.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:lisnawaty.simatupang@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@April 30, 2025, 1:40 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN PERHOTELAN |
|
||||||
PROGRAM
STUDI PENGELOLAAN PERHOTELAN |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2024/2025 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Pemahaman Lintas Budaya |
MP120321 |
2 |
0 |
2 |
28 |
2 |
||
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Lisnawaty Simatupang S.S., M.Hum. |
Andi Yasir Amsal S.Pd., M.Pd. |
|||||||
NIP/NIK. 199112222020122003 |
NIP/NIK. 199105052022031009 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-12) Menerapkan Global Code of Ethic of Tourism pada bidang usaha hotel. |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-2) Konsep teoretis antropologi budaya wisatawan, kesehatan lingkungan dan kesehatan masyarakat secara umum (P-9) Prinsip dan teknik komunikasi persuasif dan lintas budaya. |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-2) Mampu secara mandiri mengelola kegiatan operasional hotel berskala kecil (meliputi kemampuan merencanakan, menjalankan, mengawasi, mengevaluasi dan menindaklanjuti hasil evaluasi kegiatan operasional hotel) yang dapat dibuktikan dengan bertambahnya tingkat kepuasan tamu hotel khususnya pada aspek jumlah tamu, reliabilitas dan responsibilitas layanan, kebersihan, dan efisiensi harga |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-6) Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerjasama dan hasil kerjasama di dalam maupun di luar lembaganya |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
Mahasiswa mampu mempraktekkan komunikasi lintas budaya secara efektif |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub-CPMK 1: Mampu menjelaskan konsep dasar budaya Sub-CPMK 2: Mampu menjelaskan hambatan komunikasi lintas budaya budaya Sub-CPMK 3: Mampu menjelaskan proses pembelajaran kebudayaan Sub-CPMK 4: Mampu mengklasifikasikan model klasifikasi budaya menurut para ahli Sub-CPMK 5: Mampu menjelaskan komunikasi lintas budaya yang efektif Sub-CPMK 6: Mampu mempraktikkan komunikasi lintas budaya yang efektif |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Pemahaman Lintas Budaya mempelajari kompleksitas dan dinamika antar budaya yang berbeda. Mata kuliah pemahaman lintas budaya mencakup berbagai topik yang membantu mahasiswa dalam memahami dan mengklasifikasikan budaya serta meningkatkan kemampuan komunikasi dengan orang-orang dari latar belakang budaya yang berbeda secara efektif. | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Konsep dasar kebudayaan dan pentingnya pemahaman lintas budaya |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media: |
|||||||
Dosen Pengampu |
Maria Veronika Simanjuntak, Lisnawaty Simatupang, |
Mata Kuliah |
Pemahaman Lintas Budaya |
|||
Kode Mata Kuliah |
MP120321 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub-CPMK 1: Mampu menjelaskan konsep dasar budaya |
Ketapatan menjelaskan definisi kebudayaan, pengantar pemahaman lintas budaya, dan tujuan pentingnya pemahaman lintas budaya dalam lingkup pariwisata. |
Kriteria:
Teknik non-test:
|
Luring
[Kolaboratif]
|
|
3 |
|||
2 | Sub-CPMK 2: Mampu menjelaskan hambatan komunikasi lintas budaya budaya |
Ketapatan memahami dan menjelaskan faktor penghambat komunikasi lintas budaya |
Kriteria:
Teknik non-test:
|
Luring
[HOLISTIK] |
Hambatan Komunikasi lilntas budaya:
|
4 |
|||
3 | Sub-CPMK 1: Mampu menjelaskan konsep dasar budaya |
Ketepatan dalam mendiskusikan dan menjelaskan proses pembelajaran kebudayaan (dinamika sosial) |
Kriteria:
Teknik non-test:
|
Luring
[Kolaboratif dan Berpusat pada Mahasiswa] |
proses pembelajaran kebudayaan (Dinamika Sosial)
|
4 |
|||
4 | Sub-CPMK 4: Mampu mengklasifikasikan model klasifikasi budaya menurut para ahli |
Ketapatan menjelaskan dan memetakan klasifikasi budaya menurut para ahli |
Kriteria:
Teknik non-test:
|
Luring
[Kontekstual] |
Klasifikasi Budaya menurut para ahli
|
4 |
|||
5 | Sub-CPMK 4: Mampu mengklasifikasikan model klasifikasi budaya menurut para ahli |
Ketepatan dalam menjelaskan karakteristik budaya bangsa-bangsa dalam klasifikasi budaya Richard D. Lewis |
Kriteria:
Teknik non-test:
|
Luring
[Kolaboratif dan Kontekstual]
|
Karakteristik budaya bangsa-bangsa dalam klasifikasi budaya Richard D. Lewis
|
4 |
|||
6 | Sub-CPMK 4: Mampu mengklasifikasikan model klasifikasi budaya menurut para ahli |
Ketepatan dalam menjelaskan karakteristik budaya bangsa-bangsa dalam klasifikasi budaya Richard D. Lewis |
Kriteria:
Teknik non-test:
|
Luring
[Kolaboratif dan Kontekstual] |
Karakteristik budaya bangsa-bangsa dalam klasifikasi budaya Richard D. Lewis
|
4 |
|||
7 | Sub-CPMK 5: Mampu menjelaskan komunikasi lintas budaya yang efektif |
Ketepatan dalam menjelaskan komunikasi Lintas Budaya dalam Pariwisata |
Kriteria:
Teknik non-test:
|
Luring
[Kolaboratif] |
Komunikasi Lintas Budaya dalam Pariwisata
|
4 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
20 |
|||||||
9 | Sub-CPMK 5: Mampu mempraktekkan komunikasi lintas budaya yang efektif |
Ketepatan dalam menjelaskan komunikasi Lintas Budaya dalam Pariwisata |
Kriteria:
Teknik non-test:
|
Luring
[Kolaboratif] |
Komunikasi lintas budaya dalam pariwisata
|
4 |
|||
10 | Sub-CPMK 5: Mampu menjelaskan komunikasi lintas budaya yang efektif |
ketepatan dalam menjelaskan Gaya manajemen lintas budaya |
Kriteria:
Teknik non-test:
|
Luring
[Kolaboratif dan Berpusat pada Mahasiswa] |
Gaya manajemen lintas budaya
|
4 |
|||
11 | Sub-CPMK 6: Mampu mempraktikkan komunikasi lintas budaya yang efektif |
Ketepatan dalam melakukan Praktik komunikasi yang efektif |
Kriteria:
Teknik non-test:
|
Luring
[Kolaboratif dan Berpusat pada Mahasiswa] |
Praktik komunikasi yang efektif
|
5 |
|||
12 | Sub-CPMK 6: Mampu mempraktikkan komunikasi lintas budaya yang efektif |
Ketepatan dalam melakukan Praktik komunikasi yang efektif |
Kriteria:
Teknik non-test:
|
Luring
[Kolaboratif dan Berpusat pada Mahasiswa] |
Praktikkan komunikasi yang efektif lintas budayaa
|
5 |
|||
13 | Sub-CPMK 6: Mampu mempraktikkan komunikasi lintas budaya yang efektif |
Ketepatan dalam melakukan Praktik komunikasi yang efektif |
riteria:
Teknik non-test:
|
Luring
[Kolaboratif dan Berpusat pada Mahasiswa] |
Praktik komunikasi yang efektif
|
5 |
|||
14 | Sub-CPMK 6: Mampu mempraktikkan komunikasi lintas budaya yang efektif |
Ketepatan dalam melakukan Praktik komunikasi yang efektif |
Kriteria:
Teknik non-test:
|
Luring
[Kolaboratif dan Berpusat pada Mahasiswa] |
Bekerja di lingkungan sosial yang berbeda: (Komunikasi dengan pelanggan dan kolega dari budaya yang berbeda)
|
5 |
|||
15 | Sub CP-MK 11: Mahasiswa mampu menunjukkan praktik komunikasi interpersonal yang beretika |
Ketepatan dalam melakukan Praktik komunikasi yang efektif |
Kriteria:
Teknik non-test:
|
Luring
[Kolaboratif dan Berpusat pada Mahasiswa] |
Bekerja di lingkungan sosial yang berbeda: (Penyelesaian permasalahan kesalahpahaman lintas budaya)
|
5 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
20 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Lisnawaty Simatupang lahir di Dairi pada tanggal Jabatan fungsional Asisten Ahli Jurusan PERHOTELAN Program Studi Pengelolaan Perhotelan |
|