |
Plane Truss (Methode of Joint) 1, 2, 3 |
2 |
|||
9 | Sub CPMK 3: Mampu menjelaskan konsep dan perhitungan struktur rangka batang (C2, A2, P1) |
Mahasiswa dapat menjelaskan definisi dari Truss, Element dasar dari plan truss, beberapa assumsi dalam menganalisa plan truss dan mampu menyelesaiakan soal latihan yang berkaitan dengan struktur menggunakan metode titik sambungan |
Kriteria : ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk non-test : diskusi dan tugas.
|
Diskusi (kolaboratif dan interaktif)
2 jam |
1, 2,3 |
3 |
|||
10 | Sub CPMK 3: Mampu menjelaskan konsep dan perhitungan struktur rangka batang (C2, A2, P1) |
Mahasiswa dapat menjelaskan definisi dari Truss, Element dasar dari plan truss, beberapa assumsi dalam menganalisa plan truss dan mampu menyelesaiakan soal latihan yang berkaitan dengan struktur menggunakan metode Potongan |
Kriteria : ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk non-test : diskusi dan tugas. Bentuk test : Kuis |
Diskusi (kolaboratif dan interaktif)
2 jam |
1, 2,3 |
5 |
|||
11 | Sub CPMK 5: Mampu menjelaskan konsep dan perhitungan gaya-gaya dalam balok (C2, A2, P1) |
Mahasiswa dapat menjelaskan definisi dari Balok, jenis-jenis tumpuan dan perbedaanya masing-masing, jenis-jenis pembebanan dan perbedaanya masing-masing dan mampu menyelesaiakan soal latihan yang berkaitan dengan gaya-gaya dalam balok. |
Kriteria : ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk non-test : diskusi dan tugas. |
Diskusi (kolaboratif dan interaktif)
2 jam |
Gaya-Gaya Dalam Balok 1, 2, 3 |
3 |
|||
12 | Sub CPMK 5: Mampu menjelaskan konsep dan perhitungan gaya-gaya dalam balok (C2, A2, P1) |
Mahasiswa dapat menjelaskan tentang geseran, dan momen leturan pada balok, gambar diagram geser dan momen lentur pada balok dan mampu menyelesaiakan soal latihan yang berkaitan dengan gaya-gaya dalam balok |
Kriteria : ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk non-test: Diskusi dan tugas |
Diskusi (kolaboratif dan interaktif)
2 jam |
1, 3 |
3 |
|||
13 | Sub CPMK 5: Mampu menjelaskan konsep dan perhitungan gaya-gaya dalam balok (C2, A2, P1) |
Mahasiswa dapat menjelaskan tentang geseran, dan momen leturan pada balok, gambar diagram geser dan momen lentur pada balok dan mampu menyelesaiakan soal latihan yang berkaitan dengan gaya-gaya dalam balok. |
Kriteria : ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk non-test : diskusi dan tugas |
Diskusi (kolaboratif dan interaktif)
2 jam |
Momen Lentur dan Gaya Geser Pada Balok 1, 2, 3 |
3 |
|||
14 | Sub CPMK 5: Mampu menjelaskan konsep dan perhitungan gaya-gaya dalam balok (C2, A2, P1) |
Mahasiswa dapat menjelaskan tentang geseran, dan momen leturan pada balok, gambar diagram geser dan momen lentur pada balok dan mampu menyelesaiakan soal latihan yang berkaitan dengan gaya-gaya dalam balok. |
Kriteria : ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk non-test : diskusi dan tugas. Bentuk test : Kuis |
Diskusi (kolaboratif dan interaktif)
2 jam |
Momen Lentur dan Gaya Geser Pada Balok 1, 2, 3 |
5 |
|||
15 | Sub CPMK 6: Mampu menjelaskan konsep dan perhitungan tegangan dan regangan (C2, A2, P1) |
Mahasiswa dapat menjelaskan tentang Tegangan dan regangan, jenis-jenis Tegangan dan regangan dan mampu menyelesaiakan soal latihan yang berkaitan dengan Tegangan dan regangan |
Kriteria : ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk non-test : diskusi dan tugas. |
Ceramah dan tanya jawab (interaktif)
2 jam |
Tegangan dan Regangangan 1 |
2 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
35 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Zulkifli lahir di Ujung Pandang pada tanggal Jabatan fungsional Lektor Jurusan TEKNIK MESIN Program Studi Alat Berat |
|